Lama Tak Ada Kabar, Tata Motors Siapkan Mobil Niaga Baru

15 September 2022 9:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Wujud mobil niaga Tata Intra yang dijual di India. Foto: Tata Motors
zoom-in-whitePerbesar
Wujud mobil niaga Tata Intra yang dijual di India. Foto: Tata Motors
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kiprah Tata Motors di Indonesia cukup berwarna sejak pertama kali beroperasi tahun 2012 silam, dari yang awalnya menjual mobil penumpang hingga akhirnya memutuskan untuk menjual kendaraan niaga saja.
ADVERTISEMENT
Lama tak terdengar, jenama asal India itu sepertinya tengah mempersiapkan produk barunya, tentu saja berupa kendaraan niaga yang diproyeksikan akan bersaing dengan pemain lainnya seperti Gran Max, Carry, dan Super Cub.
Ini terlihat melalui akun Instagram resminya (@tatamotors.id), laman tersebut setidaknya sudah membagikan beberapa teaser yang sedikit memperlihatkan bagian eksterior dan interiornya.
Bila diamati beberapa detailnya, mobil niaga jenis pikap tersebut kemungkinan merupakan Tata Intra. Di pasar India sendiri, Tata Intra tersedia dalam dua varian yakni V30 dan V10.
Belum jelas, varian apakah yang nantinya akan dipasarkan di tanah air. Tetapi, jika mengacu pada laman resmi Tata India, Intra V30 dan V10 dibedakan dari dimensi dan mesin yang dikemas.
Keduanya sama-sama dibekali mesin diesel, bedanya Intra V30 memiliki kubikasi lebih besar yakni 1.496 cc 4-silinder dengan tenaga 69,7 dk dan torsi 140 Nm, sedangkan V10 memiliki mesin diesel 798 cc 2-silinder dengan tenaga 29,5 dk dan torsi 110 Nm.
ADVERTISEMENT
Pun menyoal dimensi, V30 sedikit lebih besar dengan panjang 4.460 mm dan lebar 1.607 mm. Lalu, untuk V10 memiliki panjang 4.282 mm dan lebar 1.603 mm, termasuk lebar bak. Masing-masing bak dapat menampung beban maksimal hingga 1,3 ton untuk V30 dan 1 ton untuk V10.
Tampilan interior mobil niaga Tata Intra yang dijual di India. Foto: Tata Motors
Meski statusnya kendaraan niaga, tetapi soal fitur layak diapresiasi. Sebab, keduanya memiliki fitur penyejuk kabin yang memiliki pengaturan yang terbilang lengkap untuk kelasnya. Ada juga head unit single din untuk sarana hiburan.
Kelengkapan lainnya, Tata Intra bahkan sudah dilengkapi dengan panel meter digital, modus eco, pengaturan ketinggian sorot lampu depan, hingga exhaust brake. Sisanya, perbedaan lebih banyak pada aspek kosmetika seperti aksen biru di interior dan aksen krom di eksterior.
ADVERTISEMENT
Menyoal harga, Tata Intra V30 mulai dari 7,30 Lakh atau setara Rp 136,6 juta dan mulai dari 6,55 Lakh atau Rp 122,6 juta untuk kurs Rupee saat ini.
***