Otomotif31 Oktober 2019 16:18

Menghitung Biaya Servis Daihatsu Gran Max hingga 50 Ribu Km

Konten Redaksi kumparan
Menghitung Biaya Servis Daihatsu Gran Max hingga 50 Ribu Km (215087)
Daihatsu Gran Max. Foto: Dok. Daihatsu
Daihatsu Gran Max masih menjadi pilihan mobil minibus dan pikap dengan harga yang terjangkau. Sejak diluncurkan pada tahun 2007, penjualan Gran Max bisa dibilang cukup sukses di pasaran.
ADVERTISEMENT
Desain multigunanya sering digunakan untuk berbagai kebutuhan angkutan, dari kargo hingga angkutan penumpang. Untuk model minibus ada dua varian, yaitu menggendong mesin 1,3 DOHC dan 1,5 DOHC VVT-i.
Dari segi performa, Gran Max memang dirancang bisa mengangkut beban berat. Tak jarang mobil ini disulap menjadi 'gerobak berjalan' untuk angkutan barang dan jadi alternatif masyarakat Indonesia untuk angkutan mudik Lebaran.
Nah, untuk anda yang berencana memboyongnya, kumparan akan mengulas soal biaya servis mobil yang dibanderol mulai dari Rp 163,3 juta. Ongkos servis berkala yang akan disajikan hingga pemakaian 50 ribu km.
Servis berkala
Menghitung Biaya Servis Daihatsu Gran Max hingga 50 Ribu Km (215088)
Daihatsu Gran Max Blind Van. Foto: Dok. Daihatsu
Seperti mobil lainnya, servis berkala mobil Daihatsu Gran Max pertama kali dilakukan pada 1.000 km. Selanjutnya, servis dilakukan setiap kelipatan pemakaian 10 ribu km.
ADVERTISEMENT
Pada servis 10 ribu km atau 6 bulan, Anda bisa menyiapkan dana Rp 638 ribu dan sudah termasuk biaya jasa Rp 323 ribu. Komponen yang diganti seperti oli mesin, oli filter, tune up, dan cek rem pada keempat roda.
Lanjut servis 20 ribu km pemakaian dengan biaya Rp 820 ribu, sudah termasuk biaya jasa Rp 397 ribu. Rinciannya untuk ganti busi, cek rem 4 roda, oli mesin, oli filter, dan tune up.
Memasuki servis 30 ribu km, anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 710 ribu dengan rincian ganti oli mesin, oli filter, cek rem empat roda, dan tune up. Biaya servis sudah termasuk ongkos jasa sebesar Rp 386 ribu.
Ketika servis pemakaian 40 ribu km, biayanya sedikit meningkat sebesar Rp 1,382 juta. Ini sudah termasuk ongkos jasa Rp 467 ribu. Rincian servisnya ganti oli mesin, oli filter, kuras air radiator, minyak rem, oli transmisi plus gardan, dan ganti busi.
ADVERTISEMENT
Menginjak pemakaian 50 ribu km, biaya servis Gran Max turun dari servis 40 ribu km, yaitu sekitar Rp 1,016. Adapun rinciannya meliputi ganti oli mesin, oli filter, ganti v-belt, ganti wiper blade depan sebelah kanan dan kiri.
Jika biaya servis Gran Max dari 10 ribu km hingga 50 ribu km ditotal, setidaknya anda harus menyiapkan dana Rp 4,611 juta.
Menghitung Biaya Servis Daihatsu Gran Max hingga 50 Ribu Km (215089)
Daihatsu Gran Max. Foto: Dok. Daihatsu
Sebagai catatan, biaya servis dan penggantian suku cadang tersebut hanya mengacu pada buku servis. "Untuk biaya perawatan berkala secara standar itu sesuai buku servis, tapi tergantung permintaan dan kondisi mobilnya," kata Agus, Rabu (30/10).
Menurut Agus, ada komponen-komponen lain yang perawatannya bersifat kondisional. Misalnya perawatan AC, pembersihan interior mobil, spooring, balancing, dan pembersihan ruang mesin dengan cairan khusus.
ADVERTISEMENT
Semua itu biasanya akan dikomunikasikan kepada pemilik mobil, jika memang harus dilakukan perawatan, tentunya ada biaya tambahan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white