Kelebihan Sasis Euro 5 Pertama Volvo di Indonesia

20 Desember 2022 6:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sasis Volvo B11R Euro 5 6x2. Foto: Rizki Fajar Novanto/kumparan
ADVERTISEMENT
Volvo Buses melalui distributor resmi tunggalnya, PT Indotruck Utama meluncurkan produk sasis bus Euro 5 pertama di Indonesia. Ada dua model yang dikenalkan yaitu Volvo B8R dan Volvo B11R.
ADVERTISEMENT
“Ini merupakan komitmen Volvo terhadap aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia yang mewajibkan semua kendaraan mematuhi standar Euro 4,” ungkap Presiden Direktur PT Indotruck Utama, Bambang Prijono di Jakarta, Senin (19/12).
Cairan emisi diesel AdBlue. Foto: Rizki Fajar Novanto/kumparan
Ia menjelaskan, Euro V dipilih karena teknologinya menggunakan cairan AdBlue yang sama seperti kendaraan Euro 4. Perbedaannya hanya dari komposisi AdBlue yang digunakan.
“Ini menggunakan sistem Selective Catalytic Circulation yang dari basic-nya mesin Euro 3 kemudian diinjeksikan katalis AdBlue tadi yang berfungsi sebagai penetral polutan. Pembeda Euro 4 dan Euro 5 hanya dikomposisi saja,” jelasnya.
Sasis Volvo B8R Euro V. Foto: Rizki Fajar Novanto/kumparan
Sasis ini semuanya diproduksi secara lokal oleh PT National Assembler, perusahaan milik Grup Indomobil di Jakarta. Untuk batch pertama, ada tujuh unit sasis yang diproduksi.
ADVERTISEMENT
Produk terbaru Volvo ini akan bermain di segmen bus premium. Selain perusahaan otobus, adapula perusahaan tambang yang meminang sasis ini untuk dijadikan alat transportasi di kawasannya.
“Untuk produksi pertama sebanyak tujuh unit sudah terjual ke mitra kami terutama PT Gunung Harta Transport Solutions atau dikenal PO Gunung Harta. Ketujuhnya itu gabungan antara Volvo B8R dan Volvo B11R,” ucapnya.
Mesin Volvo D8 di sasis B8R. Foto: Rizki Fajar Novanto/kumparan.
Volvo B8R sendiri merupakan kelanjutan dari produk Volvo B7R yang sebelumnya sudah dikenalkan di Indonesia. Menggunakan mesin Volvo D8, 6-silinder, in-line. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 330 hp dengan torsi maksimal 1200 Nm dan dialirkan ke transmisi otomatis.
Sedangkan, Volvo B11R menggunakan mesin Volvo D11, 6-silinder, in-line. Pilihan tenaganya ada 370 hp dengan torsi maksimum 1.750 Nm dan 450 hp dengan torsi 2.150 Nm.
Mesin Volvo D11 di sasis Volvo B11R. Foto: Rizki Fajar Novanto/kumparan.
Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke transmisi Volvo I-Shift AT2412D, automated gear-changing system atau automatic transmision ZF series.
ADVERTISEMENT
“Semua model sudah dilengkapi dengan EBS (Electronically Brake System) Anti-lock Braking System (ABS), Brake Blending, Hill Start Aid dan Brake Assist. Ada pula Electronic Stability Program yang membantu kestabilan bus di jalan,” pungkasnya.