Otomotif
·
14 November 2020 12:37

Istilah Kandang Macan untuk Sopir Bus AKAP, Apa Itu?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Istilah Kandang Macan untuk Sopir Bus AKAP, Apa Itu?  (159753)
Bus Sumber Alam. Foto: dok. Sumber Alam
Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) masih jadi salah satu primadona masyarakat yang ingin berpergian ke luar kota.
ADVERTISEMENT
Tidak jarang, jarak yang ditempuh bus AKAP itu mencapai ratusan bahkan ribuan kilometer, dengan waktu tempuh berhari-hari. Karena itu, beberapa bus AKAP yang punya rute sangat jauh itu pun dilengkapi dengan 'kandang macan',
Tentu saja, 'kandang macan' yang dimaksud di sini bukanlah kandang hewan buas bernama macan. Melainkan sebuah istilah dari tempat istirahat sopir.
Itu biasanya sebutan untuk tempat istirahat sopir, jadi kalau yang sopir 1 sedang mengemudi, maka sopir 2 pun beristirahat. begitu juga sebaliknya," kata Anthony Steven Hambali, pemilik PO bus Sumber Alam kepada kumparan Jumat (13/11).
Lebih lanjut, kata Anthony, sebenarnya tak ada arti khusus dari istilah kandang macan itu. Itu hanya sebatas sebutan saja dari para sopir dan kenek.
Istilah Kandang Macan untuk Sopir Bus AKAP, Apa Itu?  (159754)
Bus Double Decker Baru milik PO Garuda Mas. Foto: dok. PO Garuda Mas
Ada juga yang menyebutkan, sebutan kandang macan itu karena supaya tak ada orang lain yang mengganggu ketika sopir sedang beristirahat di tempat istirahat tersebut.
Menyoal letak kandang macan tersebut, lanjut Anthony, setiap bus berbeda-beda. Ada yang berada di belakang jok pengemudi seperti pada bus Ultra High Decker, atau di bagian paling belakang bus.
ADVERTISEMENT
"Umumnya sih di bagian paling belakang banget. Dia luasnya juga cukup buat sopir selonjoran, biasanya juga dilengkapi dengan kasur atau bantal," beber Anthony.
Istilah Kandang Macan untuk Sopir Bus AKAP, Apa Itu?  (159755)
Bus baru ALS yang menggunakan Mercedes-Benz dan bodi dari karoseri Adi Putro. Foto: dok. PT Antar Lintas Sumatera
Dengan adanya tempat istirahat khusus tersebut, kata Anthony, diharapkan para sopir dapat beristirahat dengan nyaman. Sehingga, para sopir pun tidak mudah lelah, dan perjalanan bus AKAP pun jadi lebih aman.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)