Otomotif
·
4 November 2020 15:52

Menerka Hadirnya All New Honda Scoopy di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menerka Hadirnya All New Honda Scoopy di Indonesia (269170)
Tampilan depan all new Honda Scoopy. Foto: dok. Greatbiker
Honda Scoopy jadi salah satu skutik jagoan Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia. Meluncur pertama kali pada 2010 silam, model ini mengusung desain retro sebagai selling point.
ADVERTISEMENT
Perjalannya di pasar roda dua Tanah Air bisa dibilang mulus. Bagaimana tidak, skutik ini sudah menjajaki generasi keempatnya dan berusia satu dekade.
Menerka Hadirnya All New Honda Scoopy di Indonesia (269171)
Honda Scoopy Stylish terbaru. Foto: Istimewa
Pada 2017 AHM sempat memberikan ubahan cukup signifikan, seperti velg menjadi 12 inci, penambahan fitur LED dan port USB. Tampilannya pun direvisi tampak lebih sporty.
Namun hingga sekarang Honda Scoopy belum mendapat pembaruan total. Banyak yang menyebut AHM seperti menganaktirikan Honda Scoopy. Apalagi pabrikan punya amunisi baru yakni Honda Genio yang secara rancang tubuh punya kemiripan.
Menerka Hadirnya All New Honda Scoopy di Indonesia (269172)
Tampilan depan all new Honda Scoopy. Foto: dok. Greatbiker
Mengutip Greatbiker, kabarnya generasi kelima Honda Scoopy akan diluncurkan pada akhir 2020. Model baru ini disebut jadi satu dari sembilan motor anyar akan diperkenalkan di Thailand.
Sayangnya belum ada bocoran foto mengenai all new Honda Scoopy. Namun, ada informasi menarik yang dapat menggambarkan bagaimana model terbaru Scoopy nantinya.
ADVERTISEMENT
Nantinya motor akan mendapati ubahan desain, dan update performa alias revisi di sektor dapur pacunya. Sebuah strategi yang serupa dimainkan Honda pada all new BeAT di awal 2020 lalu.
Menerka Hadirnya All New Honda Scoopy di Indonesia (269173)
New Honda Scoopy. Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Jantung mekanis diperkirakan masih mengemas model yang sama, yaitu mesin 108 cc, 1-silinder, 4 tak, pendingin udara, dan pengabut injeksi.
Lebih lanjut soal ubahan, kabarnya Honda Scoopy akan dibenamkan rangka baru eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Rangka ini pertama kali digunakan pada Genio dilanjut pada Honda Beat.
Menerka Hadirnya All New Honda Scoopy di Indonesia (269174)
Sasis model eSAF pada Honda Genio Foto: dok. Istimewa
Kelebihannya, menurut Honda, sasis dirancang lebih ringan sehingga dapat dikatakan Scoopy terbaru nantinya akan lebih ringan 8% yang berimbas pada kendali motor yang lebih mudah,.
Menyoal tampilan, desainnya akan tetap mempertahankan DNA retro dan modern, yang mana desain itu sudah menjadi karakter dari Honda Scoopy sendiri.
ADVERTISEMENT

AHM masih bergeming

Menerka Hadirnya All New Honda Scoopy di Indonesia (269175)
Honda Scoopy kelir baru merah-putih Foto: dok. AHM
Menanggapi hal ini. General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin angkat suara. Diriya mengatakan bahwa AHM belum berniat meluncurkan generasi terbaru Scoopy. Mereka masih percaya diri dengan teknologi yang diusung saat ini.
"Kami belum ada rencana me-refresh Honda Scoopy sejauh ini ya, termasuk rencana penggunaan sasis eSAF untuk Scoopy," kata Muhib, sapaan karibnya kepada kumparan.
Menerka Hadirnya All New Honda Scoopy di Indonesia (269176)
Honda Scoopy Stylish terbaru Foto: Istimewa
Bisa jadi ucapan Muhib adalah strategi. Pasalnya informasi soal produk baru, merupakan rahasia yang belum bisa diumbar ke khalayak.
Apakah Anda salah satu yang menunggu kehadiran all new Honda Scoopy? Kita tunggu saja kejutan dari sayap mengepak!