kumparan
24 November 2018 13:55

Kembaran Xpander dari Nissan Meluncur, Grand Livina Diskontinu?

Rekayasa digital Nissan Grand Livina
Nissan Grand Livina berbasis Xpander (Foto: Istimewa)
PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan memiliki produk baru berbasis Mitsubishi Xpander tahun depan. Lantas, bagaimana nasib Grand Livina ketika MPV anyar Nissan meluncur?
ADVERTISEMENT
Sumber internal membeberkan bahwa Nissan Grand Livina akan diskontinu ketika MPV berbasis Xpander meluncur. “Nanti sudah tidak ada lagi Livina,” katanya.
Dia menambahkan, MPV Nissan tersebut dipastikan meluncur tahun depan. Namun, ia masih enggan membeberkan detil terkait waktu peluncuran mobil baru yang lahir dari aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi itu.
Nissan Grand Livina X-Gear
Nissan Grand Livina X-Gear (Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO)
Meski dibangun menggunakan basis yang sama dengan Xpander, sumber menyebutkan bahwa secara tampilan, desainnya akan benar-benar berbeda.
Kemungkinan, Nissan juga masih menerapkan strategi yang sama seperti ketika mereka memasarkan Grand Livina, yang mana mobil masuk di segmen multi purpose vehicle (MPV) bukan ke LMPV. “Yang jelas posisinya akan berbeda dengan Xpander. Mobil Nissan akan berada di atasnya Mitsubishi," kata dia kepada kumparanOTO.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Kelahiran MPV Nissan berbasis Mitsubishi Xpander mulai berhembus sejak Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. CEO Mitsubishi Motors Corporation, Osamu Masuko, mengatakan bahwa produk itu merupakan buah dari aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.
Sementara itu, Mitsubishi dan Nissan pun berbagi peran. Beberapa waktu lalu, tiga berlian mengumumkan bahwa NIssan akan membantu produksi dan memasok mesin Xpander untuk meningkatkan kandungan lokal produknya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan