Otomotif
·
4 Maret 2021 18:21

Menarik, Nissan Grand Livina Bekas Kini Harganya Mulai Rp 60 Jutaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menarik, Nissan Grand Livina Bekas Kini Harganya Mulai Rp 60 Jutaan (96193)
Nissan Grand Livina Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Nissan Grand Livina jadi salah satu mobil Low MPV yang cukup banyak diburu di pasar mobil bekas. Harganya yang sudah sangat murah, serta tampilannya yang terlihat mewah jadi alasan banyak orang tertarik meminang mobil ini.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penelusuran kumparan di situs jual beli mobil bekas Garasi.id, Nissan Grand Livina punya harga bekas berkisar Rp 60 jutaan hingga Rp 170 juta.
Untuk Nissan Grand Livina yang punya harga di bawah Rp 100 juta, umumnya merupakan unit produksi 2007 hingga 2014. Sementara untuk rentang harga Rp 100 juta hingga Rp 150 juta didominasi dengan unit produksi 2012 hingga 2017.
Menarik, Nissan Grand Livina Bekas Kini Harganya Mulai Rp 60 Jutaan (96194)
Nissan Grand Livina Bekas Foto: dok. Garasi.id
Lalu untuk Nissan Grand Livina dengan harga di atas Rp 150 juta, merupakan unit-unit dengan tahun produksi 2016 hingga 2018. Seluruh harga yang dipasarkan itu, tentu saja bergantung pada kondisi mobil masing-masing.
Adapun Nissan Grand Livina sendiri, memiliki 2 pilihan konfigurasi kursi, yakni 2 baris dan 3 baris. Terdapat juga varian Highway Star yang merupakan varian teratas serta varian X-Gear yang merupakan varian bergaya crossover.
ADVERTISEMENT
Sebagai mobil berjenis Low MPV, Nissan Grand Livina ditawarkan dengan 2 pilihan mesin, bensin 1.5 liter dan bensin 1.8 liter. Hanya saja untuk varian 1.8 liter tidak bertahan lama.
Menarik, Nissan Grand Livina Bekas Kini Harganya Mulai Rp 60 Jutaan (96195)
Nissan Grand Livina X-Gear Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO
Untuk mesin bensin 1.5 liternya menggunakan mesin berkode HR15DE dengan spesifikasi 4 silinder segaris naturally aspirated DOHC. Mesin ini menawarkan tenaga 99 dk dan torsi maksimum 134 Nm.
Sementara untuk mesin 1.8 liternya, mengadopsi mesin bensin berkode MR18DE 4 silinder segaris naturally aspirated DOHC bertenaga 124 dk dan torsi 174 Nm.
Kedua mesin Nissan Grand Livina itu, dikombinasikan dengan 3 pilihan transmisi, manual 5 percepatan, otomatik 4 percepatan, dan otomatik CVT. Khusus transmisi otomatik CVT, hanya tersedia di versi facelift dengan tahun produksi di atas 2013.
ADVERTISEMENT
Menyoal fitur keselamatannya, memang tak banyak fitur keselamatan yang dimiliki Nissan Grand Livina. Mobil ini hanya dibekali dengan beberapa fitur keselamatan, seperti Airbags, sabuk keselamatan 3 titik, ABS, EBD, dan sensor parkir.
Menarik, Nissan Grand Livina Bekas Kini Harganya Mulai Rp 60 Jutaan (96196)
Nissan Grand Livina bekas di Mobil88. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Perhatikan 3 hal ini sebelum membeli Nissan Grand Livina bekas

Bagi Anda yang saat ini tertarik meminang Nissan Grand Livina bekas, tak ada salahnya menyimak dahulu beberapa tips yang akan kumparan sajikan berikut ini.
Pemilik bengkel spesialis Nissan, Into Jaya Motor di Bintaro Trade Centre (BTC), Marvin, mengatakan setidaknya ada 3 hal yang wajib diperhatikan sebelum meminang Nissan Grand Livina bekas. Berikut penjelasannya.

Mesin

Hal pertama yang wajib sangat diperhatikan sebelum meminang Nissan Grand Livina bekas, yakni pastikan mesin dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran oli.
ADVERTISEMENT
“Mesin sih ya yang sangat penting, apalagi buat yang tahun tahun lawas seperti 2010, 2011, 2012, biasanya suka ada yang sudah mulai bocor atau rembes tuh olinya,” jelas Marvin.
Untuk mengetahui kondisi ini, kata Marvin, yakni bisa dengan mengecek ruang mesin mobil itu sendiri. Perhatikan apakah ada bekas rembesan atau tetesan oli di sekitar blok mesin atau tidak.
Menarik, Nissan Grand Livina Bekas Kini Harganya Mulai Rp 60 Jutaan (96197)
Nissan Grand Livina bekas di Mobil88. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Periksa juga kondisi oli mobil tersebut melalui dipstick oli, pastikan apakah volume olinya masih dalam batas aman atau tidak. Serta dengarkan juga suara mesin mobilnya.
Dengarkan apakah suara mesin tersebut masih halus atau tidak dan pastikan tidak ada suara aneh pada saat mesin mobil dihidupkan.

Temperatur mesin

Hal kedua yang juga tidak boleh terlewatkan untuk diperiksa, yakni temperatur mesin itu sendiri. Pastikan seluruh komponen pendingin mesin, seperti kipas masih bekerja secara normal.
ADVERTISEMENT
“Karena kalau dia ini kan agak sulit ya buat mengetahui temperaturnya normal atau tidak karena tidak ada indikatornya. Biasanya kalau sudah panas tuh langsung nyala engine check-nya. Jadi sebaiknya ini diperiksa,” beber Marvin.
Cara mengeceknya, pertama Anda bisa melihat kondisi air radiator. Pastikan apakah volume air radiator masih cukup atau sudah berkurang, lalu pastikan juga air radiator itu masih berwarna jernih dan tidak berwarna keruh.
Selain itu, cara mendeteksi lainnya yakni dengan menghidupkan mesin mobil atau mencoba berkeliling. Ini berguna untuk mengetahui apakah temperatur masih bekerja normal atau tidak.
Menarik, Nissan Grand Livina Bekas Kini Harganya Mulai Rp 60 Jutaan (96198)
Nissan Grand Livina bekas di Mobil88. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Klakson

Kerusakan pada komponen klakson rupanya juga jadi hal yang sering dialami pada Nissan Grand Livina. Tidak jarang, beberapa unit Grand Livina sudah memiliki kondisi klakson yang punya suara kurang prima bahkan tidak hidup.
ADVERTISEMENT
“Klaksonnya dia itu kan ada fleksibelnya tuh. Itu sering putus jadi makanya suka enggak nyala,” ucap Marvin.
Sementara untuk hal-hal lainnya yang tidak boleh terlewatkan, yakni komponen kelistrikan. Untuk hal ini, Marvin hanya menyarankan untuk mengecek kondisi kabel-kabel pada ruang mesin.
Pastikan kabel-kabel tersebut masih tertata rapi dan tidak banyak sambungan atau kabel yang dijumper. Sebab, bila banyak kabel yang tidak tertata rapi dan disambung, dikhawatirkan akan jadi pemicu terjadinya korsleting listrik.
Terakhir, Marvin juga menyarankan agar para calon pembeli tidak ragu untuk menjajal mobil tersebut di jalan raya, guna mengetahui secara pasti kondisi dari mobil tersebut. Serta bagi Anda yang kurang begitu paham menyoal mobil, tak ada salahnya mengajak mekanik atau orang yang berpengalaman untuk membantu mengeceknya.
ADVERTISEMENT
***