Mau Belajar Nyetir, Enaknya Pakai Mobil Manual atau Matik?

15 Februari 2022 10:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Posisi mengemudi Toyota Corolla Cross. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Posisi mengemudi Toyota Corolla Cross. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Belajar nyetir bisa dibilang menjadi salah satu ilmu yang harus dimiliki saat ini. Mengingat mobil merupakan mobilitas utama di perkotaan.
ADVERTISEMENT
Biasanya, untuk belajar nyetir atau mengemudi disarankan di sekolah mengemudi terdekat. Sebab, akan didampingi langsung dengan instruktur mengemudi ketika turun langsung ke jalan raya.
Namun, yang menjadi pertanyaan ketika hendak belajar menyetir mobil, adalah lebih baik menggunakan mobil bertransmisi manual atau matik?

Sesuaikan dengan mobil yang mau dikendarai

Ilustrasi Mobil Manual. Foto: Shutter Stock
Menjawab pertanyaan tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, kalau ini bukan soal pakai transmisi apa melainkan transmisi mobil yang akan dipakai nantinya.
“Jadi belajar mobil ini bukan tergantung transmisi manual atau otomatik, tetapi harus sesuai dengan kendaraan apa yang nanti dia pakai, mobil besar atau mobil kecil,” jelasnya ketika dihubungi kumparan.
Lebih lanjut, Sony menjelaskan baik mobil dengan transmisi manual maupun matik, memiliki kesulitannya masing-masing. Sehingga tidak bisa berasumsi mana yang lebih baik dipelajari terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT

Belajar mobil manual otomatis paham mobil matik?

Ketika ditanya apakah belajar mobil manual otomatis langsung bisa mobil bertransmisi otomatik atau istilah lainnya merangkap, Sony menepis hal tersebut.
Ilutrasi transmisi mobil matik Foto: Istimewa
Salah satu hal yang disoroti oleh Sony, yakni beberapa kasus kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang langsung berpindah penggunaan transmisi.
Karena ketika menggunakan transmisi yang berbeda, pengemudi harus melakukan penyesuaian. Terlebih lagi pengemudi yang sudah terbiasa membawa mobil matik berpindah ke mobil manual.
“Jadi kembali lagi, kalau kita biasa bawa manual, kita butuh penyesuaian kalo bawa matik, sebaliknya juga sama. Jadi bukan soal mudah atau tidaknya tetapi bagaimana si pengemudi ini,” tutup Sony.
Kalau kamu dulu belajar nyetir mobil pakai matik atau manual?
ADVERTISEMENT