Otomotif
·
19 November 2020 7:09

Kenalan dengan 'The Beast', Mobil yang Akan Dipakai Presiden AS Joe Biden

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenalan dengan 'The Beast', Mobil yang Akan Dipakai Presiden AS Joe Biden (115566)
Presiden Amerika Serikat Trump mengelilingi sirkuit nascar dengan mobil kepresidenan. Foto: Mark J. Rebilas-USA TODAY Sports via Reuters
Penetapan presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden, kini tinggal menunggu waktu. Hingga 14 November 2020 lalu, Joe Biden, berhasil mengungguli calon petahana, Donald Trump, dengan suara elektoral 306 berbanding 232.
ADVERTISEMENT
Jadi hampir dapat dipastikan Joe Biden akan menjadi presiden Amerika Serikat ke 46. Sebagai presiden dari negara adidaya, tentu saja Joe Biden akan mendapatkan berbagai fasilitas mewah yang canggih dan sangat aman, seperti salah satunya mobil kepresidenan.
Khusus untuk Amerika Serikat, mobil kepresidenan yang digunakkan, yakni sedan limosin yang diciptakan secara khusus, bernama Cadillac One. Tentu bukan hanya sekadar sedan limosin biasa, melainkan sebuah mobil yang dikenal memiliki tingkat keamanan paling tinggi, bahkan diklaim sebagai mobil paling aman di dunia.
Kenalan dengan 'The Beast', Mobil yang Akan Dipakai Presiden AS Joe Biden (115567)
Presiden Amerika Serikat Trump mengelilingi sirkuit nascar dengan mobil kepresidenan. Foto: Mark J. Rebilas-USA TODAY Sports via Reuters
Lantas seperti apa spesifikasi dan apa saja keunggulan dari Cadillac One tersebut? Berikut kumparan sajikan beberapa informasinya.
Dari segi desainnya, mobil ini memiliki wajah yang mirip seperti Cadillac CT6. Adapun yang akan digunakkan Joe Biden merupakan mobil kepresidenan bekas Donald Trump dan merupakan generasi kedua dari Cadillac One.
ADVERTISEMENT
Meskipun mobil ini merupakan sebuah mobil sedan limosin, ternyata secara dimensinya sangatlah besar dan tinggi bahkan lebih tinggi dari sebuah medium SUV. Untuk ukuran bannya sendiri diklaim hampir menyerupai ukuran ban dari sebuah truk medium.
Kenalan dengan 'The Beast', Mobil yang Akan Dipakai Presiden AS Joe Biden (115568)
Presiden Amerika Serikat Trump melambaikan tangan saat mengelilingi sirkuit nascar dengan mobil kepresidenan. Foto: Mark J. Rebilas-USA TODAY Sports via Reuters
Sayangnya memang tak ada spesifikasi pasti terkait mobil tersebut, baik itu dimensi, jenis mesin, hingga fitur-fitur secara lengkapnya. Ya, tak adanya referensi itu tentu bukan tanpa alasan.
Sebab, sebagai mobil orang nomor 1 Amerika Serikat, kerahasiaan terkait spesifikasi mobil kepresidenan juga sangatlah penting. Tentu saja, demi keamanan presiden itu sendiri.
Kendati begitu, setidaknya beberapa fitur yang mungkin sudah jadi standar mobil kepresidenan dipastikan ada di mobil ini, namun tentunya dengan standar keamanan yang ditingkatkan.
Pada bagian bodinya, mobil berjuluk The Beast ini dikatakan memiliki pelat bodi berlapis baja tebal yang dipadukan dengan alumunium, titanium dan keramik. Bahkan saking tebalnya lapisan itu, pada bagian pintunya diklaim punya ukuran hingga 8 inci dengan bobot yang sama seperti bodi Boeing 757.
Kenalan dengan 'The Beast', Mobil yang Akan Dipakai Presiden AS Joe Biden (115569)
Donald Trump di dalam mobil. Foto: REUTERS/Edgar Su
Dengan bodi berlapis baja tebal itu, mobil ini pun dipastikan aman dari peluru, granat, ledakan, hingga serangan rudal. Tak hanya bodi saja, pada bagian kacanya juga punya ketebalan hingga lima lapisan dengan elemen polikarbonat.
ADVERTISEMENT
Seluruh elemen bodi dan kaca itupun dipastikan memiliki kekedapan yang sangat rapat. Ini penting guna menghindari serangan gas kimia yang bisa saja mengancam nyawa presiden Amerika Serikat.
Tak ketinggalan, ban yang digunakkan pada mobil ini juga terbilang sangat spesial. Karena selain mampu tahan tusukkan benda tajam, ban itu juga dikabarkan mampu menahan serangan peluru hingga bom.
Lalu bagaimana dengan bagian dalamnya?
Kecanggihan dari mobil kepresidenan Amerika Serikat ini, tentu tidak hanya ada pada bagian luarnya saja, namun juga di bagian dalam.
Untuk bagian dalamnya, sudah pasti mobil ini dilengkapi dengan jok berukuran besar yang nyaman. Terdapat juga perangkat komunikasi canggih yang bisa langsung terakses dengan satelit dan aman dari penyadapan. Bahkan, perangkat komunikasi itu juga bisa langsung menghubungkan Presiden dengan markas Departemen Keamanan Amerika Serikat, Pentagon.
Kenalan dengan 'The Beast', Mobil yang Akan Dipakai Presiden AS Joe Biden (115570)
Polisi lalu lintas Vietnam memberi hormat pada iring-iringan mobil yang mengangkut Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat meninggalkan hotel Sofitel Legend Metropole usai pertemuanya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-ub di Hanoi, Vietnam, Rabu, (27/2). Foto: AFP/NOEL CELIS
Untuk urusan kondisi darurat, di dalam The Beast itu terdapat juga tabung oksigen, peralatan kesehatan darurat, kantong golongan darah yang menyesuaikan dengan golongan darah presiden terpilih, tombol panik, hingga berbagai senjata api ringan.
ADVERTISEMENT
Belum cukup sampai disitu, ada juga berbagai fitur keamanan canggih lainnya layaknya pada mobil yang ada di film-film James Bond, seperti tombol untuk mengeluarkan minyak di jalan yang berfungsi mengacaukan penjahat yang mengejar, lalu ada juga arus listrik pada bagian pintu yang berguna menyerang siapa pun yang dinilai membahayakan dan berniat membuka pintu mobil.
Terakhir dan yang tak kalah penting, mobil ini juga dilengkapi dengan perangkat khusus yang memungkinkan presiden mengaktifkan senjata nuklir apabila terjadi perang dunia atau serangan mendadak.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)