kumparan
Otomotif21 Juli 2019 15:10

Menguji Ketangguhan Nissan Terra di Alam Papua

Konten Redaksi kumparan
All New Nissan Terra
All New Nissan Terra Foto: dok. Bangkit Jaya Putra/kumparan
Youk Tanzil, pecinta off-road, nampaknya punya cara tersendiri dalam mengenalkan keindahan dan kekayaan alam Indonesia. Berkendara menggunakan Nissan Terra, ia menjelajah Papua sejauh 1.800 kilometer dari Kota Jayapura ke Wamena.
ADVERTISEMENT
“Saya ingin memberikan anak saya pengalaman, bukan hanya sekedar materi. Dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk melihat, mengenal dan mengerti akan bangsa dan tanah air. Mungkin itu yang bisa saya wariskan kepada anak saya,” kata Tanzil saat ditemui di sela-sela penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.
All New Nissan Terra
Youk Tanzil dan Chintara Diva Foto: dok. Bangkit Jaya Putra/kumparan
Berkolaborasi dengan PT Nissan Motor Indonesia (NMI), perjalan tersebut memakan waktu tiga minggu. Kondisi medan yang beragam dan cenderung sulit dilalui memberikan, ia dan putrinya Chintara Diva, pengalaman yang tak terlupakan.
Tentu, untuk bisa melewati ekspedisi ini, Nissan Terra yang digunakan juga mendapat sedikit ubahan. Di mana, modifikasi meliputi sektor kaki-kaki termasuk suspensi dan ban, serta penambahan aksesoris pendukung seperti snorkel dan winch.
ADVERTISEMENT
“Penting sekali membawa kendaraan yang sudah Anda kenal. Contohnya seperti mencari partner. Anda harus terlebih dahulu membangun koneksi, hal itu juga sama dengan kendaraan. Jadi saat di jalan, anda sudah paham fitur apa yang harus digunakan,” sambungnya.
All New Nissan Terra
All New Nissan Terra Foto: dok. Bangkit Jaya Putra/kumparan
Selama perjalanan, Tanzil merasakan bahwa performa dan karakter Nissan Terra cukup mumpuni untuk melahap berbagai medan. Apalagi, katanya, fitur SUV ini sangat membantu ketika melalui medan sulit.
Inklinasi di Papua sangat curam, mungkin lebih dari 40 derajat. Fitur Hill Start Assist sangat membantu kami di jalanan menanjak dan turunan curam” katanya.
All New Nissan Terra
All New Nissan Terra Foto: dok. Bangkit Jaya Putra/kumparan
Adapun, Nissan Terra sendiri mengusung mesin 2,5 liter, 4 silinder, yang dikawinkan dengan transmisi otomatik. Di atas kertas, dia menjanjikan 190 daya kuda dan torsi maksimal 450 Nm. Khususnya yang digunakan Tanzil adalah model yang memiliki fitur penggerak 4x4 serta didukung fitur Electronic Brake Force Distribution (EBD), Sistem pengeraman ABS, Vehicle Dynamic Control (VDC), enam buah Airbags, Hill Descent Control, 4-Wheel Active Brake Limited Slip, dan Hill Start Assist.
ADVERTISEMENT
“Nissan Terra adalah partner yang pas, mau dipakai ke acara formal bisa, dalam kota bisa, mau yang ekstrem, seperti di Papua juga bisa. Perjalanan di Papua membuktikan bahwa Nissan Terra bisa menjelajah berbagai medan,” ungkap Head Of Communications NM, Hana Maharani.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan