Otomotif
·
2 Oktober 2020 18:02

Kenapa Yamaha RX-King Disebut Motor Jambret?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenapa Yamaha RX-King Disebut Motor Jambret?  (64488)
Yamaha RX King yang ditawar hingga ratusan juta Foto: dok. Istimewa
Stigma masyarakat terhadap Yamaha RX-King sebagai motor jambret melekat seolah tak pernah hilang. Meski tak diketahui pasti siapa dan kapan pertama kali yang memberikan 'cap' tersebut, kuda besi ini layak dijuluki motor legendaris.
ADVERTISEMENT
Spesialis penjual Yamaha RX-King, Ahmad Arif dari gerai Arif King Priok mengatakan, stigma motor jambret tercipta pertama kali pada 1990-an. Saat itu, banyak pelaku kejahatan yang menggunakan RX-King sebagai tunggangan ketika melancarkan aksinya mulai dari jambret hingga perampokan.
Kenapa Yamaha RX-King Disebut Motor Jambret?  (64489)
Yamaha RX-King. Foto: Istimewa
"RX-King ini terkenal sama tarikan mesinnya yang gahar. Dia kencang dan cepat jika dibandingkan sama Ninja yang lebih dominan di tarikan atas. Mungkin karena karakter mesinnya yang ganas di bawah banyak yang gunakan RX-King (untuk kabur)," kata Arif kepada kumparan, Kamis (1/10).
Menurut Arif, stigma motor jambret pada RX-King tercipta lantaran pandangan masyarakat sendiri. Apalagi kata dia, saat itu banyak pengguna Yamaha RX-King yang sengaja membuat tampilannya bodong alias mencopot beberapa bagian motor agar terlihat lebih seram.
ADVERTISEMENT

Era berganti stigma pun berubah

Kenapa Yamaha RX-King Disebut Motor Jambret?  (64490)
RX-King Special Edition NOS Foto: dok. Arif King Priok
Namun kini era telah terganti, berkat daya pikatnya yang tak pernah habis, stigma motor jambret pun perlahan hilang. Kini si 'raja jalanan' berubah menjadi motor antik yang diburu para kolektor.
Bahkan harga jualnya bikin geleng-geleng kepala. Belum lama ini RX-King Special Edition terjual dengan banderol tembus Rp 150 juta.
"Sekarang malah berlomba bikin motor RX-King tampil orisinil. Semakin orisinil harganya makin tinggi," ungkap Arif.

Dari motor jambret justru jadi incaran maling sekarang

Kenapa Yamaha RX-King Disebut Motor Jambret?  (64491)
Yamaha RX-King Foto: Istimewa
Bukti julukan motor jambret kini telah lenyap bisa dilihat dari beberapa kasus motor dua langkah tersebut kerap kali digondol maling. Jika dulu Yamaha RX-King digunakan untuk aksi kejahatan, justru sekarang jadi incaran kejahatan.
ADVERTISEMENT
Kasus pencurian RX-King tak lepas dari banderolnya yang kini meroket. Apalagi untuk menemukan RX-King dengan kondisi mulus perlu merogoh kocek yang tak sedikit.
"Sekarang ditinggal sedikit saja sudah was-was takut hilang atau dicuri," kata Arif.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)