kumparan
search-gray
Otomotif31 Juli 2020 9:05

Jajal Seminggu All New Yamaha NMax, Segini Konsumsi Bensinnya

Konten Redaksi kumparan
Jajal Seminggu All New Yamaha NMax, Segini Konsumsi Bensinnya (631476)
Mencoba all new Yamaha NMax 2020. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Segmen motor matik berbadan besar tengah naik daun di Tanah Air. Di segmen ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) punya all new Yamaha NMax buat bersaing melawan kompetitornya.
ADVERTISEMENT
Diluncurkan pada akhir tahun lalu, generasi terbaru Yamaha NMax mendapatkan sejumlah pembaruan, mulai dari fitur, rangka, hingga jantung mekanis.
Jajal Seminggu All New Yamaha NMax, Segini Konsumsi Bensinnya (631477)
Layout mesin all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Menyoal mesin, NMax terbaru ini disokong mesin berkubikasi 155 cc, SOHC, 4-tak, dan dibenamkan teknologi Blue Core serta Variable Valve Actuation.
Dari klaim pabrikan, jeroan mesin seperti air cleaner box , cylinder head, katup intake, dan combustion chamber menggunakan model baru. Tak cuma itu, komponen piston pun diubah menggunakan YZF-R15.
Jajal Seminggu All New Yamaha NMax, Segini Konsumsi Bensinnya (631478)
Piston baru menggunakan kepunyaan Yamaha YZF-R15 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Berkat ubahan tadi, kompresi mesin pun meningkat menjadi 11,6:1 dari sebelumnya 10,5:1. Nah, peningkatan kompresi ini diklaim membuat konsumsi BBM-nya jadi lebih irit.
"Secara teori, jika kompresi mesin lebih tinggi pastinya konsumsi BBM akan menjadi lebih irit," kata General Manager After Sales YIMM, M. Abidin kepada kumparan beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Lalu, benarkah pernyataan itu? Jawabannya harus dibuktikan dengan pengujian secara langsung. Setidaknya saya sudah menjajal motor ini selama 1 minggu pemakaian.
Jajal Seminggu All New Yamaha NMax, Segini Konsumsi Bensinnya (631479)
Konsumsi BBM all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Nah, pengetesan BBM pada all new Yamaha NMax saya lakukan dengan jarak tempuh 94,2 kilometer. Sementara untuk tinggi badan 172 cm dengan berat badan 70 kilogram.
Karakter berkendaranya dikombinasikan santai dan terkadang agresif. Kondisi jalan yang dilalui beragam, mulai dari lancar, macet, layaknya kondisi penggunaan harian. Oh iya, untuk jenis BBM menggunakan bensin Pertamax.
Di panel instrumen bisa dilihat konsumsi rata-rata BBM per 1 liter bisa menempuh jarak 37,9 km.
Jajal Seminggu All New Yamaha NMax, Segini Konsumsi Bensinnya (631480)
Yamaha NMax lawas Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Catatan BBM itu lebih baik dibandingkan dengan NMax 2017. Di NMax generasi pertama itu rata-rata konsumsi BBM bisa menempuh 35-36 kilometer per liter.
ADVERTISEMENT
Tapi perlu diingat, untuk NMax lawas tadi kondisi pemakaian sudah menyentuh 63 ribuan kilometer. Tentunya beberapa komponen mungkin saja sudah mengalami penurunan performa,
Jajal Seminggu All New Yamaha NMax, Segini Konsumsi Bensinnya (631481)
Tampilan saklar pada setang sebelah kanan. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Raihan 37,9 kilometer per liter di NMax 2020 tak lepas dari penggunaan fitur Start Stop System. Ya, fitur ini akan mematikan mesin ketika berhenti atau idle lebih dari 3-5 detik.
Jadi, ketika mesin mati saat di lampu merah atau kemacetan otomatis tidak membuang bahan bakar secara percuma sehingga wajar jika jadi lebih irit.
Jajal Seminggu All New Yamaha NMax, Segini Konsumsi Bensinnya (631482)
Mencoba all new Yamaha NMax 2020. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Konsumsi BBM yang lebih baik itu harus mengorbankan beberapa sektor, salah satunya adalah torsi. Dari data teknis yang diungkap Yamaha, setidaknya ada penurunan hingga 0,5 Nm, dari yang awalnya punya torsi 14,4 Nm menjadi 13,9 Nm pada 6,5 ribu rpm.
ADVERTISEMENT
Untuk motor berkubikasi mesin 150 cc dengan transmisi matik. Bisa dibilang all new Yamaha NMax punya konsumsi rata-rata BBM yang cukup irit.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona