Otomotif12 September 2020 8:54

Kapan Toyota Vios Baru Mengaspal ke Indonesia?

Konten Redaksi kumparan
Kapan Toyota Vios Baru Mengaspal ke Indonesia?  (303500)
Toyota Vios Facelift. Foto: dok. Paultan
PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengisyaratkan belum berencana untuk merilis Toyota Vios anyar ke Indonesia tahun ini.
ADVERTISEMENT
Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, meski Toyota Vios memiliki basis platform yang sama dengan Yaris, bukan berarti keduanya akan hadir secara bersamaan.
"Memang betul pabriknya sama dan produknya juga satu platform. Tapi kebetulan saat ini di Indonesia kita fokusnya dan produknya juga paling banyak peminatnya di yaris," jelas Anton saat virtual media conference peluncuran Toyota Yaris belum lama ini.
Lebih lanjut, kata Anton, menurunnya penjualan sedan ditambah situasi pasar yang sedang lesu menjadi alasan untuk tidak meluncurkan Vios tahun ini.
Jadi Vios ini memang market-nya, ya, jujur saja tidak terlalu besar, bahkan makin lama makin mengecil. Dulu kami juga kan ada Limo, ya, yang digunakan untuk taksi. Nah saat ini kan taksi sudah digantikan dengan transmover, jadi, ya, itu yang menyebabkan kami untuk saat ini fokus di Yaris dulu," beber Anton.
Kapan Toyota Vios Baru Mengaspal ke Indonesia?  (303501)
Toyota Vios Facelift. Foto: dok. Paultan
Mengacu data wholesales Gaikindo, angka distribusi Toyota Vios sepanjang 2019 hanya 504 unit. Angka itu jelas masih lebih tinggi dibandingkan Toyota Yaris yang menorehkan angka distribusi 8.032 unit.
ADVERTISEMENT
Begitu juga bila dibandingkan dengan raihan wholesales dari Januari hingga Juli 2020. Toyota Vios hanya mencatatkan wholesales sebanyak 189 unit, jauh lebih rendah dibandingkan Yaris yang membukukan 2.388 unit.

Toyota Vios facelift

Kapan Toyota Vios Baru Mengaspal ke Indonesia?  (303502)
Toyota Vios Facelift. Foto: dok. Paultan
Sama seperti Toyota Yaris, Vios sebenarnya juga sudah mendapatkan penyegaran di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand dan Filipina.
Toyota Vios facelift kini tampil dengan wajah baru yang mirip seperti Yaris facelift yang baru saja meluncur di Indonesia. Berbagai ubahan minor dilakukan oleh Toyota pada bagian eksterior Vios, seperti lampu depan yang kini sudah LED dengan DRL LED berbentuk huruf L, dan bumper depan yang sangat mirip seperti Yaris.
Khusus pasar Thailand dan Filipina, Toyota Vios ditawarkan dalam 2 pilihan jantung pacu, yakni mesin bensin 1.3 liter dan 1.5 liter.
Kapan Toyota Vios Baru Mengaspal ke Indonesia?  (303503)
Toyota Vios Facelift. Foto: dok. Paultan
Mesin 1.3 liternya menjanjikan tenaga 98 dk dan torsi 123 Nm, sementara mesin 1.5 liternya menawarkan tenaga 106 dk dan torsi 140 Nm. Kedua mesin itu dikawinkan dengan 2 pilihan sistem transmisi, manual 5 percepatan dan otomatik CVT.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white