Otomotif
·
19 Juni 2020 12:53

Mau Jajal Honda Civic Type R Secara Virtual? Begini Caranya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mau Jajal Honda Civic Type R Secara Virtual? Begini Caranya  (446484)
Ilustrasi balap virtual Honda Racing Simulator Championship. Foto: HPM
Apa jadi jika kompetisi balap mobil diadakan secara virtual dengan simulator? Ini yang dilakukan PT Honda Prospect Motor dengan ajang Honda Racing Simulator Championship (HRSC), di tengah pandemi corona.
ADVERTISEMENT
Kejuaraan ini digelar menjadi 6 seri selama 4 Juli hingga 29 Agustus 2020. Sementara sirkuit yang digunakan secara virtual yaitu Sirkuit Suzuka, Jepang; Sepang, Malaysia; Silverstone, Inggris; Interlagos, Brasil; Zandvoort, Belanda; dan Estoril, Portugal.
Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, Yusak Billy, mengatakan kompetisi ini pertama kalinya diadakan oleh pabrikan otomotif di Indonesia. Tujuannya agar semua orang bisa merasakan ikut balapan, tidak hanya pebalap di lintasan sungguhan.
“Kejuaraan Honda Racing Simulator Championship sejalan dengan semangat ‘Everyone Can Race’ agar semakin banyak orang yang dapat menikmati ajang balap, bukan hanya di lintasan balap tetapi juga dari rumah masing-masing," kata Yusak Billy saat diskusi virtual, Kamis (18/6).
Mau Jajal Honda Civic Type R Secara Virtual? Begini Caranya  (446485)
Simulasi balap virtual Honda Racing Simulator Championship. Foto: HPM
Sementara Communication Strategy Manager PT HPM, Adhi Parama Sugarda, menyebut balapan akan dibuat semirip mungkin dengan aslinya dengan simulator. Pendaftaran sudah dibuka mulai 15 Juni hingga 4 Juli untuk umum.
ADVERTISEMENT
"HPM bekerja sama dengan HM Engineering sebagai penyedia aplikasi simulator yang telah berpengalaman dalam ajang balap simulator di tingkat dunia," ujarnya.
Mau Jajal Honda Civic Type R Secara Virtual? Begini Caranya  (446486)
Simulasi balap virtual Honda Racing Simulator Championship Foto: HPM
Hingga 17 Juni, sudah ada sekitar 116 peserta yang mendaftar. Dari jumlah tersebut akan langsung diseleksi sebanyak 30 pebalap simulator racing tercepat kategori profesional dan 30 pebalap simulator racing kategori amatir.
Jika antusiasme masyarakat cukup besar, lanjut Adhi, pihaknya akan mempertimbangkan kemungkinan kompetisi ini dilaksanakan pada tahun berikutnya, tidak hanya selama pandemi corona.
Syarat peserta
Mau Jajal Honda Civic Type R Secara Virtual? Begini Caranya  (446487)
Ilustrasi balap virtual Honda Racing Simulator Championship. Foto: HPM
Owner HM Engineering, Harris Muhammad, mengatakan calon peserta harus menggunakan komputer dengan spesifikasi khusus agar bisa mengikuti kompetisi ini. Sementara software simulator bernama Rfactor 2 bisa diunduh melalui situs https://store.steampowered.com/.
"Spesifikasi komputer sebetulnya tidak perlu terlalu mahal. Minimal memiliki konsol setir, pedal, dan kokpit yang memadai. Dan koneksi internet yang stabil dan lancar sudah cukup, tapi kalau advance lebih bagus lagi," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Agar bisa semirip mungkin dengan balapan asli, kompetisi ini akan mengadopsi aturan Fédération Internationale de l'Automobile atau FIA.
Mau Jajal Honda Civic Type R Secara Virtual? Begini Caranya  (446488)
Ilustrasi balap virtual Honda Racing Simulator Championship. Foto: HPM
Peserta juga bisa melakukan setting mobil sendiri secara virtual, sementara mobil yang dipakai dalam simulator yaitu Honda Civic Type R produksi 2018.
"Bisa saja nantinya diganti dengan Honda Jazz atau Brio, tapi untuk sekarang masih pakai Honda Civic Type R karena lebih relate dengan sirkuit-sirkuit yang dipakai," lanjutnya.
Mau Jajal Honda Civic Type R Secara Virtual? Begini Caranya  (446489)
Honda Racing Simulator Championship. Foto: HPM
HPM menyiapkan hadiah Rp 20 juta untuk juara pertama kelas profesional. Juara kedua Rp 10 juta, ketiga Rp 8 juta, keempat Rp 6,5 juta dan juara kelima Rp 5,5 juta.
Lalu kelas amatir, juara pertama Rp 5 juta, kedua Rp 4,5 juta, ketika Rp 3 juta, keempat Rp 2 juta, dan kelima Rp 1 juta.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.