kumparan
search-gray
Otomotif19 April 2018 9:50

LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018

Konten Redaksi kumparan
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686680)
Live Feed IIMS 2018 (Foto: Muhammad Faisal Nu'man/kumparan)
Indonesia International Motor Show (IIMS) kembali digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Digelar selama 11 (19-29 April) hajatan tahun ini akan diramaikan oleh berbagai merek baik roda dua dan roda empat. Tak ketinggalan beragam industri pendukung hingga gaya hidup seputar dunia otomotif ikut ambil bagian.
ADVERTISEMENT
Edisi tahun ini, IIMS didukung tak kurang dari 18 Agen Pemegang Merek (APM) roda empat, mulai dari brand Jepang, China hingga Eropa. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sejumlah merek sepeda motor juga ikut ambil bagian, yakni Aprilia, Astra Honda Motor, BMW Motorrad, Benelli, Gas Gas, Harley-Davidson, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Motoguzzi, Piaggio-Vespa, Roya Enfield, Suzuki, dan Triumph.
Selain itu partisipasi tiga Importir Umum (IU) juga siap membuat pameran IIMS 2018 menarik dengan menghadrikan Bugatti Veyron, Lamborghini 729 Desfort Roadster Anniversario, McLaren 570s Spider, Aston Martin DB11, Tesla Model S.
Berikut update mobil dan motor baru yang meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018:
Mercedes-Benz Distribution Indonesia (Pukul 16.02 WIB)
ADVERTISEMENT
Dalam gelaran IIMS 2018 kali ini, pabrikan asal Jerman Mercedes-Benz menghadirkan E 350 e sebagai produk EQ Power-- sebuah prekursor bagi kendaraan serba elektrik di masa depan. Memanfaatkan ajang ini juga, Mercedes Benz memperkenalkan merek EQ untuk pasar Indonesia.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686681)
Mercedes-Benz E 350 e (Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO)
Mercedes-Benz E 350 e sendiri merupakan kendaraan plug in hybrid yang mengombinasikan mesin 4 silinder 2.000 cc Turbo dengan satu motor listrik.
"Dari Mercy sendiri, kami bari memperkenalkan brand EQ ini, karena ini plug in hybrid kami tunggu regulasi dari oemerintah seperti apa. Jadi kalau nanti regulasi sudah keluar kami tinggal sesuaikan dengan yang akan kami jual," papar Dennis Kadaruskan, Public Relations Department Manager, Kamis (19/4).
Wuling Motors Indonesia (15:34 WIB)
ADVERTISEMENT
Terjawab sudah apa yang ada di balik selubung di panggung Wuling dalam gelaran IIMS 2018. Secara resmi mereka memperkenalkan Wuling Cortez dengan mesin 1,5 liter.
"Usaha kami terus berlanjut, dengan membawa produk baru dengan paltform medium mpv" sebut Nathan Sun, Direktur Penjualan Wuling Motors Indonesia.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686682)
Wuling Cortez 1,5 liter (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
"Kami melihat masih adanya kebutuhan pelanggan yang belum terjawab. Oleh sebab itu hari ini kami hadirkan Wuling Cortez 1,5 liter," Nathan menambahkan.
Soal harga, Wuling Cortez 1,5 liter sendiri dijual dengan harga mulai dari Rp 193,8 juta.
Prestige (Pukul 15.20 WIB)
Prestige Motorcars--importir mobil premium kali ini memboyong satu unit Lamborghini Aventador S Roadster.
Bermodalkan mesin V12 6.5L, di atas kertas mobil asal Italia ini dapat memintahkan tenaga sebesar 740 daya kuda (dk) dan torsi 690 Nm dalam putaran 5.500 rpm. Dijanjikan, Mobil berkelir kuning ini dapat berakselerasi dari diam hingga 100km/jam dalam waktu 3 detik saja.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686683)
Lamborghini Aventador S Roadster (Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO)
"Kami sangat senang mendapat kesempatan untuk meluncurkan 1 unit Lamborghini tipe terbaru pertama dan satu-satunya di Indonesia yaitu Aventador S Roadster," papar Rudy Salim selaku CEO Prestige Motorcars.
ADVERTISEMENT
General Motors Indonesia (Pukul 15.05 WIB)
Chevrolet membuka selubung produk spesial dalam merayakan 100 tahun pick up trucks mereka di Asia Tenggara dengan memperkenalkan Chevrolet Colorado Centennial Edition 2018.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686684)
Chevrolet Colorado Centennial Edition 2018 (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
Mobil 4x4 kabin ganda ini dijual terbatas, hanya tersedia 25 unit di Indonesia dari total 300 unit di seluruh Asia Tenggara.
"Kami merayakan pencapaian ini (100 tahun pick up chevrolet di Asia Tenggara) dengan mempersembahkan pick-up truck ikonik terbaru, Chevrolet Colorado Centennial 2018, yang juga merupakan wujud persembahan kami pada merek dan pelanggan setia Chevrolet," sebut Sumito Ishii.
Suzuki Indomobil Sales (Pukul 14.35)
PT Suzuki Indomobil Sales meluncurkan all new Ertiga.
“Tahun ini kami merayakan hubungan bilateral 60 tahun kerjasama Jepang dan Indonesia, saya sangat bangga bisa menghadirkan all new Ertiga di tahun yang istimewa ini, model yang sangat praktis dan populer yang cocok untuk masyarakat Indonesia," papar Shuji Oishi, Managing Officer and Division General Manager Automobile Asia Division, Global Automobile Marketing Suzuki Motor Corporation.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686685)
All New Suzuki Ertiga (Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO)
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (Pukul 14.09 WIB)
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686686)
Pajero Sport Rockford Fostage Limited Edition (Foto: Gesit Prayogi/Kumparan)
PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan dua varian baru ; Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition dan New Triton Athlete.
ADVERTISEMENT
Pajero Sport Rockfors Fostage Limited Edition merupakan varian baru sekaligus edisi spesial yang diluncurkan dengan jumlah yang sangat terbatas. Adapun poin-poin penyegaran yang menajdi fokus tiga berlian ini adalah Rockford Fostage audio premium system, spare tire cover, front under garnish, rear under gatnish, muffler cutter, engine hood emblem, 18" alloy wheel special design, dan juga emblem spesial Rockford Fostage Limited Edition.
Varian teranyar ini sendiri merupakan model yang dikembangkan dari varian dakar 4x2.
Sedangkan untuk new Triton Athlete merupakan varian baru yang mendapatkan penyegaran utama di sektor kosmetik. Mitsubishi menyuguhkan model ini dengan beberapa fitur keamanan untuk memanjakan para konsumennya yang suka berpetualang. Seperti di antaranya, keyless operating system, push start stop button, dan leather seat magerial + power seat yang memadukan warna oranye dan hitam untuk mempercantik bagian interiornya.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686687)
New Triton Athlete (Foto: Gesit Prayogi/Kumparan)
New Triton Atlet hadir dalam dua pilihan transmisi yakni otomatis dan manual. Sayangnya, Mitsubishi jhanya menjanjikan satu warna saja untuk new Triton Athlete yakni white pearl.
ADVERTISEMENT
BMW Group Indonesia (Pukul 13.36 WIB)
BMW Group Indonesia memperkenalkan pavilion di IIMS 2018.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686688)
All New BMW X3 (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
Ada tiga hal penting yang mereka hadirkan dalam gelaran kali ini. Pertama line-up 16 mobil dari BMW Group Indonesia yang teridir dari 12 mobil BMW, mulai dari BMW 7-series yang elegan, X-series sebagai varian SUV dan BMW 3-Series yang lebih sporty.
Lalu BMW juga berpartisipasi dalam festival kendaran listrik dengan menghadirkan test drive unit untuk BMW i8 lengkap dengan infrastruktur berupa i Wallbox Plus yang ditenagai panel surya untuk menunjukkan niatnya sebagai pionir dalam menghadirkan kendaraan listrik di indonesia.
"Hadirnya BMW i8 dan ekosistem pendukung lengkap dengan panel surya yang dapat menyuplai listrik secara independen perlihatkan komitmen BMW Indonesia untuk mendukung kesiapan kendaraan listrik di Indonesia," sebut Jodie O'Tania, VP Corporate Communication BMW Group Indonesia.
ADVERTISEMENT
Terakhir, IIMS 2018 menjadi public unveling pertama mereka untuk produk all new BMW X3, yang menjadibkendaraan tangguh di segala medan.
Garuda Mataram Motor (Pukul 13.19 WIB)
PT Garuda Mataram Motor (GMM) merilis Volkswagen Polo VRS.
Mobil ini dibuat lebih sporty berkat penambahan body kit, black roof, alloy wheels, new front fog lights, dan lampu belakang yang direvisi. Volkswagen Polo VRS mengemas mesin 1,2 liter yang dilengkapi teknologi TSI yang menjanjikan 140 daya kuda (dk) dan torsi 230 Nm. Mesinnya sendiri dikawinkan dengan transmisi DSG (Dual-shift Gearbox) 7-percepatan.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686689)
Volkswagen Polo VRS (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
“Ini kami tambah varian baru lagi untuk line-up Volkswagen dengan menghadirkan Polo VRS. Dasarnya VW Polo standar kemudian kami ubah sesuai desain anak bangsa di salah satu diler kami di Pekayon. Selain body kit atau add on, mesin juga kami ubah sehingga lebih bertenaga. Untuk harga kami mebanderolnya Rp 308 juta,” ucap Jonas Chendana, Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor sebagai APM merek Volkswagen dan Audi di Indonesia.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686690)
Volkswagen Polo VRS (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Di sektor keselamatan, Volkswagen Polo VRS ini memiliki rem Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stabilisation Control, Anti Slip Regulation (ASR), dual airbags, dan sabuk pengaman tiga titik.
ADVERTISEMENT
Royal Enfield Indonesia (Pukul 13.00 WIB)
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686691)
Royald Enfield Himalayan (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
Royal Enfield Indonesia resmi melempar motor segala medan terbaru mereka, Himalayan. Royal Enfield Himalayan dibuat dengan desain ground-up dan mengusung mesin baru LS 410.
"Ini adalah motor Royal Enfield bagi saya yang paling nyaman dikendalikan di Indonesia," kata Ade Sulistioputro, Managing Director - PT Distributor Motor Indonesia.
"Motor ini dibuat sebagai satu-satunya motor yang Anda butuhkan untuk melalui segala medan dengan DNA melalui pegunungan Himalayan," tutur Irvino Edwardly, Country Manager RE Indonesia.
Adapun, Royal Enfield Himalayan dijual mulai dari harga Rp 93 juta OTR Jakarta.
Astra Honda Motor (Pukul 12.33 WIB)
Setelah HPM, PT Astra Honda Motor (AHM) juga tak mau ketinggalan untuk memamerkan produk barunya. Di JIExpo, pabrikan berlambang sayap mengepak membawa Honda Goldwing dan PCX Hybrid.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686692)
Honda Goldwing dan PCX Hybrid (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
ADVERTISEMENT
DFSK Sokonindo (Pukul 12.32 WIB)
DFSK Sokonindo menghadirkan Glory 580. SUV 7 penumpang ini sudah diproduksi secara lokal di pabrik yang berada di kawasan Cikande, Serang, Banten.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686693)
Glory 508 (Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO)
Mobil ini disediakan dengan dua pilihan mesin yakni 1.8L dan 1.5 Turbo, dan dua pilihan transmisi, yakni transmisi manual dan otomatis CVT.
Ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 220-350 juta, DFSK mempelopori sistem garansi yang anti mainstream dari biasanya yakni 7 tahun atau 150.000 km--sebagai perbandingan, pabrikan hanya menawarkan 3-5 tahun atau 100.000 km.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686694)
Glory 580 (Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO)
Ada 4 varian yang mereka tawarkan; Elite, Comfort, Luxury, dan Premium.
"Glory menjadi produk SUV setir kanan pertama DFSK yang kami kenalkan dan produksi di Indonesia. Pabrik kami yang berada di kawasan Cikande sudah disokong dengan sistem robotik untuk mendukung industri 4.0," papar Alexander Barus, CO-CEO PT.Sokonindo Automobile.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686695)
Glory 508 (Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO)
PT Honda Prospect Motor (Pukul 12.13 WIB)
ADVERTISEMENT
PT Honda Prospect Motor (HPM) menampilkan model konsep baru. Adalah Honda Small RS Concept yang punya dimensi menyerupai Honda Brio.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686696)
Honda Small RS Concept (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Hyundai Mobil Indonesia (Pukul 12:06 WIB)
PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) meluncurkan Santa Fe SE dan Tucson SE di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Duo sport Utility vehicle (SUV) ini diharapkan mampu terjual sebanyak 200 unit.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686697)
Hyundai Santa Fe (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
Varian yang diberi embel-embel ‘Special Edition’ (SE) ini memiliki pilihan warna khusus. Hadir dengan konsep bold and exicting, kedua mobil ini tampil lebih sporty. Pada Santa Fe menggunakan warna dual tone ditonjolkan pada bagian floating roof, kaca spion, spoiler belakang, skid plate depan dan belakang.
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686698)
Hyundai Tucson SE (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
Sedangkan pada Tucson FE, aksen warna berbeda ada pada skid plate depan dan samping serta cover kaca spion yang berwarna putih, floating roof dan spoiler belakang warna hitam.
ADVERTISEMENT
Pukul 09.43 WIB
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686699)
Presiden Joko Widodo meninjau IIMS 2018 (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Presiden Joko Widodo beserta Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan perwakilan dari Dyandra Promosindo melihat arena pameran IIMS 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
Menunggangi moge entry level di booth Honda motor
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686700)
Jokowi Jajal Honda CMX Rebel 500 (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
Melihat generasi kedua dari low multi purpose vehicle (LMPV) baru Suzuki
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686701)
Jokowi tengok all new Suzuki Ertiga (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
Di arena IIMS, Jokowi menyempatkan untuk mampir ke booth motor custom
ioyjdyn0nwkjkgmzpsfob50zdljpmbs8gjctlfynmkxsbilums602frwuvug
Pukul 09.00 WIB
LIVE FEED: Parade Mobil dan Motor Baru di IIMS 2018 (686702)
Presiden Joko Widodo membuka IIMS 2018 (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Presiden Joko Widodo hadir untuk membuka pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Ia memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pameran tahunan yang diselenggarapan Dyandra Promosindo.
Dalam sambutannya, Jokowi menyoroti soal era mobil listrik yang perlu dipersiapkan.
"Tema yang dipilih dalam IIMS komitmen untuk mendukung mobil listrik. Dari sini industri 4.0 sudah menjamah ke sektor otomotif juga," kata dia.
ADVERTISEMENT
Diterapkannya Industri 4.0 tentu akan berdampak pada banyaknya robot-robot yang akan menjadi andalan manufaktur.
Komponen otomotif dalam sebuah mobil listrik hanya per 10 dari mobil biasa yang saat ini kita pakai. Artinya ketika semua berubah ke mobil listrik, industri otomotif akan menciut 90 persen.
Kedua, mobil listrik punya mesin yang sederhana. Sehingga sektor industri pendukung seperti bengkel-bengkel perlu mempersiapkan diri.
Ketiga, mobil listrik juga akan mengubah cara jual-beli kendaraan. "Saya dapet info juga, kalau perusahaan mobil BMW sedang mengembangkan sebuah sistem dengan membayar abodemen bulanan. Jadi enggak usah beli mobil BMW, kalo abodemen itu bayar bisa pakai mobil BMW kapan aja dan di mana saja," katanya.
ADVERTISEMENT
Sehingga, dia percaya masuknya era Industri 4.0 akan melonjak untuk sektor otomotif dan memberikan dua dampak bertambah dan berkurang.
"Definisi yang namanya mobil pasti akan berkembang dan terus berkembang. Kayak sekarang ada mobil yang namanya otonomos yang bisa menyetir sendiri. Itu namanya transisi. PR kita untuk Industri otomotif ini kita harus cekatan dan lincah untuk mengikuti. Saya yakin dengan sumber daya yang kita punya kita bisa lebih maju walaupun ada prediksi-prediksi yang mengatakan bila dengan adanya industri 4.0 bisa membuat menciut industri otomotif, saya enggak percaya," katanya.
Data
Sementara itu, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartanto yang turut memberikan sambutan mengungkap produksi roda empat tahun 2017 mencapai 1,2 juta unit dengan capaian ekspor 231 ribu unit. Ekspor dalam bentuk komponen naik 13 kali di 2017 dengan 71 juta komponen.
ADVERTISEMENT
Ditargetkan, angka produksi mencapai 1,5 juta unit 2020 dan mendorong adanya kebijakan fiskal agar ekspor meningkat terutama untuk jenis sedan. Selain itu, dia pun berharap 25 persen kendaraan yang beredar di Indonesia pada tahun 2025 sudah berbasis listrik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white