Otomotif
·
18 Juli 2021 14:36
·
waktu baca 2 menit

Kecelakaan Jeep Grand Cherokee di Tol Kanci, Ringsek dan Airbag Tak Mengembang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kecelakaan Jeep Grand Cherokee di Tol Kanci, Ringsek dan Airbag Tak Mengembang (489837)
searchPerbesar
Kecelakaan Jeep Grand Cherokee di Tol Kanci. Foto: Dok. Istimewa
Kecelakaan yang melibatkan mobil SUV Jeep Grand Cherokee, terjadi di Tol Kanci, pada Kamis 15 Juli 2021. Kondisi mobil ringsek, khususnya pada bagian depan sebelah kiri.
ADVERTISEMENT
Syukurnya tak ada korban jiwa. Berdasarkan laporan Muhammad Al Abdullah sebagai pengemudi mobil, kecelakaan terjadi pada pukul 16:26 WIB.
Kronologi kejadiannya, ketika mengemudikan mobil padi sisi jalur sebelah kanan, ada mobil Avanza yang melakukan rem mendadak.
Al yang mengemudikan mobil di belakangnya, harus melakukan pengereman dan membuang kemudi secara otomatis ke kiri. Nahasnya, di sebelah kiri ada truk kontainer melintas, sehingga tabrakan tak terhindarkan.
"Saya mengemudikan sendiri dan Alhamdulillah saya selamat tanpa luka," ucapnya dalam keterangan yang dibagikan di media sosial miliknya.

Airbag tak mengembang

Namun pria yang karib disapa Memet ini menyayangkan, fitur keselamatan mobil yang tak berfungsi. Mulai dari airbag yang mengembang, juga fitur lainnya.
Kecelakaan Jeep Grand Cherokee di Tol Kanci, Ringsek dan Airbag Tak Mengembang (489838)
searchPerbesar
Kecelakaan Jeep Grand Cherokee di Tol Kanci. Foto: Dok. Istimewa
"Selain airbag tidak mengembang, fitur active brake collision system juga tidak bekerja. Normalnya dia bisa rem sendiri bila jarak dengan depan terlalu dekat," kata Memet kepada kumparan, Minggu (18/7).
ADVERTISEMENT
Memang pada Jeep Grand Cherokee Summit 3.6, ada total 7 airbags di antaranya ada front-impact airbags, side impact airbags, overhead airbags dan knee airbags.

Tuntut pihak Jeep

Al menambahkan, terkait kejadian tersebut dirinya sudah melayangkan keluhan kepada pihak prinsipal Jeep dalam hal ini FCA (Fiat Chrysler Automobiles).
Kecelakaan Jeep Grand Cherokee di Tol Kanci, Ringsek dan Airbag Tak Mengembang (489839)
searchPerbesar
Kecelakaan Jeep Grand Cherokee di Tol Kanci. Foto: Dok. Istimewa
Pengajuannya melalui agen pemegang merek (APM) Jeep yang ada di Indonesia, yaitu PT DAS Indonesia Motor.
"Apabila pihak FCA tidak bertanggung jawab, dikarenakan saya selamat, yah mari kita selesaikan secara hukum," ujarnya.
Namu ketika ditanyakan soal berapa lama keluhan ditanggapi, Memet tak mengetahuinya. Sementara pihak APM PT DAS Indonesia Motor, sampai saat ini belum merespons kumparan.