Otomotif
·
19 November 2020 8:31

Kunci Keyless Motor Honda Hilang, Ini Prosedur Penggantiannya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kunci Keyless Motor Honda Hilang, Ini Prosedur Penggantiannya (659952)
Sistem keyless pada all new Honda Scoopy. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Motor matik kebanyakan sekarang sudah menganut penguncian tanpa anak kunci yang disebut keyless. Seperti Honda yang menyebutnya sebagai Smart Key System.
ADVERTISEMENT
Sistem ini memungkinkan operasional motor lebih mudah, cepat, dan diklaim lebih aman. Fungsi kunci guna menghidupkan kelistrikan maupun mesin, digantikan dengan remote.
Kunci Keyless Motor Honda Hilang, Ini Prosedur Penggantiannya (659953)
Honda Smart key pada PCX Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Nah remote ini harus didekatkan ke motor. Di dalamnya ada semacam pemancar sinyal, yang kemudian diterima Smart Control Unit pada motor. Apabila sinyalnya cocok, motor bisa dihidupkan.
Khusus motor Honda tinggal putar tuas yang tersedia di motor. Selanjutnya bisa untuk membuka jok, tutup tangki bensin, juga menghidupkan mesin.
Tapi apa jadinya jika remote-nya hilang? Tentu pemilik motor tak bisa menghidupkan kuda besinya.
Kunci Keyless Motor Honda Hilang, Ini Prosedur Penggantiannya (659954)
All new Honda Vario 150 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Penanganan kunci keyless motor Honda yang hilang

Technical Training Analyst PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, remote bisa diselamatkan dengan menduplikasi remote baru.
ADVERTISEMENT
"Itu bisanya di AHASS. kalau masih ada yang cadangannya, masih bisa untuk mendaftarkan remote baru," ujar Endro kepada kumparan, Rabu (18/11).
Remote cadangan nantinya digunakan sebagai pendukung instalasi yang baru. ID tag registrasi berupa barcode atau pin pada remote cadangan akan diblokir, kemudian diganti dengan yang baru.
Kunci Keyless Motor Honda Hilang, Ini Prosedur Penggantiannya (659955)
Ilustrasi keyless pada sepeda motor. Foto: Istimewa
Selanjutnya remote cadangan dan yang terbaru didaftarkan ulang, menggunakan ID registrasi baru. "Cara mendaftarkan remote baru harus di-setting ke motor langsung. Proses penggantiannya enggak lama paling setengah jam," imbuh Endro.
Cara ini dilakukan supaya remote lama tidak bisa dicocokkan lagi ke motor, sehingga lebih aman, tidak sembarang orang bisa menggondol motor.
Kunci Keyless Motor Honda Hilang, Ini Prosedur Penggantiannya (659956)
Kunci Keyless di Honda AV150 Foto: Dok. Honda Motor Amerika
Tapi beda cerita ketika semua kunci (termasuk cadangan dan ID tag) yang diberikan saat awal pembelian hilang. Khusus ini penggantiannya lebih kompleks.
ADVERTISEMENT
"Itu adalah kondisi terburuk. Harus ganti SCU yang satu set dengan remote, ECM (Engine Control Module) juga harus ganti," katanya.
Langkah ini sekali lagi supaya lebih aman. Dengan mengganti sepaket sistem penguncian, potensi pencurian motor menggunakan remote lama bisa dihindari. Oh iya mengenai harga, siapkan dana sekitar Rp 5 juta untuk mengganti SCU, remote, beserta ECM yang baru.