Otomotif
·
5 Juni 2018 15:56

Merayakan Produksi 5 Juta Unit Mobil Mitsubishi di Thailand

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Merayakan Produksi 5 Juta Unit Mobil Mitsubishi di Thailand (106042)
Mitsubishi Thailand Rayakan Produksi 5 Juta Unit (Foto: dok. Mitsubishi Motors)
Mitsubishi Motors Thailand (MMTh) sebagai produsen dan distributor mobil Mitsubishi di negeri Gajah Putih mengumumkan capaian produksi 5 juta unitnya.
ADVERTISEMENT
Mengacu keterangan resmi yang diterima kumparanOTO Selasa, (5/6), 3,7 juta dari 5 juta unit yang telah diproduksi merupakan model yang diekspor ke lebih 120 negara. Sebelumnya pada tahun 2016, pabrikan tiga berlian ini juga merayakan 3 juta unit kendaraan Mitsubishi yang berhasil diekspor.
"Pencapaian Mitsubishi Motors Thailand ini mempertegas peran industri otomotif sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan Thailand. Komitmen perusahaan terhadap Thailand dan kepemimpinannya dengan praktik berkelanjutan merupakan inisiatif yang membantu kami untuk mencapai target ekonomi nasional," ujar Wakil Perdana Menteri Thailand, Somkid Jatusripitak dalam sambutannya.
Mitsubishi Motors mulai beroperasi di Thailand tahun 1961 dan mencatat produksinya yang ke satu juta unitnya pada tahun 2003 silam. Jumlah produksinya meningkat dua kali lipat pada tahun 2010 dan pada tahun 2013 produksinya mencapai 3 juta unit. Tidak berhenti di situ, dua tahun berselang jumlah produksinya meningkat mencapai 4 juta unit.
ADVERTISEMENT
"Kami selalu yakin akan potensi pertumbuhan pasar domestik Thailand. Kebijakan jangka panjang pemerintah Thailand untuk pertumbuhan industri otomotif juga merupakan pertanda baik untuk bisnis kami," ucap CEO Mitsubishi Motors Corporation, Osamu Masuko.
Merayakan Produksi 5 Juta Unit Mobil Mitsubishi di Thailand (106043)
Mitsubishi Eclipse Cross (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Senada dengan Masuko, CEO MMTh, Morikazu Chokki juga memaparkan perkembangan inovasi dan investasinya demi meningkatkan kepercayaan pada konsumennya.
"Kami akan terus merintis segmen dan teknologi baru. Kami akan berinovasi dan meningkatkan teknologi keras dan lunak menjadi paket yang human-centric dan memberikan fleksibilitas, meningkatkan kepercayaan diri dan fungsionalitas," papar Chokki.
Merayakan Produksi 5 Juta Unit Mobil Mitsubishi di Thailand (106044)
Mitsubishi Mirage (Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO)
Jenama Jepang ini sudah mengoperasikan setidaknya 3 fasilitas produksinya pada tempat yang sama di Laem Chabang dan menjadi pabrik terbesar setelah di Jepang dengan kapasitas produksi 424 ribu unit per tahunnya.
ADVERTISEMENT
Pabrik pertamanya beroperasi tahun 1992, sedangkan pabriknya yang kedua dan ketiga mulai aktif tahun 1996 yang salah satunya khusus memproduksi truk pikap, dan menjadikannya sebagai Thailand Product Champion sebagai pusat dan basis produksi serta ekspor kendaraan truk pikap.
Tidak hanya kendaraan, MMTh juga memproduksi mesin untuk pasar domestik juga ekspor.