Otomotif17 September 2020 9:01

Inovasi Karoseri Bus Ala 'Physical Distancing', Mana Pilihanmu?

Konten Redaksi kumparan
Inovasi Karoseri Bus Ala 'Physical Distancing', Mana Pilihanmu? (60291)
Bus dengan desain social distancing dari Laksana. Foto: Instagram/@laksanabus
Pandemi COVID-19 menuntut para perusahaan karoseri bus dan perusahaan otobus (PO) berinovasi, menghadirkan bus yang sesuai standar protokol kesehatan, salah satunya dengan konfigurasi kursi berkonsep physical distancing.
ADVERTISEMENT
Berbeda dari biasanya dengan formasi tempat duduk 3-2 atau 2-2, kini mereka pun melakukan terobosan dengan menghadirkan bus berkonfigurasi kursi 1-1-1.
Namun ternyata tak hanya soal tempat duduk, masih ada inovasi lainnya, tentu tujuannya buat memberikan kenyamanan, keamanan, serta protokol kesehatan bagi para penumpang bus.
Inovasi Karoseri Bus Ala 'Physical Distancing', Mana Pilihanmu? (60292)
Inovasi Social Distancing Bus Laksana. Foto: dok. Laksana
Lalu, seperti apa tampilan dan detail bus-bus physical distancing tersebut, berikut kumparan sajikan bus physical distancing yang dihadirkan oleh 3 karoseri bus.

1. Adi Putro

Sebagai salah satu karoseri bus tertua di tanah air, Adi Putro rupanya tak mau ketinggalan dalam melakukan terobosan bus physical distancing.
Perusahaan yang berbasis di kota Malang ini, tidak hanya menghadirkan inovasi bus physical distancing pada varian bus besarnya saja namun juga medium busnya.
ADVERTISEMENT
"Yang pertama kami launching memang masih menggunakan model big bus, namun tidak kemungkinan untuk model medium bus juga bisa digunakan dengan konfigurasi seperti itu," terang Adi Bagus, Supervisor Sales PT Adi Putro Wirasejati kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Tak hanya tersedia untuk bus baru saja, konfigurasi kursi 1-1-1 itu juga bisa disematkan pada bus-bus lama yang ingin dirombak. Kapasitas yang mampu diangkutnya, yakni 34 kursi untuk bus besar dan 25 kursi untuk bus medium
Selain konfigurasi kursi 1-1-1, inovasi lain yang diberikan yakni, sekat pelindung di setiap kursi yang terbuat dari bahan acrylic, hand sanitizer, serta lampu ultraviolet.
Inovasi bus physical distancing itu, kata Adi, saat ini baru bisa diaplikasikan pada sasis Hino dan Mercedes-Benz saja.
ADVERTISEMENT
"Ke depannya bisa saja untuk semua merek dan tipe bus, selama sudah dapat izin dari Dinas Perhubungan," kata Adi.

2. Laksana

Inovasi Karoseri Bus Ala 'Physical Distancing', Mana Pilihanmu? (60293)
Bus dengan desain social distancing dari Laksana. Foto: Instagram/@laksanabus
Tak ketinggalan, karoseri bus asal Ungaran Jawa Tengah, Laksana, juga menghadirkan inovasi bus physical distancing. Sama seperti Adi Putro, Laksana juga mengubah konfigurasi tempat duduk pada busnya menjadi 1-1-1.
Kami melihat adanya kebutuhan baru di pasar saat masa pandemi ini. Kami juga selalu mendengar berbagai masukan dari pelanggan kami," ucap Brand and Marketing Communication Manager Laksana, Candra Dewi, kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Inovasi bus physical distancing yang diluncurkan oleh Laksana ini, juga tidak hanya bisa diaplikasikan pada bus besar seperti bodi Legacy SR2 saja, namun juga bisa pada medium bus.
Inovasi Karoseri Bus Ala 'Physical Distancing', Mana Pilihanmu? (60294)
Inovasi Social Distancing Bus Laksana. Foto: dok. Laksana
Fasilitas yang dihadirkan pun meliputi konfigurasi kursi 1-1-1, sekat partisi untuk pengemudi, HEPA filter pada sistem AC, dan sinar UV filter.
"Selain untuk bus baru, kami juga menyediakan jasa ubahan dari bus yang sudah ada menjadi seperti ini," beber Dewi.
ADVERTISEMENT

3. Tentrem

Inovasi Karoseri Bus Ala 'Physical Distancing', Mana Pilihanmu? (60295)
Bus Physical Distancing Karoseri Tentrem. Foto: dok. Tentrem
Perusahaan karoseri bus lainnya yang menghadirkan inovasi bus physical distancing, yaitu Tentrem. Perusahaan asal Malang Jawa Timur ini, juga menghadirkan konfigurasi kursi 1-1-1.
Bodi yang digunakan untuk bus physical distancing ini, yakni bodi dari bus besar Avante H8 dengan sasis Mercedes-Benz. Selain menawarkan konfigurasi kursi 1-1-1, bus milik Tentrem ini juga dibekali dengan filter sinar UV serta fasilitas penunjang umum lainnya, seperti toilet, audio video and demand, serta port usb di setiap kursi.
Inovasi Karoseri Bus Ala 'Physical Distancing', Mana Pilihanmu? (60296)
Bus Physical Distancing Karoseri Tentrem. Foto: dok. Tentrem
Jadi, dari ketiga bus physical distancing yang ada di Indonesia ini, mana yang menarik perhatianmu?
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)