Otomotif
·
9 Juli 2020 8:35

Kabel Setan Bisa Dongkrak Performa Motor, Gimana Bisa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kabel Setan Bisa Dongkrak Performa Motor, Gimana Bisa? (53128)
Paket kabel Accentwire untuk dongkrak performa motor. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Beberapa tahun ke belakang viral komponen aftermarket yang bisa mendongkrak performa motor secara instan, dengan julukan kabel setan.
ADVERTISEMENT
Part aftermarket besutan Accentwire ini diklaim mampu meningkatkan kemampuan lari motor. Selain itu, Juki, penggawa bengkel spesialis motor matik R59 Matic Shop menuturkan bisa sedikit menghemat konsumsi bahan bakar.
Kabel Setan Bisa Dongkrak Performa Motor, Gimana Bisa? (53129)
Kabel setan pendongkrak tenaga Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Kabel setan Accentwire sederhananya merupakan kabel penghubung yang berfungsi memaksimalkan fungsi koil. Kabel tadi membuat setrum dari aki lebih stabil dan teratur ketika dihantarkan ke koil.
Hasilnya, pengapian yang dihasilkan dari koil ke busi disebut lebih optimal, sehingga membuat performa mesin jadi semakin buas.
Kemudian disebut kabel setan karena tidak ada yang tahu formulasi kabel selain pabrik pembuatnya, tiba-tiba motor jadi lebih responsif setelah memakainya.
Kabel Setan Bisa Dongkrak Performa Motor, Gimana Bisa? (53130)
Macam-macam kabel Accentwire. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Nah belum lama ini komponen aftermarket tersebut bertransformasi lagi dengan berbagai macam tipe. Jadi bukan hanya khusus dipasangkan pada koil, melainkan ada yang dipasang ke kutub negatif aki dan blok cylinder head dekat busi yang disebut kabel negatif, atau E2 yang khusus dipasangkan di aki saja.
ADVERTISEMENT
"Wah kabel negatif sama koil sebenarnya sudah satu paket bikin ngacir, lagi booming banget ini kayak Honda Forza, XMAX, ADV 150 itu sudah banyak datang ke sini pakai itu," jelas Juki saat ditemui kumparan di workshop-nya di Ciputat, Tangerang Selatan belum lama ini.
Kabel Setan Bisa Dongkrak Performa Motor, Gimana Bisa? (53131)
Kabel negatif Accentwire. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Khusus kabel negatif, memiliki peranan mengoptimalkan arus negatif pada komponen kelistrikan kendaraan. Lagi-lagi supaya kerja busi makin maksimal.
"Karena busi itu enggak selalu butuh arus positif, tapi butuh negatif juga, makanya biar busi bisa langsung dapat setrum negatif pakai ini, makanya bunga api lebih bagus," pungkasnya.
Kabel Setan Bisa Dongkrak Performa Motor, Gimana Bisa? (53132)
Macam-macam kabel Accentwire. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Tak ketinggalan, ada pula kabel setan dengan sebutan E2 maupun E2R. Penamaannya dibedakan karena beda ukuran. Komponen yang satu ini memiliki satu elektrik bank dan dua kabel: satu dipasangkan kutub positif dan lainnya kutub negatif pada aki.
Kabel Setan Bisa Dongkrak Performa Motor, Gimana Bisa? (53133)
Ujung kabel Accentwire seri E2. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Kabel Setan Bisa Dongkrak Performa Motor, Gimana Bisa? (53134)
Ujung kabel Accentwire seri E2 dengan electric bank. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Bicara fungsinya sedikit serupa seperti sebelumnya, hanya saja kabel E2 ini lebih mengoptimalkan arus negatif pada sumber listrik, yakni aki. Sehingga ketika arus negatif dibutuhkan busi, kabel negatif mampu mendistribusikannya lebih baik lagi.
Kabel Setan Bisa Dongkrak Performa Motor, Gimana Bisa? (53135)
Kabel Accentwire seri E2. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Harga ragam kabel setan

Keseluruhan kabel tersebut bisa dipasang pada semua jenis motor atau mobil sebenarnya. Yang membedakan harga hanya segi ukuran.
ADVERTISEMENT
Misal satu kabel negatif untuk motor matik dibanderol Rp 250 ribu, dan kabel koil 125 ribu. Jika membeli langsung keduanya bisa lebih murah ujar Juki.
"Pakai dua itu (kabel negatif dan koil) buat sehari-hari sudah cukup kok. Tenaga enggak seberapa, tapi torsinya makin ngejambak. Dari hasil dyno grafik pengapiannya enggak naik turun," jelasnya.
Kabel Setan Bisa Dongkrak Performa Motor, Gimana Bisa? (53136)
Kabel Accentwire seri E2. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Selebihnya untuk kabel Accentwire seri E2 dibanderol lebih mahal di angka Rp 550 ribu. Ada pula paket lengkapnya ia jual Rp 1,3 juta, termasuk kabel negatif, koil, E2 dan E2R.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona