Otomotif
·
6 Maret 2018 13:15

Langkanya RX King di Pasar Motor Bekas Lokal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Langkanya RX King di Pasar Motor Bekas Lokal (87965)
Yamaha RX 100 (Foto: dok. wikimedia)
Siapa yang tidak kenal dengan Yamaha RX King? Motor yang satu ini adalah raja jalanan di eranya. Tidak heran kalau motor 2-tak dengan bunyinya yang khas itu hingga kini masih menjadi sorotan di pasar motor bekas.
ADVERTISEMENT
Sebagaimana diketahui, Yamaha sudah menyuntik mati RX King sejak tahun 2009 silam, namun namanya yang keburu melegenda membuat motor ini masih diburu orang. Sehingga pasar motor bekas-lah yang menjadi satu-satunya jalan untuk mendapatkan motor impian ini.
“Peminat RX King ini cukup banyak, tapi sayangnya unit-unitnya itu terbatas. Jadi baru ada barang masuk langsung kejual. Seperti itu lah jadi untung-untungan saja (untuk bisa dapat RX King),” tutur Aji, pemilik showroom motor bekas Aji Motor Pamulang kepada kumparanOTO, Selasa, (6/3).
Berdasarkan keterangan Aji, dirinya tidak pernah menyetok unit RX King di showroom miliknya. Biasanya, unit-unit RX King yang masuk ada di showroom-nya hanya bertahan dalam hitung hari.
“Tempo hari ada masuk dua unit lansiran tahun 2003 dan 2004, dan tidak lama bertahannya hanya beberapa hari langsung kejual,” ujarnya lebih lanjut.
ADVERTISEMENT
Menariknya, di showroom milik Aji tidak ada acuan tahun yang dijadikan patokan para konsumennya untuk memiliki motor legendaris ini. Malah, Aji mengatakan kerap kali konsumennya masih mencari RX King generasi pertama alias lansiran tahun 1983.
“Untuk tahun sih jarang jadi pertimbangan, orang barangnya juga langka. Mau enggak mau kan paling yang ada aja. Pernah ada yang cari tahun 1983. Kalau untuk dirata-ratakan barang yang masuk itu banyaknya tahun 2000 sampai 2005-an,” kata Aji.
Aji juga menerangkan, mayoritas dari konsumennya yang mencari RX King bukanlah orang-orang yang ingin menggunakannya sebagai alat transportasi harian, melainkan lebih banyak yang membeli hanya untuk alasan koleksi.
Harga
Mengenai harga, Aji tidak bisa mematok secara pasti banderol untuk RX King yang dijual di showroom-nya. Menurutnya, motor RX King sangat berbeda dengan motor-motor lainnya. Harus benar-benar diperhatikan secara merinci komponen-komponennya.
ADVERTISEMENT
“Untuk yang dua unit kejual beberapa waktu lalu itu yang tahun 2003 saya jual Rp 10 juta, dan yang 2004 saya jual 12 juta. Kalau di sini (Aji Motor Pamulang) saya hanya jual RX King yang seluruh komponennya masih orisinil. Saya tidak menjual yang udah diganti-ganti,” jelasnya.
Aji juga menambahkan tidak selamanya RX King lansiran jadul memiliki kualitas yang buruk dan tidak selamanya juga motor dengan tahun 'muda' menjamin kualitas yang masih oke. Harga yang disematkan tergantung pada kondisi dari motor itu sendiri.
Tips
Adapun, Aji memberikan beberapa tips untuk kamu yang berkeinginan untuk mencari membeli motor bekas secara umum. Hal ini perlu dilakukan untuk meghindari timbulnya penyesalan setelah membeli. Berikut beberapa hal yang disarankan:
ADVERTISEMENT
1. Cek keaslian semua komponen motor mulai dari mesin, suku cadang, tangki, sampai bagian kolong tangki. Bagian kolong tangki bisa kita tandai apabila pernah bocor dengan menemukan bekas las di bagian tersebut.
2. Cek baut-baut yang pada motor. Setelah keorisinilan mesin dan suku cadangnya, baut-baut juga bisa dijadikan salah satu acuan. Baut yang asli pabrikan bisa dilihat berdasarkan warnanya. Kalau asli warnanya akan cenderung lebih gelap, dan jika palsu kebanyakan baut-baut ini memiliki warna gold atau silver dengan kondisi warna yang sedikit lebih terang.
3. Cek kelengkapan surat STNK dan BPKB.
4. Cek keaslian nomor yang pada sasis. Nomor yang ada pada sasis harus sesuai dengan yang tercantum di dalam surat-surat.
ADVERTISEMENT
5. Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa mengajak orang yang lebih paham atau mekanik untuk mengecek seluruh bagian kendaraan.