kumparan
15 Maret 2019 18:01

Kawasaki W175 Dirombak Jadi Royal Enfield Classic 500

Motor Kawasaki W175 Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Kawasaki W175 memang benar-benar jadi motor 'bahan' modifikasi sejumlah builder. Modelnya begitu mudah disulap jadi Tracker, Bobber, Scrambler, Cafe Racer, sampai Chopper seperti dimiliki Jokowi.
ADVERTISEMENT
Tapi ada satu lagi modifikasi Kawasaki W175 yang tidak kalah unik. Tidak tanggung-tanggung, motor retro seharga Rp 30 jutaan ini ternyata bisa disulap jadi sebuah Royal Enfield Classic 500 yang berbanderol Rp 92,6 juta.
Modifikasi Kawasaki W175 jadi Royal Enfield Classic 500 Foto: dok. CNC
Adalah Central Classic Custom, rumah modifikasi yang menggarapnya. Di bawah arahan Nolavender si penggawa bengkel, motor yang baru keluar dari diler tersebut langsung dirombak total bagian rangkanya mengikuti bentuk motor yang diinginkan pelanggannya itu.
"Jadi modifikasinya enggak begitu sulit, bahan yang masih terpakai paling mesin, tangki, sama rangka bagian depannya saja, sisanya rangka dari tangki persis itu dibabat habis semua, terus dijadikan model rigid," ujarnya kepada kumparan, Jumat (15/3).
Proses modifikasi Kawasaki W175 jadi Royal Enfield Classic 500 Foto: dok. CNC
Biar dimensinya melebar dan memanjang, Nola menambahkan rangka yang menjadi tumpuan pemiliknya untuk duduk. Tak cuma itu, agar joknya mirip dengan Royal Enfield Classic 500, Nola membuatnya sendiri, karena sesuai penuturannya tidak banyak toko aksesori motor yang jualan jok model single seater seperti sepeda onthel.
ADVERTISEMENT
Belum cukup di situ, ubahannya juga meluas hingga kaki-kaki bagian belakang. Karena rangkanya utamanya sudah dikustom, jadinya sambungan lengan ayun ikutan dirombak, sehingga selain bisa diandalkan untuk riding sendirian, juga bisa berboncengan.
Modifikasi Kawasaki W175 jadi Royal Enfield Classic 500 Foto: dok. CNC
Selebihnya agar Kawasaki W175 ini berubah total jadi Royal Enfield Classic 500, spakbor depan dan belakang, cover aki, suspensi, dan setang ikut diganti menggunakan komponen buatan tangan atau pakai produk aftermarket.
"Spakbor depan dan belakang handmade, kami buat panjang menyesuaikan konsepnya. Terus shock depan pakai kepunyaan Byson, kemudian biar lebih retro lagi bannya dikasih kit putih, bukan white wall karena ukurannya terlalu kecil," timpalnya lagi.
Modifikasi Kawasaki W175 jadi Royal Enfield Classic 500 tampak belakang Foto: dok. CNC
Kemudian urusan penerangan, seperti biasa lampu utama LED Daymaker tetap jadi primadonanya. Sementara untuk lampu belakang dan seinnya masih berupa halogen biasa.
ADVERTISEMENT
Pun dengan setangnya yang tidak pakai bawaan W175 yang terkenal rendah dan pendek. Nola menyiasatinya dengan menggunakan setang aftermarket yang lebih lebar dan tinggi.
Di samping itu, motor modifikasi ini punya karakteristik lain, yakni adanya tambahan patung Jaguar kecil di atas cover lampunya. Kata pelanggannya, sebagai simbol kesuksesan.
Modifikasi Kawasaki W175 jadi Royal Enfield Classic 500 Foto: dok. CNC
"Jaguar itu kata pemiliknya bilang sebagai lambang peluru, karena dia pengacara dan sering memenangkan perkara. Bukan kustom, pemiliknya sudah punya, jadi bengkel yang masangin aja," imbuhnya lagi dengan tawa.
Terakhir bicara lama pengerjaan, Nola membutuhkan waktu 2 bulan 3 minggu. Sedangkan biaya modifikasinya mencapai Rp 20 juta, di luar harga motor.
Modifikasi Kawasaki W175 jadi Royal Enfield Classic 500 Foto: dok. CNC
Modifikasi Kawasaki W175 jadi Royal Enfield Classic 500 Foto: dok. CNC
Modifikasi Kawasaki W175 jadi Royal Enfield Classic 500 Foto: dok. CNC
Bagaimana, kamu tertarik dengan model modifikasi ini?
ADVERTISEMENT
Data modifikasi Kawasaki W175
Lampu depan: Daymaker ring Lampu belakang: Aftermarket Lampu sein: Aftermarket Velg depan: Rossi 3,0 inch Velg belakang: Rossi 3,5 inch Ban depan dan belakang: Swallow SB Classic 135 Spakbor: Kustom Knalpot Kustom Setang: Deus Rangka: Kustom Cover aki: Kustom Boks: Kustom Jok: Kustom Suspensi depan: Yamaha Byson Suspensi belakang: Aftermarket
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan