Otomotif
·
5 Desember 2020 16:43

Kontes Modifikasi Motor Listrik di IIMS Motobike Show 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kontes Modifikasi Motor Listrik di IIMS Motobike Show 2020  (195442)
searchPerbesar
Motor Kustom Listrik IIMS Motobike Show. Foto: Djoko Iman Santoso
IIMS Motobike akhirnya resmi dibuka selama 10 hari, mulai 4 sampai 13 Desember 2020. Pameran yang digelar secara online dan offline (hybrid) ini diharapkan bisa mendorong antusiasme industri otomotif Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Di sesi pembukaan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier mengatakan, IIMS diharapkan bisa memicu gairah konsumen menyoal kendaraan listrik.
"Salah satu strategi otomotif 4.0 adalah membangun ekosistem untuk industri EV (Electric Vehicle) dimulai dengan penguasaan kemampuan manufaktur sepeda motor dan mobil listrik sesuai dengan tren global. Saat ini ada 15 perusahaan industri motor listrik di Indonesia dengan berbagai brand yang cukup dikenal dengan kapasitas produksi sebanyak 177 ribu unit per tahun," kata Taufiek Bawazier saat pembukaan acara.
Kontes Modifikasi Motor Listrik di IIMS Motobike Show 2020  (195443)
searchPerbesar
Motor listrik GESITS Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Dia mengatakan, pemerintah menargetkan proyeksi motor listrik pada 2025 sebesar 20 persen dari total produksi nasional. Hal ini bertujuan untuk menurunkan gas rumah kaca.
Maka dari itu selain menghadirkan beberapa produsen motor listrik. IIMS Motobike Show juga coba buat pameran modifikasi motor berbasis baterai. Di sini, fokusnya tak cuma dipamerkan namun mencari builder terbaik dan tentunya edukasi seputar kendaraan elektrifikasi.
Kontes Modifikasi Motor Listrik di IIMS Motobike Show 2020  (195444)
searchPerbesar
Motor Kustom Listrik IIMS Motobike Show. Foto: Djoko Iman Santoso
Juri dan tim official Indonesian Custom E–Moto Expo & Championship (ICEC), Djoko Iman Santoso mengatakan, ICEC bisa dibilang sebagai kompetisi motor kustom pertama di Indonesia yang mengusung motor ramah lingkungan,
ADVERTISEMENT
"Ide ini keluar karena cepat atau lambat kita akan menuju era electric vehicle. Dan seperti diketahui masa depan memang di kendaraan listrik, oleh sebab itu kami buat supaya bisa menarik perhatian bahwa motor listrik ternyata bisa dikustom juga," kata Iman kepada kumparan, Jumat (4/12).
Kontes Modifikasi Motor Listrik di IIMS Motobike Show 2020  (195445)
searchPerbesar
Motor kustom di IIMS Motobike Expo 2020. Foto: dok. IIMS Motobike
ICEC sendiri, kata Iman bertujuan mendorong para builder atau pelaku motor kustom untuk bisa memperkenalkan keahliannya dalam menggarap motor listrik. Seperti yang diketahui, industri kustom memang masih awam menyoal kendaraan setrum.
"Jadi memang tujuannya edukasi dan mereka nanti bisa berinteraksi dengan pengunjung soal motornya," pungkas dia.

31 Motor kustom listrik berkompetisi

Kontes Modifikasi Motor Listrik di IIMS Motobike Show 2020  (195446)
searchPerbesar
Motor kustom di IIMS Motobike Expo 2020. Foto: dok. IIMS Motobike
Totalnya ada sebanyak 31 motor kustom berbasis baterai yang dilombakan. Untuk kelasnya sendiri terbagi menjadi 2, yakni freestyle dan enthusiast.
ADVERTISEMENT
"Untuk perdana ini hanya 2 kelas karena memang tujuannya memperkenalkan bahWA motor listrik bisa dikustom. Dari situ mungkin di tahun berikutnya akan lebih spesifik lagi kelasnya," jelasnya.
Menariknya bagi kamu yang tertarik unitnya dapat membeli motor karya para modifikator tersebut.