Otomotif
·
27 April 2021 15:38

Intip Spesifikasi Truk Pengangkut Rudal Pengaman Ibu kota Jakarta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Intip Spesifikasi Truk Pengangkut Rudal Pengaman Ibu kota Jakarta (1163085)
searchPerbesar
Rudal NASAMS terbaru untuk pertahanan Ibu Kota Jakarta. Foto: Facebook/@lembagakeris
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dipastikan bakal menempatkan rudal pengaman Ibu Kota Jakarta di Satuan Rudal (Satrudal) 111 Teluk Naga, Tangerang, Banten.
ADVERTISEMENT
Ditempatkannya rudal pengaman ini, bertujuan untuk kembali memperkuat pertahanan udara Indonesia, khususnya di wilayah Ibu Kota Jakarta.
Secara spesifikasi, rudal pengaman ini menggunakan sistem pertahanan udara yang dikembangkan oleh NASAMS (Norwegian Advanced Surface to Air Missile). Di atas kertas, rudal ini memiliki kemampuan sasaran radius tembak sejauh 180 hingga 220 kilometer.
Adapun truk yang digunakkan untuk mengangkut rudal NASAMS, yakni Daimler Mercedes-Benz Actros 4148 AK berpenggerak 8x4. Sebagai truk trailer berukuran besar, Actros 4148 AK dibekali mesin turbo Diesel V6 berkode OM 501 LA.
Di atas kertas, mesin itu menawarkan kapasitas 11,9 liter dan menjanjikan tenaga 476 dk serta torsi maksimum 2.300 Nm. Lalu untuk sistem transmisinya, Actros 4148 AK ini mengadopsi transmisi canggih Telligent electronic control semi otomatik 16 percepatan.
ADVERTISEMENT
Diproduksi dari 2008 hingga 2012, truk Actros ini juga sudah dibekali dengan berbagai fitur keselamatan canggih, seperti Telligent electro-pneumatic braking, ABS, Acitve Engine Brake, Roll-back Prevention, retarder, cruise control, dan tipping system.
Intip Spesifikasi Truk Pengangkut Rudal Pengaman Ibu kota Jakarta (1163086)
searchPerbesar
Rudal NASAMS terbaru untuk pertahanan Ibu Kota Jakarta. Foto: Facebook/@lembagakeris
Tidak hanya itu, guna menunjang kebutuhannya sebagai pengangkut rudal NASAMS, truk Actros 4148 AK ini juga dilengkapi dengan hydraulic systems pada bagian belakangnya. Sehingga memudahkan dalam melakukan bongkar muat rudal.
***