Kapan MINI Listrik Meluncur ke Indonesia?

24 Oktober 2019 11:30 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
MINI E Foto: dok. MINI
zoom-in-whitePerbesar
MINI E Foto: dok. MINI
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada November 2019 mendatang, pabrikan mobil asal Inggris, MINI, akan memproduksi secara massal mobil listrik pertamanya, MINI Electric (E).
ADVERTISEMENT
Sejak pertama kali diperkenalkan pada Juli 2019, sudah ada 45 ribu unit yang dipesan oleh konsumen di Eropa dan Inggris.
Ya, mobil yang didesain berbasis MINI tiga pintu ini memang mendapat respons positif dari berbagai kalangan. Meski demikian, Anda yang berminat terhadap mobil ini harus bersabar dulu, karena MINI E belum dipasarkan di Indonesia hingga beberapa tahun mendatang.
"Kami belum ada rencana kapan diluncurkan. Belum ada sama sekali bahkan tahun depan (Mini E) belum akan kami hadirkan," kata Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania saat ditemui di Jakarta, Rabu (23/10).
Tetapi, Jodie mengatakan pihaknya masih mengkomunikasikan rencana pendistribusian MINI E dengan prinsipal. Menurutnya, mobil tersebut memiliki karakter yang cocok untuk beraktivitas sehari-hari di perkotaan.
ADVERTISEMENT
"Kalau dari konsep, dari tanggapan media, konsumen itu sangat positif. Karena (MINI E) sedan kompak dan sesuai untuk digunakan di urban city seperti Jakarta, dan memang jangkauan tempuhnya tidak jauh, misalnya dari rumah ke kantor, jadi sesuai fungsi kendaraannya," ungkap Jodie.
Bicara spesifikasinya, motor listrik yang disematkan mampu menjanjikan tenaga hingga 184 dk dan torsi puncak 270 Nm. MINI mengklaim kalau tenaganya itu mencatatkan akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 3,9 detik.
Sedangkan untuk daya jelajahnya, baterai dengan kapasitas 32,6 kWh-nya itu sanggup menempuh jarak 270 km dengan standar pengujian Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP).

Ulang tahun MINI ke-60

Acara Road to MINI 60th years anniversary, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Foto: Ainul Qalbi/kumparan
Meski begitu, pecinta MINI di Tanah Air bisa tersenyum lebar, karena dalam waktu dekat agen pemegang mereknya di Indonesia bakal menggelar selebrasi 60 tahun MINI di area parkir selatan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/10).
ADVERTISEMENT
"Kami sangat senang dapat merayakan 60 tahun Mini di Indonesia, bersama semua komunitas dan penggemar MINI. Harapannya, menjalin silaturahmi dan mengokohkan MINI di sini," kata Jodie.
Acara Road to MINI 60th years anniversary, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Foto: Ainul Qalbi/kumparan
Atas perayaan lebih dari setengah abad ini, MINI Indonesia akan menampilkan model lawas generasi pertama lansiran 1959 hingga yang paling anyar.
Kemudian guna menjaring konsumen potensial, ada pula beberapa unit test drive beserta program pembelian MINI baru.
Sayangnya tidak ada MINI 60th Years Edition berkelir hijau yang dijual, sebab sudah ludes terjual. "Kira-kira pada bulan September kemarin (MINI 60th Years Edition) sudah habis," tutup Jodie.