Otomotif
·
9 November 2020 15:36

Intip KTM RC 250 R, yang Antarkan Pebalap Indonesia Mario Aji Podium di Spanyol

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Intip KTM RC 250 R, yang Antarkan Pebalap Indonesia Mario Aji Podium di Spanyol (171310)
Mario Aji berhasil raihan podium 2 di ajang Red Bull Rookies Cup Seri 1. Foto: Redbull Rookies
Pebalap muda potensial asal Indonesia, Mario Suryo Aji berhasil finish podium 2 di Race 1 Red Bull Rookies Cup di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Sabtu (7/11).
ADVERTISEMENT
Start dari posisi ke-4, Mario jadi satu-satunya pebalap di luar negara Spanyol yang mendominasi peringkat 1 hingga 5 di putaran kualifikasi.
Namun dia belum cukup beruntung, dan harus mengakui ketangguhan pebalap tuan rumah David Salvador yang unggul 15 detik dari Mario Aji.
"Saya melakukan start yang bagus tetapi memasuki tikungan 1 saya sangat takut dan lambat. Tapi kemudian, putaran demi putaran saya semakin baik. Saya mendapat podium pertama saya dan itu benar-benar memberi saya lebih percaya diri dan besok saya ingin naik podium lagi," ujar Mario Aji dikutip dari rookiescup.redbull.
Intip KTM RC 250 R, yang Antarkan Pebalap Indonesia Mario Aji Podium di Spanyol (171311)
Mario Aji berhasil raihan podium 2 di ajang Red Bull Rookies Cup Seri 1. Foto: Redbull Rookies
Sebagai informasi, Red Bull Rookies adalah ajang atau gelaran untuk mencari pebalap muda sebelum naik ke Moto3 dan berujung ke MotoGP.
ADVERTISEMENT
Pebalap MotoGP yang lahir dari ajang ini sudah banyak jumlahnya, salah satunya adalah Johann Zarco dan Dani Pedrosa.

Spesifikasi KTM RC 250 R Mario Aji

Di samping skill Mario Aji yang jempolan tak lepas dari performa tinggi motornya yakni KTM RC 250 R. Motor ini juga dipakai oleh pebalap yang lain karena terpilih menjadi motor sponsor.
Intip KTM RC 250 R, yang Antarkan Pebalap Indonesia Mario Aji Podium di Spanyol (171312)
KTM RC 250 R Foto: Red Bull Rookies
Dari rancang motor, KTM RC 250 R adalah versi balap dari KTM RC 250 versi jalan raya. Rangka teralisnya menggendong mesin 249,5 cc, 1-silinder, 4-tak, pendingin cairan, dan pengabut injeksi.
Racikan kompresi mesinnya dibuat besar yakni 14,5:1 dengan bore x stroke 81 mm x 48,5 mm. Mesinnya itu disokong 2 throttle body sekaligus.
Di atas kertas, mesinnya mampu hempaskan tenaga maksimal 30,8 daya kuda dan torsi sebesar 28 Nm. Output mesin itu disalurkan lewat transmisi manual Quick Shifter 6-percepatan.
ADVERTISEMENT
Untuk kaki-kaki, pada haluan depan menggunakan upside down garapan WP pun dengan monoshock di bagian belakang.
Untuk pengereman depan dibenamkan cakram tunggal 300mm dengan kaliper rem Brembo 4 piston. Sementara di belakang juga menggunakan single cakram 230mm kaliper Brembo 1 piston.
Adapun untuk saluran gas buang mempercayakan knalpot garapan Akrapovic yang juga digunakan pada moto2, moto3, dan MotoGP.
Penasaran bagaimana proses perakitan KTM RC 250 R untuk ajang Red Bull Rookies Cup 2020? Berikut ini videonya.