Otomotif
·
4 Mei 2021 21:16

Mercedes-Benz S-Class Terbaru Meluncur, Harganya Tembus Rp 3 Miliar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mercedes-Benz S-Class Terbaru Meluncur, Harganya Tembus Rp 3 Miliar (38018)
Mercedes-Benz S-Class W223 Generasi Ketujuh. Foto: Dok. Mercedes Benz
PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) resmi meluncurkan generasi terbaru dari Mercedes-Benz S-Class di Hotel Indonesia Kempinski, Selasa (4/5/2021).
ADVERTISEMENT
Ini merupakan generasi ketujuh dari Mercedes-Benz S-Class yang memiliki kode bodi W223.
Kehadiran generasi terbaru S-Class ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia yang mencari sedan premium dengan kemewahan kelas satu dan ragam fitur canggih berlimpah.
"Dengan peluncuran generasi terbaru ini, kami ingin menawarkan inovasi, keselamatan, kenyamanan, dan kualitas yang belum pernah dirasakan sebelumnya oleh pelanggan. The New S-Class menegaskan komitmen Mercedes-Benz untuk memproduksi kendaraan terbaik di dunia. Kami yakin The New S-Class akan kembali menjadi pemimpin yang tak tertandingi di kelasnya," ucap President Director PT MBDI, Choi Duk Jun, di acara peluncuran.
Khusus pasar Indonesia, S-Class W223 hanya ditawarkan dalam 1 pilihan varian, yakni S450 4Matic Luxury.

Dimensi Lebih Besar

Berstatus sebagai generasi terbaru, sejumlah ubahan pun dilakukan Mercedes-Benz pada S-Class W223. Dalam hal dimensi, S-Class terbaru ini hadir dengan dimensi yang lebih besar dibandingkan pendahulunya. Berikut dimensi lengkapnya:
ADVERTISEMENT
  • Panjang: 5.289 mm (+34 mm)
  • Lebar: 1.954 mm (+55 mm)
  • Tinggi: 1.503 mm (+12 mm)
  • Jarak Sumbu Roda: 3.216 mm (+51 mm)
Mercedes-Benz S-Class Terbaru Meluncur, Harganya Tembus Rp 3 Miliar (38019)
Mercedes-Benz S-Class W223 Generasi Ketujuh. Foto: dok. Mercedes-Benz

Eksterior

Tidak hanya mendapatkan ubahan dimensi, tampilan luar dari S-Class W223 ini pun turut mengalami ubahan. Perbedaan pertama terletak pada lampu depannya yang kini lebih ramping dan sudah menggunakan teknologi lampu terkini, Digital Light.
Penggunaan lampu depan Digital Light ini dilengkapi modul lampu dengan 3 LED yang di dalamnya terdapat 1,3 juta piksel. Dengan teknologi baru ini, S-Class W223 diklaim memiliki pencahayaan lampu depan yang lebih presisi dan lebih jelas saat di malam hari.
Desain lampu baru itu selanjutnya dipadukan dengan grille khas S-Class dan logo Mercedes-Benz.
Mercedes-Benz S-Class Terbaru Meluncur, Harganya Tembus Rp 3 Miliar (38020)
Mercedes-Benz S-Class W223 Generasi Ketujuh. Foto: Dok. Mercedes Benz
Bergeser ke sisi samping, velg lebar berukuran 20 inci dengan desain 10 twin spoke dibenamkan Mercedes-Benz pada mobil ini. Ada juga handle pintu model rata yang dapat keluar otomatis dan jadi ciri khas pada S-Class terbaru ini.
ADVERTISEMENT
Lanjut ke bagian buritan, S-Class hadir dengan desain lampu baru berbentuk horizontal. Desain lampu terbaru itu terlihat berpadu manis dengan bumper belakang yang kini terlihat lebih membulat.
Mercedes-Benz S-Class Terbaru Meluncur, Harganya Tembus Rp 3 Miliar (38021)
Mercedes-Benz S-Class W223 Generasi Ketujuh. Foto: dok. Mercedes-Benz
Secara keseluruhan, Mercedes-Benz S-Class W223, kini menampilkan desain eksterior yang terlihat lebih mewah dan dinamis. Apalagi dengan dimensinya yang bertambah besar, juga membuat mobil ini semakin terlihat eksklusif.

Interior

Sama seperti tampilan eksterior, kesan premium pun terpancar dari bagian dalam S-Class W223. Terlihat dari desain dasbornya yang kini semakin mewah dengan hadirnya layar MBUX yang sangat lebar.
Dengan penggunaan layar MBUX berukuran lebar yang dikombinasikan dengan desain dasbor melandai serta hadirnya panoramic sunroof di bagian atas, sukses membuat kabin dari S-Class terbaru ini menjadi terasa lebih lapang.
Mercedes-Benz S-Class Terbaru Meluncur, Harganya Tembus Rp 3 Miliar (38022)
Mercedes-Benz S-Class W223 Generasi Ketujuh. Foto: Dok. Mercedes Benz
Terdapat juga fitur perintah suara 'Hey Mercedes' yang dapat membantu memudahkan pengemudi ketika membutuhkan pengaturan pada kendaraan. Ada juga ambient light yang semakin menambah kesan mewah dari bagian dalam mobil ini.
ADVERTISEMENT
Untuk bagian joknya, S-Class hadir dengan jok berukuran besar yang sudah dapat diatur secara otomatis pada seluruh joknya. Tersedia 2 pilihan warna jok, yakni hitam dan cokelat yang seluruhnya sudah menggunakan kulit Nappa.
Mercedes-Benz S-Class Terbaru Meluncur, Harganya Tembus Rp 3 Miliar (38023)
Mercedes-Benz S-Class W223 Generasi Ketujuh. Foto: Dok. Mercedes Benz
Bagian jok belakang jadi salah satu hal utama yang diunggulkan oleh S-Class terbaru ini. Untuk memanjakan penumpang di baris kedua, Mercedes-Benz menyematkan fitur kursi pijat yang dapat dioperasikan secara otomatis.
Tersedia juga fitur hiburan berupa 2 layar monitor yang dapat dioperasikan penumpang baris kedua melalui tablet di konsol tengah. Dengan ruang kaki yang sangat lapang, jok baris kedua ini juga dapat direbahkan, sehingga menambah kenyamanan bagi penumpangnya.
Mercedes-Benz S-Class Terbaru Meluncur, Harganya Tembus Rp 3 Miliar (38024)
Mercedes-Benz S-Class W223 Generasi Ketujuh. Foto: Dok. Mercedes Benz

Fitur Bantuan Mengemudi

Kehadiran berbagai fitur canggih juga jadi salah satu keunggulan lain yang ditawarkan Mercedes-Benz pada S-Class terbaru ini.
ADVERTISEMENT
Pada Mercedes-Benz S-Class W223 ini telah dilengkapi dengan fitur bantuan mengemudi semi otonomos. Sayangnya untuk pasar Indonesia, fitur semi otonomos yang disematkan merupakan bawaan dari S-Class sebelumnya dan tidak menggunakan versi terbaru.
Mercedes-Benz S-Class Terbaru Meluncur, Harganya Tembus Rp 3 Miliar (38025)
Mercedes-Benz S-Class W223 Generasi Ketujuh. Foto: dok. Mercedes-Benz

Mesin

Menyoal jantung pacunya, Mercedes-Benz S-Class W223 dibekali mesin bensin 6 silinder berkode M256 berkapasitas 3.0 liter. Mesin itu menawarkan tenaga 367 dk pada putaran mesin 5.500 rpm hingga 6.100 rpm dan torsi 500 Nm pada rentang 1.600 rpm hingga 4.500 rpm.
Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke empat rodanya melalui sistem transmisi otomatik 9G-Tronic. Guna memberikan efisiensi yang lebih maksimal, mobil ini juga turut dibekali teknologi EQ Boost, yakni berupa alternator tambahan berkapasitas 48 volt.
Guna memberikan kenyamanan yang lebih baik, Mercedes-Benz juga menyematkan sistem suspensi udara Airmatic dengan peredaman ADS+ yang dapat diatur ketinggiannya secara otomatis.
Mercedes-Benz S-Class Terbaru Meluncur, Harganya Tembus Rp 3 Miliar (38026)
Mercedes-Benz S-Class W223 Generasi Ketujuh. Foto: Dok. Mercedes Benz

Harga

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, generasi terbaru dari Mercedes-Benz S-Class S 450 4Matic Luxury ini dibanderol dengan harga Rp 3.099.000.000 atau nyaris Rp 3,1 miliar off the road.
ADVERTISEMENT
Mobil yang masih berstatus CBU ini, direncanakan akan mulai didistribusikan ke diler pada Juni 2021.
***