kumparan
search-gray
Otomotif31 Juli 2020 14:01

Lamborghini Essenza SCV12, Hypercar Buas Seharga Rp 51,6 Miliar

Konten Redaksi kumparan
Lamborghini Essenza SCV12, Hypercar Buas Seharga Rp 51,6 Miliar (363111)
Lamborghini Essenza SCV12 Foto: dok. Autocar
Lamborghini baru saja resmi meluncurkan Essenza SCV12, hypercar anyar yang penggunaannya khusus di lintasan balap. Pabrikan yang bermarkas di Sant'Agata Bolognese, Italia ini hanya memproduksinya terbatas 40 unit.
ADVERTISEMENT
Lamborghini Essenza SCV12 dalam keterangan pada laman resminya diklaim sebagai hypercar berkonfigurasi mesin V12 naturally aspirated paling bertenaga saat ini. Urusan aerodinamika tak perlu diragukan lagi, karena sudah lolos uji Squadra Corse, departemen khusus menangani motorsport Lamborghini.
Lamborghini Essenza SCV12, Hypercar Buas Seharga Rp 51,6 Miliar (363112)
Lamborghini Essenza SCV12 Foto: dok. Autocar
Essenze SCV12 mengemas mesin berkapasitas 6.500 cc yang menjanjikan tenaga 820 dk. Daya maksimumnya itu dikawinkan pada transmisi sequential 6-percepatan.
Lebih lanjut spesifikasi teknisnya merepresentasikan mobil balap sesungguhnya. Keseluruhan bodi dibangun atas karbon fiber monokok, pushrod suspension, dan dipasangkan perangkat bodi aerodinamis untuk mendukung gaya tekan ke bawah.
Lamborghini Essenza SCV12, Hypercar Buas Seharga Rp 51,6 Miliar (363113)
Lamborghini Essenza SCV12 Foto: dok. Autocar
Urusan pengereman pun sudah dipasang komponen besutan Brembo, yang disematkan pada masing-masing velg berukuran 19 inci untuk depan dan 20 inci pada bagian belakang.
Jika melihatnya dari depan, desainer sengaja memasang dua air intake besar supaya asupan udara ke mesin terjaga. Ditambah air dam juga air splitter agar udara yang masuk ke mesin makin banyak sebagai pendinginan.
ADVERTISEMENT
Secara total dari spesifikasinya itu hypercar Essenza SCV12 punya bobot 1.378 kg.
Lamborghini Essenza SCV12, Hypercar Buas Seharga Rp 51,6 Miliar (363114)
Tampak belakang Lamborghini Essenza SCV12. Foto: dok. Autocar

Harga Lamborghini Essenza SCV12

Oke lanjut ke harga, hypercar berpenggerak roda belakang ini dipasarkan dengan harga 2,7 juta poundsterling, atau senilai Rp 51,6 miliar (nilai kurs per 30 Juli 2020)
Saking eksklusifnya, pabrikan pun sudah menyiapkan garasi khusus pada mobil barunya itu yang terletak di markas Lamborghini, sehingga setiap pembelinya tidak diperkenankan untuk membawanya pulang ke rumah. Maklum, secara spesifikasi ilegal bila dikemudikan di jalan umum. Lihat saja tidak ada lampu penerangan yang proper pada Essenza SCV12.
Lamborghini Essenza SCV12, Hypercar Buas Seharga Rp 51,6 Miliar (363115)
Lamborghini Essenza SCV12. Foto: dok. Autocar
Namun bukan berarti mobil ditinggalkan begitu saja di garasi khusus tersebut. Lamborghini menyiapkan keamanan personal ditambah kamera pengintai yang dapat diakses 24 jam, jadi si pemilik mobil bisa memantaunya setiap saat.
ADVERTISEMENT

Logo Pertamina Fastron pada Lamborghini Essenza SCV12

Hal menarik lainnya ada pada decal yang melampirkan sponsor pada bodi Lamborghini Essenza SCV12. Selain decal bertuliskan Roger Dubuis maupun Pirelli, pada bagian samping terdapat decal Pertamina Fastron.
Lamborghini Essenza SCV12, Hypercar Buas Seharga Rp 51,6 Miliar (363116)
Lamborghini Essenza SCV12 dengan decal Pertamina Fastron. Foto: dok. Autocar
Ya, merek dagang dari perusahaan pelat merah Indonesia itu rupanya sudah menjalin kerja sama sejak 2015. Pertamina merupakan official technical partner Lamborghini, yang dipercaya memasok kebutuhan pelumas (Pertamina Fastron) untuk kegiatan perusahaan bermerek banteng tersebut.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white