kumparan
20 Mei 2018 13:13

Karakter Galak Mesin Sportscar: Salah Teknik Bisa Membakar Mobil

Mobil sport Porsche yang terbakar di tol Slipi
Mobil sport Porsche yang terbakar di tol Slipi (Foto: Dok. Istimewa)
Kasus mobil terbakar tanpa yang terjadi secara tiba-tiba sering terjadi, apalagi ketika cuaca dalam kondisi panas seperti di musim kemarau saat ini. Yang terbaru, seunit sportscar Toyota MR2 berkelir kuning dilalap api saat melintas di Tol Dalam Kota.
ADVERTISEMENT
Memang, pemicu terbakarnya mobil tak melulu dari insiden tabrakan saja. Galih Laksono, yang merupakan pecinta mobil-mobil berkapasitas besar menjelaskan, dugaan terjadinya peristiwa itu karena karakter dari mesin mobil sportscar itu sendiri.
"Ketika dia geber-geber itu mobil, bahan bakar yang belum terbakar sempurna bisa keluar dari sistem knalpot dan karena panas yang berlebih itu bisa memicu beberapa komponen yang biasanya berbahan karbon mudah terbakar," katanya saat dihubungi kumparanOTO, Minggu (20/5).
Kemudian, dia pun mencontohkan kasus yang pernah terjadi di Dubai ketika seunit Lamborghini terbakar dalam kondisi macet. Itu terjadi karena sang pengendara memainkan gas sehingga terjadi letupan api di knalpot yang menyambar panel bodi mobil.
Video
Senada dengan Galih, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana menjelaskan bahwa pengendara sportscar harusnya memahami karakter dari mobilnya yang punya performa `meledak-ledak`.
ADVERTISEMENT
"Teknologi yang tinggi, horsepower yang besar, mesinnya rata-rata di belakang. Nah, waktu mesin di belakang rata-rata ujung knalpot dan pembakaran pendek. Kalau dia gas sampai overtune bisa api meletup dan bahkan membara, yang pada akhirnya berpotensi membakar komponen,"paparnya.
Mobil Sport Terbakar di Ruas Tol Slipi
Mobil Sport Terbakar di Ruas Tol Slipi (Foto: Dok. Istimewa)
Kasatlantas Polres Jakarta Barat AKBP Sudarmanto menjelaskan, mobil sport berlogo Porsche itu terbakar sekira 11.00 WIB di KM12.400 A, Slipi, Jakarta Barat. Dalam beberapa foto dan cuplikan video memperlihatkan separuh dari sportscar Jerman itu ludes terbakar. Untungnya tidak ada korban jiwa dari persitiwa ini.
“Pengemudinya berinisial ADP asal dari Bengkulu ya. Selamat,” ujar Sudarmanto.
Mobil Sport Terbakar di Ruas Tol Slipi
Mobil Sport Terbakar di Ruas Tol Slipi (Foto: Twitter @TMCPoldaMetro)
Penyebab kecelakaan yang secara detil tentu saja masih perlu didalami pihak kepolisian. Dari penyelidikan itu akan diketahui apakah memang terjadi karena keteledoran atau ada modifikasi khususnya di sektor kelistrikan yang tidak sesuai sehingga menyebabkan arus pendek.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan