kumparan
search-gray
Otomotif29 Januari 2020 15:44

Langkah Antisipasi, Mitsubishi Fuso Akan Siapkan Layanan Khusus B30

Konten Redaksi kumparan
Mitsubishi FUSO luncurkan Colt Disel.
Mitsubishi FUSO luncurkan Colt Disel. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Kebijakan penggunaan bahan bakar B30, resmi diterapkan awal 2020. Pabrikan otomotif mulai bersiap mengawal implementasinya termasuk Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi Fuso di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pemerintah bersama dengan beberapa pabrikan otomotif, sudah melakukan tahap road test sejauh 40.000 kilometer untuk kendaraan niaga, dan 50.000 kilometer untuk mobil penumpang.
"Kami mendukung kebijakan tersebut, dan kami juga sudah membuat produk yang sesuai dengan bahan bakar B30 tersebut," ucap Head of PR & CSR PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Dony Hermawan, Selasa (28/1).
Mitsubishi FUSO luncurkan Colt Disel.
Mitsubishi FUSO luncurkan Colt Disel. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Meski mengaku sudah tak ada kendala, khususnya ketika masa pengetesan, Dony mengungkapkan, Fuso masih terus melakukan pengawalan terkait implementasinya di lapangan, dengan menyediakan pelayanan khusus B30.
"B30 perlu perhatian khusus yang nanti teknisnya akan kita siapkan itu. Termasuk penyebaran ke diler-diler seluruh Indonesia," ucapnya.
Intinya kata Dony, apa pun yang menyangkut soal B30 itu juga akan berhubungan dengan sales. Karena itu pihaknya akan memberi informasi ke diler terkait B30.
otomotif, GIIAS 2019, Fuso, komersial,
Fuso di GIIAS 2019 mengandalkan deretan produknya termasuk Fighter. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
"Sehingga sales di diler mereka tahu lebih dahulu dan sebagai antisipasi --bila ada kendala," tutur Dony.
ADVERTISEMENT

Penyesuaian produk eksisting

Deputy Group Head of Branding Group KTB Sudaryanto mengungkapkan, produk eksisting yang masih perlu melakukan penyesuaian pada model medium duty truck (MDT) mereka Fuso.
Sementara untuk model MDT lain seperti Fighter dan Colt Diesel yang ada di kelas light duty truck (LDT), sudah siap menenggak bahan bakar B30.
"Jadi kalau konsumen khawatir ada apa-apa, kami sudah siap membantu bila ada sesuatu. Prinsipnya, semua produk kami siap untuk menjalankan aturan B30," tuturnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white