Otomotif
·
8 April 2020 16:20

Meski Pasar Turun Imbas Corona, Helm Nolan dan Shoei Masih Laris Manis Dibeli

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Meski Pasar Turun Imbas Corona, Helm Nolan dan Shoei Masih Laris Manis Dibeli (136060)
Helm Shoei X14 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Sejumlah pebisnis apparel dan helm motor mengaku penjualannya menurun pasca tanggap darurat virus corona diberlakukan. Gerai apparel pun terpaksa tutup guna memenuhi imbauan pengurangan aktivitas di luar rumah.
ADVERTISEMENT
Untuk itu mereka mulai memanfaatkan penjualan secara daring. Meski hal tersebut ternyata juga kurang berdampak signifikan.
Meski Pasar Turun Imbas Corona, Helm Nolan dan Shoei Masih Laris Manis Dibeli (136061)
Jajaran helm Nolan N44 di DeRide Store Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Namun yang menarik, setiap harinya tetap saja ada yang melakukan pembelian helm motor baru, sehingga minimalnya masih bisa menyelamatkan bisnis apparel.
Hal ini diungkap langsung oleh Brand Technical DeRide Official Store, Irwansyah. Padahal gerainya yang berdiri 2018 lalu itu tidak cuma berfokus pada jualan helm.
"Masih belum terlalu anjlok sebenarnya, sampai sekarang penurunannya sedikit sekitar 20 persen dan tetap paling banyak diincar itu helm," jelasnya saat dihubungi kumparan belum lama ini.
Meski Pasar Turun Imbas Corona, Helm Nolan dan Shoei Masih Laris Manis Dibeli (136062)
Jajaran helm Nolan Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Nah urusan brand, karena DeRide menjual ragam helm besutan Shoei dan Nolan Group seperti Grex serta X-Lite, maka helm bermerek tersebut yang laris manis di pasaran.
ADVERTISEMENT
"Padahal masih belum ada promo, malah justru ada kenaikan sepuluh persen untuk harga Nolan karena pelemahan tukar mata uang Euro," tambahnya.
Meski Pasar Turun Imbas Corona, Helm Nolan dan Shoei Masih Laris Manis Dibeli (136063)
Helm Nolan N44 di DeRide Store Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Irwansyah belum memastikan kenapa masih ada konsumen yang tetap melakukan pembelian helm baru. Namun alasan realistisnya soal kesehatan dan keamanan diri sendiri.
Maklum, pasca imbauan physical distancing, segala macam hal serba individual. Yang akhirnya membuat penggunaan dan kepemilikan helm secara pribadi meningkat.
Termasuk, DeRide merupakan distributor helm merek-merek yang dijelaskan tadi, sehingga ada juga konsumen yang merupakan pedagang membelinya sebelum kenaikan harga.
"Sepertinya sekarang orang lebih memilih naik kendaraan pribadi dibanding naik umum di situasi sekarang ini," katanya.
Meski Pasar Turun Imbas Corona, Helm Nolan dan Shoei Masih Laris Manis Dibeli (136064)
Helm Nolan Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Penjualan ragam helm dan apparel motor termasuk Alpinestars dijual online oleh DeRide Official Store melalui laman resminya, kemudian di hubungkan pada e-commerce tertentu.
ADVERTISEMENT
Soal harga, helm Nolan, X-Lite, Grex serta Shoei mulai dari Rp 3 hingga 15 jutaan. Kemudian apparel berkendara seperti sarung tangan, celana, maupun tas dari Shad dan Alpinestars mula dari Rp 500 ribuan hingga Rp 20 juta.