Otomotif
·
12 Januari 2021 17:07

Jadi Calon Tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Cuma Punya 1 Mobil?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jadi Calon Tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Cuma Punya 1 Mobil? (345464)
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO
Presiden Joko Widodo kabarnya akan memilih Komjen Listyo Sigit Prabowo yang kini menjabat Kabareskrim Polri sebagai calon tunggal Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.
ADVERTISEMENT
Meskipun Jokowi belum mengirimkan surat resmi ke DPR RI, beberapa sumber kumparan di lingkungan Istana dan internal Polri yang enggan disebutkan namanya, mengatakan nama Listyo Sigit sudah hampir pasti dipilih Jokowi.
Sebelum mengemban posisi Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit diketahui pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi pada tahun 2013. Tidak hanya itu, Komjen Listyo Sigit juga pernah menjadi Kapolres Surakarta pada 2011 lalu, bersamaan dengan Jokowi yang kala itu menjabat sebagai Wali kota Surakarta.

Cuma punya 1 mobil?

Sebagai calon tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit diketahui memiliki total harta kekayaan mencapai Rp 8,3 miliar. Data itu kumparan kutip dari laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) di situs resmi KPK, pada 2019 lalu saat dirinya ditunjuk sebagai Bareskrim Polri.
Jadi Calon Tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Cuma Punya 1 Mobil? (345465)
Laporan Harta Kekayaan Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: dok. LHKPN KPK
Menariknya, dari total harta kekayaan tersebut, Komjen Listyo Sigit diketahui hanya memiliki 1 jenis kendaraan bermotor roda empat. Adapun mobil yang dimilikinya itu, yakni Toyota Fortuner tahun 2018 dengan nilai harga sebesar Rp 320 juta.
ADVERTISEMENT

Spesifikasi Toyota Fortuner 2018

Jadi Calon Tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Cuma Punya 1 Mobil? (345466)
Toyota Fortuner VRZ. Foto: dok. Mobil88
Bila mengacu data spesifikasi tersebut, itu artinya Toyota Fortuner yang dimiliki Komjen Listyo Sigit merupakan Fortuner generasi kedua.
Pada generasi ini, Toyota Fortuner ditawarkan dalam 3 pilihan jantung pacu, yaitu Diesel berkode 2GD-FTV dengan kapasitas 2.4 liter dan bensin berkode 2TR-FE Dual VVT-i berkapasitas 2.7 liter.
Mesin Dieselnya diklaim menghasilkan tenaga 148 dan torsi 343 Nm pada transmisi manual 6-percepatan dan 400 Nm pada transmisi otomatik 6-percepatan.
Jadi Calon Tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Cuma Punya 1 Mobil? (345467)
Layout mesin Toyota Fortuner VRZ. Foto: dok. Mobil88
Sementara untuk mesin bensinnya, menyajikan tenaga 161 dk dan torsi 246 Nm. Sistem transmisinya ada 2 pilihan, manual 6-percepatan dan otomatik 6-percepatan.
***