Otomotif
·
13 Juli 2020 14:47

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar, 1 Liter untuk 1,2 Kilometer!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar, 1 Liter untuk 1,2 Kilometer! (1207592)
searchPerbesar
Latihan perdana Mitsubishi Xpander AP4. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Mitsubishi Xpander AP4 merupakan mobil balap reli berbasis Low MPV. Meski basisnya sama dengan Xpander Cross, tapi soal konsumsi BBM, keduanya bagai bumi dan langit.
ADVERTISEMENT
Jika umumnya Xpander Cross punya konsumsi bahan bakar berkisar 1 banding 11 atau 12 kilometer per liter, ternyata Xpander AP4 sangat jauh dari angka tersebut.
Ini mobil (Xpander AP4) konsumsi bensinnya juga 1 banding 12, tapi di antara angka dua belasnya ditambah koma. Jadi 1 banding 1,2 kilometer bukan 12 kilometer," kata Rifat Sungkar, pebalap Xpander Rally Team, saat ditemui eksklusif kumparan di sela-sela latihan perdananya di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Sabtu (11/7).
Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar, 1 Liter untuk 1,2 Kilometer! (1207593)
searchPerbesar
Latihan perdana Mitsubishi Xpander AP4. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Tak hanya konsumsi bahan bakarnya yang jauh lebih boros, jenis bahan bakar yang digunakan juga jauh berbeda. Bila Xpander Cross direkomendasikan menggunakan bahan bakar minimal beroktan 90, maka Xpander AP4 mengkonsumsi bahan bakar racing fuel beroktan 105 atau 110.
"Khusus 1 SS (Special Stage) di sini (Sirkuit Tembong Jaya) itu habis sekitar 6 kiloliter. Tapi kita enggak bisa bener-bener aktual, karena kadang tergantung gaya bawa dan lain-lain," jelas Julian Johan, Manager Xpander Rally Team (XRT).
Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar, 1 Liter untuk 1,2 Kilometer! (1207594)
searchPerbesar
Latihan perdana Mitsubishi Xpander AP4. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Kapasitas tangki BBM Xpander AP4 dua kali lebih besar

Dengan konsumsi bahan bakarnya yang jauh lebih boros, maka mau tidak mau kapasitas tangki bahan bakar dari Mitsubishi Xpander AP4 pun dibuat jauh lebih besar.
ADVERTISEMENT
Jika pada Xpander Cross punya kapasitas tangki bahan bakar 45 liter, maka pada Xpander AP4 mampu menampung sekitar 2 kali lipatnya.
"Di Xpander AP4 ini kapasitas tangki bahan bakarnya kalau saya enggak salah 80 atau 100 liter," ucap Jeje.
Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar, 1 Liter untuk 1,2 Kilometer! (1207595)
searchPerbesar
Tangki bahan bakar Mitsubishi Xpander AP4. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Tak hanya kapasitasnya yang jauh lebih besar, posisi tangkinya pun berbeda dari Xpander Cross. Bila di Xpander Cross, posisi tangki bahan bakarnya diletakkan di kolong mobil, maka di Xpander AP4 ini berada di dalam kabin baris kedua.
"Jadi kalau balap terutama reli itu, bagian kolong krusial banget. Risiko kena batu atau menghantam tanah saat lompat, makanya biar lebih aman dia ditaruh di dalam. Dan kenapa di tengah, itu kaitannya juga sama titik pusat gravitasinya," papar Julian Johan.
Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar, 1 Liter untuk 1,2 Kilometer! (1207596)
searchPerbesar
Latihan perdana Mitsubishi Xpander AP4. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Cara mengisi bahan bakar di Mitsubishi Xpander AP4 ini menggunakan sebuah alat berbentuk pompa dan selang. Nantinya selang dari alat tersebut akan diarahkan ke lubang tangki, selanjutnya bahan bakar yang ada di alat pengisian itu akan dipompa secara manual oleh mekanik.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.