Otomotif
·
22 Juli 2020 18:38

Kemenhub Imbau Truk Pakai Perisai Kolong Belakang, Apa Fungsinya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kemenhub Imbau Truk Pakai Perisai Kolong Belakang, Apa Fungsinya? (68726)
Ilustrasi Perisai Kolong Truk. Foto: dok. Freightwaves
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau kepada seluruh pemilik dan pengemudi truk agar menambahkan pengaman perisai kolong belakang atau Rear Underrun Protection (RUP) pada bagian bumper belakang truknya.
ADVERTISEMENT
Imbauan yang tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Darat No. AJ. 510/1/14/DRJD/2020 tersebut, ditunjukkan bagi kendaraan truk-truk besar khususnya truk tronton dan trailer.
Adanya imbauan penggunaan perisai kolong belakang tersebut, dikatakan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi, sebagai upaya pihaknya dalam meminimalisir kecelakaan antara mobil pribadi dengan truk berukuran besar.
"Jalan Tol ini kan sekaran semakin panjang, aktivitas truk besar juga semakin sering. Meskipun saat ini kami sudah mewajibkan truk untuk memasang stiker pemantul cahaya di bagian belakang, rasanya itu saja belum cukup," jelas Budi kepada kumparan, Rabu (22/7).
Kemenhub Imbau Truk Pakai Perisai Kolong Belakang, Apa Fungsinya? (68727)
Ilustrasi Perisai Kolong Truk. Foto: dok. IIHTS
Lebih lanjut, kata Budi, berdasarkan data dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), banyaknya kecelakaan yang melibatkan truk dan kendaraan kecil di jalan tol, umumnya berakibat pada fatalitas bagi pengemudi dan penumpang kendaraan kecil.
ADVERTISEMENT
"Saat mobil kecil nabrak truk terutama yang tinggi, biasanya kan langsung menghantam ke ke pilar A dan kena kepala pengemudi, sehingga umumnya airbag menjadi tidak aktif," ungkap Budi.
Karena itu, dengan adanya perisai di bagian kolong belakang tersebut, diharapkan bagian bumper mobil akan menabrak perisai terlebih dahulu sebelum mengenai bagian pilar A mobil.
Misal mobil kecil ada kecelakaan nabrak, maka akan kena depannya dahulu tuh kalau ada perisai, sehingga airbag yang ada di mobil akan merespon dan aktif," papar Budi.
Kemenhub Imbau Truk Pakai Perisai Kolong Belakang, Apa Fungsinya? (68728)
Ilustrasi Perisai Kolong Truk. Foto: dok. Freightwaves

Penggunaan perisai kolong belakang truk akan menjadi kewajiban

Saat ini, penggunaan perisai kolong belakang memang masih bersifat imbauan, namun ke depannya dipastikan Budi akan menjadi suatu kewajiban yang harus dipatuhi seluruh truk.
"Ya, kita akan lihat dan tinjau dulu lah penerapannya seperti apa, tapi sejauh ini respons teman-teman pemilik truk sih sangat positif," tutur Budi.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT