Otomotif
·
14 Juni 2021 14:05
·
waktu baca 2 menit

KTM Akan Luncurkan 3 Motor Baru Tahun Ini, Semuanya Rakitan Gresik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
KTM Akan Luncurkan 3 Motor Baru Tahun Ini, Semuanya Rakitan Gresik (244688)
searchPerbesar
Tampilan samping KTM 390 Adventure. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Merek motor asal Austria, KTM dipastikan bakal merilis 3 motor baru pada tahun ini. Informasi tersebut datang langsung dari Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) sebagai APM KTM di Tanah Air.
ADVERTISEMENT
"Kita merencanakan akan me-launch 3 motor baru di semester 2 tahun ini. Jadi ditunggu saja," kata President Direktur PT PJLM, Kristianto Goenadi kepada kumparan, Sabtu (12/6).
Menariknya, ketiga motor yang akan diluncurkan nanti berstatus CKD (Completely Built Up) alias rakitan domestik. Fasilitas perakitan KTM di Indonesia sendiri berada di Gresik, Jawa Timur.
"Ketiga model itu bermesin 200, 250 cc, dan 390 cc. Semua model baru nanti dalam kondisi CKD dan kita rakit di Gresik," ungkapnya.
KTM Akan Luncurkan 3 Motor Baru Tahun Ini, Semuanya Rakitan Gresik (244689)
searchPerbesar
KTM Adventure Foto: dok. Istimewa
Dari ketiga model tersebut, ada satu tipe yang baru dibocorkan oleh Kristianto. Ia memastikan jika KTM 250 Adventure masuk dalam strategi peluncuran semester 2 nanti.
"Iya itu (KTM 250 Adventure). Yang lainnya nanti ya, jadi tidak kejutan kalau saya sebutkan lagi," katanya.
ADVERTISEMENT

Prediksi 2 motor baru KTM rakitan Gresik

KTM Akan Luncurkan 3 Motor Baru Tahun Ini, Semuanya Rakitan Gresik (244690)
searchPerbesar
New KTM 200 Duke. foto: Cycleworld
Prediksinya KTM di bawah naungan PT PLJM akan meluncurkan new KTM 200 Duke. Motor sport berjenis naked ini memang sudah diluncurkan di beberapa negara.
Ada beberapa ubahan yang dilakukan pada motor ini. Pertama menggunakan lampu full LED, panelmeter LCD yang sudah mengusung backlit, dan sudah menggunakan suspensi berjenis upsidedown.
KTM Akan Luncurkan 3 Motor Baru Tahun Ini, Semuanya Rakitan Gresik (244691)
searchPerbesar
Motor yang diduga New KTM RC 200. Foto: dok. Istimewa
Lalu model yang kemungkinan juga akan diluncurkan adalah KTM 250 RC. Ya, motor sport full fairing ini memang cukup punya pamor di pasar Indonesia.
New KTM 250 RC mengalami ubahan besar di 2 sektor, pertama adalah menggunakan model dan desain fairing baru yang ternyata juga merevisi bentuk headlamp-nya.
Nah ubahan selanjutnya ada di posisi riding yang kini jauh lebih bersahabat ketimbang RC 250 model lawas. Ubahan ini agar pemilik RC 250 bisa lebih nyaman meskipun mengendarai sebuah motor sport full fairing.
ADVERTISEMENT

Kemungkinan lain

KTM Akan Luncurkan 3 Motor Baru Tahun Ini, Semuanya Rakitan Gresik (244692)
searchPerbesar
New KTM Duke. foto: Cycleworld
Jika kedua prediksi tersebut salah, bisa jadi juga KTM Indonesia akan meluncurkan new KTM Duke 250 atau new KTM 200 RC. Seperti diketahui perbedaannya hanya ada pada isi silinder dan beberapa fitur saja.
Sebagai informasi, KTM yang dipegang oleh PT PLJM sudah meluncurkan 1 model yang berstatus CKD yakni KTM 390 Adventure pada tahun lalu. Secara biaya bea masuk, motor ini jauh lebih murah sekitar 10 sampai 30 persen.