Otomotif
·
1 November 2019 15:57

Kymco RevoNEX, Motor Listrik yang Mampu Melesat 250 Km/jam

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kymco RevoNEX, Motor Listrik yang Mampu Melesat 250 Km/jam (51311)
Tampilan depan Kymco SuperNEX Foto: dok. Istimewa
Kymco menjadi perhatian jelang gelaran EICMA Milan 2019 pada 5 November 2019. Pabrikan otomotif asal Taiwan ini mengumbar salah satu cuplikan produknya anyarnya. Bukan bermesin konvensional melainkan mesin berbasis listrik yang dinamai RevoNEX. Motor ini sekaligus menjadi produk kendaraan listrik Kymco yang kedua.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya di gelaran EICMA 2018 lalu, Kymco juga pernah memperkenalkan kendaraan listriknya yakni SuperNEX yang diklaim mampu melesat hingga 250 km/jam. Sebagai informasi, kendaraan listrik Kymco selalu diakhiri dengan kata ‘Nex’ yang mengambil istilah dari sistem baterai kendaraan Kymco yaitu ionex.
Kymco RevoNEX, Motor Listrik yang Mampu Melesat 250 Km/jam (51312)
Teaser Kymco RevoNEX yang meluncur di ECIMA 2019. Foto: dok. Istimewa
Sayangnya belum ada informasi detail mengenai RevoNEX yang akan mendebut di EICMA 2019 nanti. Namun, dari gambar yang diunggah oleh Kymco di laman resmi miliknya menampilkan sekilas bentuk dan desain belakang motor yang mengarah pada motor naked sport.
Kesan itu muncul dari bentuk tangki yang punya dimensi besar dengan buritan tajam di beberapa sisi, serta posisi setang yang tinggi dan lampu belakang yang futuristik.
Bicara bentuk lampu belakangnya, sekilas Kymco RevoNEX punya kemiripan dengan Ducati Diavel, dimana punya dua lampu setop yang terpisah dengan menihilkan spakbor belakang konvesional. Nah, sebagai gantinya di motor ini menggunakan mudguard dekat ban lengkap dengan lampu penanda sein.
Kymco RevoNEX, Motor Listrik yang Mampu Melesat 250 Km/jam (51313)
Tampilan samping Kymco SuperNEX Foto: dok. Istimewa
Entah apa alasan Kymco meluncurkan varian naked bike sport di EICMA 2019. Jika melihat peluncuran SuperNEX sebelumnya, Kymco memang punya fokus menghadirkan produk berbasis listrik dengan gaya motor full fairing. Bisa jadi, ini sebagai strategi pabrikan untuk melengkapi line up mereka khususnya di segmen motor listrik.
Kymco RevoNEX, Motor Listrik yang Mampu Melesat 250 Km/jam (51314)
Tampilan panel instrumen Kymco SuperNEX Foto: dok. Istimewa
Sementara bicara fitur, kabarnya motor ini akan menggunakan teknologi yang sama dengan SuperNex. Hanya saja sebagai produk anyar, RevoNEX akan dibekali beberapa fitur baru guna menunjang keasyikan dan aspek keselamatan. Melihat dari produk sebelumnya, Kymco punya panel instrumen yang dinamai Full Engagement Performance (FEP).
ADVERTISEMENT
Perangkat ini punya fungsi untuk memaksimalkan suplai tenaga ke bagian roda penggerak belakang. Jika membandingkan dengan motor konvensional, motor berbasis listrik terkenal dengan performa torsinya yang gahar. Dari penyematan FEP ini, Kymco mengklaim performanya akan bisa lebih baik.
Performa
Meski masih dirahasiakan oleh pihak Kymco, rasanya tak salah jika menilik dari performa kakaknya, SuperNex. Motor yang bakal dirilis di EICMA nanti juga dikabarkan sebagai varian SuperNex versi telanjang.
Dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 2,9 detik. Sementara untuk posisi 0-250 km/jam bisa diraih dalam waktu 10,9 detik. Untuk transmisi perpindahan giginya masih sama dengan motor konvensional yakni dengan 6-percepatan.
Perbedaan motor listrik dan konvensional salah satunya ada di suara mesin. Seperti yang diketahui kendaraan motor listrik punya suara yang senyap bahkan bisa dibilang tanpa suara. Karena berlabel moge, Kymco tak kehabisan akal, pabrikan menghadirkan fitur Active Acoustic Motor yang nantinya membuat pemilik bisa mengatur suara yang dihasilkan.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Kymco RevoNex diprediksi akan diproduksi masal pada 2021. Meskipun faktanya SuperNex yang diperkenalkan sebagai motor konsep pada 2018 lalu pun hingga sekarang belum dijual resmi oleh Kymco. Bagaimana, Anda tertarik? Kita tunggu saja informasinya di ajang EICMA 2019 nanti.