Otomotif
·
30 November 2020 15:31

Kupas Tuntas MG HS, SUV Baru Blasteran Inggris - China

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kupas Tuntas MG HS, SUV Baru Blasteran Inggris - China (420067)
Tampilan depan MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
MG HS yang mengaspal Agustus 2020 lalu, siap meramaikan pertarungan medium SUV yang sudah ditempati pemain Jepang dan Korea Selatan, seperti Honda CR-V dan Hyundai Tucson.
ADVERTISEMENT
Berdarah Inggris-China, MG HS dibekali banyak amunisi. Mulai dari tampilan premium, interior mewah, ragam fitur berlimpah, kenyamanan khas mobil Eropa, hingga harga yang terjangkau.
Harga jualnya hanya Rp 369,8 juta untuk varian Excite dan Rp 429,8 juta untuk varian Ignite.
Nah lalu, apakah MG HS juga asyik ditunggangi untuk menemani mobilitas sehari-hari?

Desain eksterior yang unik dan mewah

Kupas Tuntas MG HS, SUV Baru Blasteran Inggris - China (420068)
Desain eksterior depan MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sedikit mengulas desain eksterior, tampilan luarnya MG HS terkesan mewah. Hanya saja, ada beberapa sisi tubuhnya, yang tampak serupa mobil lain.
Pada bagian depan misalnya, MG HS punya desain grille yang identik dengan bahasa desain Kodo milik Mazda, begitu juga pada lampu depannya.
Kupas Tuntas MG HS, SUV Baru Blasteran Inggris - China (420069)
Tampilan belakang MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Berbeda lagi pada sektor buritan yang kentara nuansa SUV BMW dan Mercedes-Benz. Ya meski begitu, secara keseluruhan eksterior MG HS cukup serasi dan menarik.
ADVERTISEMENT

Interior berkelas

Kupas Tuntas MG HS, SUV Baru Blasteran Inggris - China (420070)
Interior MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Kesan mewah juga terasa pada interior MG HS. Penggunaan warna kabin merah dan hitam, juga menambah kesan premium.
Belum lagi, banyaknya penggunaan bahan soft touch pada dasbor dan door trim, serta hadirnya ambient light dan penggunaan jok ala bucket seat, semakin membuat SUV ini terlihat berkelas.

Posisi duduk dan akomodasi yang memadai

Berikutnya yang tak kalah penting untuk diulas. Meskipun pada 2 jok depannya ala bucket seat, posisi duduknya terbilang nyaman.
Apalagi ditunjang dengan pengaturan kursi secara elektrik. Pada jok pengemudi, posisi duduknya bisa diatur maju mundur, naik turun, hingga re-clining.
Kupas Tuntas MG HS, SUV Baru Blasteran Inggris - China (420071)
Posisi duduk driver MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Hanya saja, karena konsep jok ala bucket seat, membuat sandaran kepalanya menjadi tak bisa diatur ketinggiannya. Sehingga, buat Anda yang punya postur tubuh pendek atau terlalu tinggi, mungkin akan kurang nyaman.
ADVERTISEMENT
Lanjut ke baris kedua, posisi duduknya bahkan jauh lebih nyaman. Selain karena punya jok yang cukup empuk, pengaturannya yang bisa diatur maju mundur dan re-clining juga menambah kenyamanan.
Kupas Tuntas MG HS, SUV Baru Blasteran Inggris - China (420072)
Posisi duduk belakang MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Adanya panoramic sunroof yang lebar di bagian atas, juga tak dipungkiri semakin menimbulkan kesan lapang dari bagian dalam MG HS ini.
Lalu menyoal akomodasi, mobil ini juga terbilang cukup baik. Untuk urusan cup holder, tercatat ada 4 cup holder yang terbenam di bagian dalam, 2 di bagian konsol tengah, dan 2 lagi di hand rest jok baris kedua.
Sedangkan untuk kompartemen penyimpanan, tercatat MG HS ini memiliki 4 kompartemen penyimpanan tertutup dan 6 kompartemen penyimpanan terbuka.
Bagian bagasi mobil ini juga terbilang sangat besar. Bisa dikatakan, bagasi mobil ini dapat menampung 2 koper berukuran besar atau 4 koper medium. Ada juga kompartemen penyimpanan tambahan di balik lantai bagasinya, yang bahkan telah dilengkapi dengan sekat pembatas.
ADVERTISEMENT
Nah, bagi Anda yang butuh privasi dan keamanan terkait barang di bagasinya,tak perlu khawatir. Sebab, MG juga menyemati sekat penutup pada bagian bagasi mobil ini yang dapat dilipat dengan mudah.

Performa luar biasa

Kupas Tuntas MG HS, SUV Baru Blasteran Inggris - China (420073)
Tampilan depan MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Memiliki dimensi yang cukup besar, yakni panjang 4.574 mm, lebar 1.876 mm, dan tinggi 1.664 mm, tak membuat performa mobil ini menjadi loyo.
Dibekali mesin bensin 4 silinder DOHC berkapasitas 1.5 liter turbocharger dengan tenaga 160 dk dan torsi 250 Nm, mobil ini ternyata punya akselerasi yang cukup buas.
Kupas Tuntas MG HS, SUV Baru Blasteran Inggris - China (420074)
Tampilan tuas transmisi MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Penggunaan girboks otomatik 7 percepatan dengan kopling ganda, juga semakin mempermudah mobil ini berakselerasi. Terasa, saat mobil dicoba untuk berakselerasi secara tiba-tiba, tarikan mesin yang dihasilkannya begitu responsif. Perpindahan giginya pun terasa lebih mudah dan cepat.
ADVERTISEMENT
Apalagi saat modus berkendara Sport atau Sport Plus diaktifkan, tingkat responsifitas MG HS ini pun terasa semakin meningkat. Bahkan untuk mencapai 100 kilometer per jam, mobil ini pun terasa tak mengalami kesulitan.

Handling dan suspensi khas SUV Eropa

Kupas Tuntas MG HS, SUV Baru Blasteran Inggris - China (420075)
Tampilan belakang MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Tak hanya performanya saja yang menakjubkan, pengendalian dan bantingan suspensi mobil ini juga sangatlah baik, bahkan bisa dibilang jauh di atas ekspektasi saya.
Ya maklum saja, dengan harganya yang cukup terjangkau, serta identitas mereknya yang kini telah beralih ke China, sempat membuat saya mengira mobil ini memiliki rasa berkendara dan suspensi yang kurang begitu nyaman.
Namun, setelah mencoba mobil ini beberapa saat dan mengajaknya bermanuver, harus saya akui pengendalian dan bantingan suspensi mobil ini memiliki ciri khas layaknya SUV Eropa lainnya.
Kupas Tuntas MG HS, SUV Baru Blasteran Inggris - China (420076)
Tampilan depan MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Pengendalian yang stabil dan tak mudah limbung, meskipun di kecepatan tinggi, serta bantingan suspensinya yang sangat nyaman dan empuk.
ADVERTISEMENT
Pada saat-saat tertentu, mobil ini memang terasa memiliki bantingan suspensi yang keras. Namun tingkat kekerasannya tak berlebihan, sehingga masih terasa nyaman.
Pun saat menemui jalan bergelombang dan tak rata, bantingan suspensinya terasa cukup lembut dan punya ayunan yang pas.

Kesimpulan

Kupas Tuntas MG HS, SUV Baru Blasteran Inggris - China (420077)
Desain interior dan stir MG HS. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Dengan berbagai ulasan di atas, MG nampaknya cukup sukses dalam memadukan kenyamanan dan kemewahan khas SUV Eropa dengan harga terjangkau khas SUV China.
Lantas, akankah perpaduan itu nantinya mampu membuat MG HS ini mendominasi segmen medium SUV dan menyingkirkan para pemain lama? Menarik untuk ditunggu kiprahnya.