Otomotif
·
4 Desember 2020 17:04

Lebih Murah, Yamaha Fino Bekas Lebih Laku Ketimbang Honda Scoopy

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Lebih Murah, Yamaha Fino Bekas Lebih Laku Ketimbang Honda Scoopy (64741)
Honda Scoopy di pasar motor bekas. Foto: Dok. Istimewa
Motor matik bergaya retro masih jadi pilihan konsumen di Indonesia. Umumnya mereka membeli motor tipe ini untuk mengincar tampilan dan kepraktisan dalam berkendara sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Namun kini harga baru yang ditawarkan pabrikan terus terkerek. Misalnya saja untuk Yamaha, mereka punya Fino yang dijual di angka Rp 18,735 sampai Rp 19,875 juta.
Bahkan kompetitor terdekatnya, Honda Scoopy dijual lebih mahal lagi yakni di Rp 19,950 hingga Rp 20,750 juta. Nah bagi Anda yang memiliki rencana membeli kedua motor tersebut, tapi uang belum cukup untuk membeli yang baru tak ada salahnya untuk melirik unit yang bekas.
Lebih Murah, Yamaha Fino Bekas Lebih Laku Ketimbang Honda Scoopy (64742)
Yamaha Fino di pasar motor bekas. Foto: Dok. Istimewa
Salah satu penjual motor bekas di bilangan Jakarta, Antara motor mengatakan, Yamaha Fino dan Honda Scoopy bekas ternyata laris manis diburu konsumen. Bahkan beberapa hari terakhir stok unit keduanya ludes terjual.
"Saya punya semua unitnya tapi sudah pada habis itu. Jadi, sekarang lagi kosong memang cepat laku," kata Kepala Marketing Antara Motor, Dwi Aryanto kepada kumparan belum lama ini.
ADVERTISEMENT
Faktor utama motor ini cepat dilirik konsumen karena tampilan dan tentunya harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan harga baru. Ary mengatakan, jika membandingkan keduanya Yamaha Fino memang lebih cepat laku ketimbang Scoopy.
"Yamaha Fino biasanya cepat laku, karena memang harganya jauh murahan Fino. Apalagi untuk mesinnya dia memang 125 cc," lanjut Ary.
Lebih Murah, Yamaha Fino Bekas Lebih Laku Ketimbang Honda Scoopy (64743)
Yamaha Fino di pasar motor bekas. Foto: Dok. Istimewa
Ary melanjutkan, meski Scoopy hanya menggendong mesin 110 cc motor ini juga tetap jadi lirikan konsumen utamanya di sektor fitur dan tampilan.
"Sebenarnya secara harga baru itu mirip-mirip sih, tapi saya kurang tahu alasan pasti kenapa harga Fino lebih murah. Yang pasti kita ikuti harga pasar," ungkapnya.

Harga Yamaha Fino lebih murah Rp 6 juta

Lebih Murah, Yamaha Fino Bekas Lebih Laku Ketimbang Honda Scoopy (64744)
New Yamaha Fino Grande Foto: Gesit Prayogi/Kumparan.com
Sebagai gambaran buat Anda, khusus harga di Antara Motor Yamaha Fino dijual lebih kompetitif, selisihnya bahkan bisa sampai Rp 6 juta.
ADVERTISEMENT
"Yamaha Fino tipe Premium tahun 2018 kita jual 10 juta, 2019 Rp 10,8 juta, dan tahun 2020 Rp 11,750 juta," ungkapnya.
Lebih Murah, Yamaha Fino Bekas Lebih Laku Ketimbang Honda Scoopy (64745)
New Honda Scoopy. Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Sementara untuk Honda Scoopy rakitan 2018 dijual Rp 16 juta, unit 2019 dilego Rp 17 juta, dan tahun yang lebih muda yakni 2020 ditawarkan Rp 18 juta.

Spesifikasi keduanya

Nah, kita sekarang bahas spesifikasi masing-masing motor tersebut. Di awali dari Yamaha Fino. Secara dapur pacu dia bekali mesin 9,3 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi puncak di 9,6 Nm di 5.500 rpm.
Adapun untuk fitur, skutik ini dibekali Advance Key, Side Stand Switch, Eco Indicator, Smart Lock, dan sudah mengusung teknologi Blue Core.
Sementara Honda Scoopy dipersenjatai mesin 110 cc dengan tenaga maksimal 8,8 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 9,3 Nm di 5.500 rpm.
ADVERTISEMENT
Secara fitur dia sudah dibenamkan lampu LED, Combi Brake System, USB Power Charger, Side Stand Swith, teknologi eSP, dan untuk versi termahal sudah dilengkapi dengan Keyless.