kumparan
search-gray
Otomotif5 November 2019 7:23

Komparasi Spesifikasi Kia Rio vs Toyota Yaris, Pilih Mana?

Konten Redaksi kumparan
Komparasi Spesifikasi Kia Rio vs Toyota Yaris, Pilih Mana?  (141265)
Kia Rio Foto: Bagas Putra Riyadhana
Kia positif kembali membuka lini penjualannya di Indonesia. Salah satu model yang diboyong pabrikan asal Korea Selatan itu adalah Rio.
ADVERTISEMENT
Iya model ini bakal meramaikan segmen hatchback dalam negeri, bersama Toyota Yaris. Berada di kelas yang sama, keduanya punya dimensi tubuh dan kapasitas mesin yang relatif tak jauh berbeda.
Namun, soal desain, performa dan kelengkapan fitur, tentunya tiap merek punya pertimbangan sendiri, yang in-line dengan visi dan misi mereka.
Komparasi Spesifikasi Kia Rio vs Toyota Yaris, Pilih Mana?  (141266)
New Toyota Yaris modifikasi Foto: Alfons Hartanto/kumparan
Nah, buat yang sedang berburu mobil baru khususnya di segmen hatchback, berikut kumparan coba sajikan perbandingan keduanya sebagai bekal untuk menentukan pilihan.

Desain

Secara tampilan, Toyota Yaris tampak lebih sporty dengan aksen bodi yang tajam dan tegas. Selain itu, terdapat garis warna merah yang menambah kesan stylish di beberapa bagian bodi, seperti di bagian grille, kaca spion, dan bagian buritan.
ADVERTISEMENT
Sementara Kia Rio mengusung desain yang lebih kasual dan elegan. Kesan sporty hanya terlihat pada desain velg palang delapan dan aksen tajam pada lampu belakang.
Komparasi Spesifikasi Kia Rio vs Toyota Yaris, Pilih Mana?  (141267)
Kia Rio Foto: Bagas Putra Riyadhana

Dimensi

Menyoal dimensi, Toyota Yaris punya dimensi sedikit lebih besar daripada Kia Rio. Panjang Toyota Yaris sekitar 4,145 mm, lebar 1,730 mm, dan tinggi 1.500 mm. Sementara jarak poros roda sekitar 2,550 mm.
Untuk Kia Rio, panjangnya 4,065 mm, lebar 1,725 mm, dan tinggi 1,460 mm. Adapun jarak sumbu roda sekitar 2,580 mm. Dengan perbedaan dimensi yang relatif kecil, keduanya mampu mengangkut sebanyak 5 penumpang--1 pengemudi dan 4 penumpang.
Komparasi Spesifikasi Kia Rio vs Toyota Yaris, Pilih Mana?  (141268)
New Toyota Yaris Modifikasi Foto: Alfons Hartanto/kumparan

Mesin

Toyota Yaris juga lebih unggul dari segi kapasitas mesin dibanding Kia Rio. Hatchback asal Jepang itu menggendong mesin 4 silinder dual VVT-i DOHC berkapasitas 1.496 cc. Mesin tersebut mampu mencapai daya maksimum 107 Ps dan torsi 14,3 kgm, dengan transmisi 7-percepatan CVT dan 5-percepatan manual.
ADVERTISEMENT
Sementara Kia Rio dilengkapi mesin Kappa 1,4 L dual CVVT, namun dengan kapasitas mesin yang lebih kecil yaitu 1.348 cc. Mesin tersebut menjanjikan tenaga maksimum 100 Ps dan torsi 133,3 kgm. Ada dua pilihan transmisi, yaitu 4-percepatan otomatis dan 6-percepatan manual.

Fitur

Masuk ke fitur, Kia Rio tampaknya lebih unggul. Kia Rio memiliki power sunroof dan sun shade. Pada dapur kemudi, setir dilengkapi sistem telescopic dan tilt yang bisa disesuaikan dengan postur tubuh pengemudi.
Komparasi Spesifikasi Kia Rio vs Toyota Yaris, Pilih Mana?  (141269)
Interior Kia Rio Foto: Bagas Putra Riyadhana
Soal fitur hiburan, terdapat sebuah head unit floating LCD 7 inci dengan fitur Apple Car Play and Android Auto. Adapula konektor USB dan kabel AUX. Pada setir juga dilengkapi konsol untuk mengatur volume dan mengangkat telepon yang terhubung ke ponsel.
ADVERTISEMENT
Kia Rio memiliki fitur keselamatan yang relatif lengkap, seperti dual airbag, front and rear safety belt, dynamic parking guideline, dan sistem pengereman cakram di depan dengan ABS.
Sementara Toyota Yaris fiturnya lebih ringkas dengan sebuah audio unit yang dapat terkoneksi pada iPod dan iPhone. Pada setir juga terdapat konsol volume dan fungsi lainnya.
Komparasi Spesifikasi Kia Rio vs Toyota Yaris, Pilih Mana?  (141270)
Dashboard new Yaris Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO
Dari segi fitur keselamatan, Toyota Yaris jauh lebih lengkap meliputi tujuh buah SRS airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Seatbelt reminder untuk pengemudi depan dan belakang, Emergency Brake Signal (EBS), sabuk pengaman tiga titik, Whiplash Injury Lessening, Anti-Lock Braking System (ABS) beserta Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Harga

Banderol antara Toyota Yaris dan Kia Rio cukup kompetitif. Sebagai jenama dengan segmen pasar menengah, Kia mematok harga Kia Rio lebih tinggi sekitar Rp 271,5 juta untuk tipe MT dan Rp 286,5 juta untuk tipe AT.
ADVERTISEMENT
Toyota Yaris sendiri memiliki enam varian dengan harga mulai dari Rp 238,3 juta hingga Rp 278,8 juta.
Berikut rincian harga Toyota Yaris dan Kia Rio:
- New Toyota Yaris New Toyota Yaris E M/T: Rp 235,5 juta New Toyota Yaris E CVT: Rp 247,3 juta New Toyota Yaris G M/T: Rp 243,8 juta New Toyota Yaris G CVT: Rp 254.8 juta New Toyota Yaris S M/T TRD: Rp 264,2 juta New Toyota Yaris S CVT TRD: Rp 276 juta
- All-New Kia Rio All-New Kia Rio MT: Rp 271,5 juta All-New Kia Rio AT: Rp 286,5 juta
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white