Otomotif
·
29 April 2021 4:06

Intip Koleksi Mobil dan Motor Azis Syamsuddin, yang Terseret Kasus Dugaan Suap

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Intip Koleksi Mobil dan Motor Azis Syamsuddin, yang Terseret Kasus Dugaan Suap (14995)
searchPerbesar
Wakil Ketua DPR Bidang Korpolkam Azis Syamsuddin. Foto: DPR RI
Nama wakil ketua DPR, Azis Syamsuddin, kini ramai diperbincangkan. Politisi partai Golkar itu diduga terlibat dalam kasus suap yang melibatkan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), AKP Stepanus Robin Pattuju dengan Wali Kota Tanjungbalai, M. Syahrial.
ADVERTISEMENT
Azis dituding turut memfasilitasi pertemuan antara AKP Robin dan M. Syahrial di rumahnya yang terletak di Jakarta Selatan. Tentu saja, tindakan yang dilakukan Azis itu, tidaklah dibenarkan, apalagi dirinya berstatus sebagai wakil ketua DPR.
Nah, terlepas dari benar atau tidaknya keterlibatan Azis Syamsuddin pada kasus suap tersebut, pada pembahasan kali ini kumparanOTO tidak akan membahas lebih detail mengenai kasus tersebut, melainkan akan membahas koleksi kendaraan yang dimiliki.
Berdasarkan data laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) tahun 2019 di situs resmi KPK, Azis Syamsuddin diketahui memiliki total harta kekayaan mencapai Rp 96,5 miliar.
Dari total kekayaan tersebut, Azis memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan senilai Rp 89,4 miliar, lalu ada juga harta bergerak berupa alat transportasi senilai Rp 3,5 miliar, diikuti harta bergerak lainnya senilai Rp 274,7 juta dan kas atau setara kas senilai Rp 3,3 miliar.
ADVERTISEMENT
Menyoal harta bergeraknya, Azis terpantau memiliki 6 jenis kendaraan yang terbagi menjadi 4 mobil dan 2 sepeda motor. Berikut lengkapnya:

Toyota Land Cruiser 2016

Intip Koleksi Mobil dan Motor Azis Syamsuddin, yang Terseret Kasus Dugaan Suap (14996)
searchPerbesar
Toyota Land Cruiser Foto: dok. Carscoops
Kendaraan roda empat pertama yang dimiliki oleh Azis Syamsuddin, yakni Toyota Land Cruiser produksi 2016. SUV ladder frame itu di data KPK memiliki nilai harga Rp 1,5 miliar.

Toyota Land Cruiser 2008

Selain memiliki Toyota Land Cruiser produksi 2016, Azis ternyata juga mempunyai Land Cruiser produksi 2008. Di data LHKPN KPK, mobil ini terpantau memiliki nilai harga Rp 700 juta.

Toyota Alphard 2018

Intip Koleksi Mobil dan Motor Azis Syamsuddin, yang Terseret Kasus Dugaan Suap (14997)
searchPerbesar
Toyota Alphard. Foto: dok. TAM
Tidak hanya memiliki SUV mewah, Azis juga diketahui mempunyai MPV mewah Toyota Alphard di garasi rumahnya. Mobil produksi 2018 ini memiliki nilai harga di data LHKPN KPK sebesar Rp 780 juta.
ADVERTISEMENT

Toyota Kijang Innova 2016

Kendaraan roda empat terakhir yang dimiliki Azis Syamsuddin, yakni Toyota Kijang Innova. Mobil medium MPV ini merupakan produksi 2016 dan memiliki nilai harga di data LHKPN KPK sebesar Rp 248 juta.

Harley-Davidson 2003

Untuk kendaraan roda dua pertama yang dimiliki Azis Syamsuddin, yakni Harley-Davidson produksi 2003. Sayangnya tidak ada informasi mengenai jenis Harley-Davidson yang dimiliki Azis Syamsuddin. Pada data LHKPN tersebut, hanya tercantum nilai harga motor ini, yaitu sebesar Rp 170 juta.

Honda BeAT 2018

Intip Koleksi Mobil dan Motor Azis Syamsuddin, yang Terseret Kasus Dugaan Suap (14998)
searchPerbesar
Honda BeAt eSP. Foto: Istimewa
Koleksi kendaraan terakhir yang dimiliki Azis Syamsuddin, yakni Honda BeAT produksi 2018. Skutik 110 cc itu tercatat memiliki nilai harga di LHKPN sebesar Rp 14 juta.
Dari 6 koleksi kendaraan yang dimiliki Azis Syamsuddin, Toyota Land Cruiser 2016 jadi yang paling mahal yang dimilikinya dengan nilai harga Rp 1,5 miliar. Sementara kendaraan termurahnya, yakni Honda BeAT yang punya nilai harga Rp 14 juta.
ADVERTISEMENT
***