Otomotif
·
15 Mei 2021 17:00

Intip 6 Bus 'Rebahan' Baru Milik PO Sinar Jaya yang Pakai Sasis Mercedes-Benz

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Intip 6 Bus 'Rebahan' Baru Milik PO Sinar Jaya yang Pakai Sasis Mercedes-Benz (177388)
searchPerbesar
Bus Suites Class Baru Milik PO Sinar Jaya. Foto: dok. Laksana
Tren bus mewah dengan konfigurasi sleeper seat atau double decker kini semakin populer. Berbagai perusahaan otobus (PO) berlomba-lomba untuk menambah jajaran bus sleeper seat atau double decker-nya, tidak terkecuali PO Sinar Jaya.
ADVERTISEMENT
Perusahaan otobus asal Cibitung, Bekasi, Jawa Barat ini, baru saja kembali menambah bus premium sleeper seat dengan bodi Legacy SR2 Suites Class garapan karoseri Laksana. Tidak hanya 1 unit, melainkan 6 unit sekaligus yang dirilis oleh Sinar Jaya.
Mengutip informasi dari video di Youtube channel Laksana, keenam bus baru Sinar Jaya itu dibangun di atas sasis Mercedes-Benz OH 1626. Ini merupakan sasis OH 1626 pertama yang digunakkan Sinar Jaya pada armada bus kelas Suites Class-nya.
Sebelumnya, PO Sinar Jaya hanya menggunakan sasis Hino RN 285 di kelas premium ini. Penggunaan sasis baru dari Mercedes-Benz OH 1626 ini, tentu akan semakin menambah kenyamanan bagi para penumpang.
Ya, sebagai salah satu sasis premium, Mercedes-Benz OH 1626 sudah dilengkapi dengan sistem suspensi udara. Hal itu jelas sangat berpengaruh pada bantingan suspensinya yang menjadi lebih lembut dan nyaman.
ADVERTISEMENT
Adapun jantung pacunya, sasis ini menggendong mesin turbo diesel 6 silinder berkapasitas 6,3 liter. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 260 daya kuda (dk) pada 2.200 rpm dan torsi puncak 950 Nm pada rentang 1.200 hingga 1.600 rpm.
Untuk sistem transmisinya, sasis ini menggunakan transmisi manual 6 percepatan. Selain memiliki keunggulan dalam hal suspensi serta mesin yang mumpuni, keunggulan lain dari sasis Mercedes-Benz OH 1626 ini, yaitu ruang bagasi di bagian bawahnya yang jauh lebih besar.
“Kalau kami kemarin bikinnya di atas sasis Hino pakai ladder frame itu bagasinya enggak bisa tembus (dari kanan ke kiri), yang ini (Mercedes-Benz OH 1626) bisa tembus,” jelas Bus and Coach Consultant Karoseri Laksana, Lang Widya.
Intip 6 Bus 'Rebahan' Baru Milik PO Sinar Jaya yang Pakai Sasis Mercedes-Benz (177389)
searchPerbesar
Bus Suites Class Baru Milik PO Sinar Jaya. Foto: dok. Laksana
Dengan kapasitas kursi 22 penumpang, bus ini mengadopsi konfigurasi kursi sleeper seat yang dapat direbahkan hingga 145 derajat. Penyusunan kursinya pun dibuat model bertingkat layaknya sebuah hotel kapsul.
ADVERTISEMENT
"Demikian juga dengan Sinar Jaya Mercedes-Benz OH 1626 ini, juga menyematkan 22 comfortable cabin. Lalu untuk keamanan dan kesehatan kita, bus ini juga dilengkapi dengan UVC sterilizer di dalam kabinnya,” kata Lang Widya.
Intip 6 Bus 'Rebahan' Baru Milik PO Sinar Jaya yang Pakai Sasis Mercedes-Benz (177390)
searchPerbesar
Bus Suites Class Baru Milik PO Sinar Jaya. Foto: dok. Laksana
Untuk urusan kenyamanan, setiap kursi sleeper seat di bus ini, telah dilengkapi dengan berbagai fitur pemanja bagi para penumpang. Mulai dari audio video on demand, lampu baca, port usb, pengaturan kursi elektrik, hingga tirai.
Ada juga fasilitas pelengkap lainnya, seperti toilet yang dapat digunakkan untuk buang air kecil, serta ruang merokok di bagian depan.
Meski telah resmi dirilis, sayangnya PO Sinar Jaya belum mau mengungkapkan trayek mana saja yang nantinya bakal dilayani oleh 6 bus Suites Class bersasis Mercedes-Benz OH 1626 ini.
ADVERTISEMENT
Wah, jadi semakin banyak ya bus sleeper seat milik Sinar Jaya. Kalau gitu, jangan lupa untuk mencoba, ya!
***
Saksikan video menarik di bawah ini: