Otomotif
·
22 Januari 2021 11:18

MG Siapkan Mobil Listrik Murah yang Meluncur 2022

Konten ini diproduksi oleh kumparan
MG Siapkan Mobil Listrik Murah yang Meluncur 2022 (51168)
searchPerbesar
MG Marvel X. Foto: dok. livemint
Morris Garage atau MG Motors mengkonfirmasi akan meluncurkan mobil listrik terbaru mereka yang punya harga setara di bawah Rp 400 juta pada 2022 mendatang.
ADVERTISEMENT
Mobil tersebut diduga merupakan versi produksi dari MG Marvel X yang ditampilkan pada Delhi Auto Expo 2020 lalu. Mengutip dari Rushlane dan Cardekho, bisa terjangkaunya harga dari mobil listrik MG tersebut, dikarenakan mobil dan baterai yang akan digunakan itu, sepenuhnya diproduksi di fasilitas produksi MG di India.
"Kami saat ini sedang menyelesaikan pembangunan fasilitas perakitan baterai pada tahun ini, dan kemungkinan akan mulai beroperasi tahun depan," ucap President and Managing Director of MG Motor India, Rajeev Chaba.
Dalam mewujudkan fasilitas produksi baterai tersebut, MG melakukan investasi sebesar di India 40 miliar Rupee atau setara dengan Rp 7,6 triliun.
MG Siapkan Mobil Listrik Murah yang Meluncur 2022 (51169)
searchPerbesar
MG Marvel X. Foto: dok. Autocarindia
Hadirnya fasilitas produksi baterai baterai tersebut diharapkan dapat membantu pabrikan dalam mengembangkan jenis baterai yang cocok dengan iklim di Asia.
ADVERTISEMENT
Sayangnya tak banyak bocoran informasi yang diberikan mengenai spesifikasi mobil listrik tersebut. Rajeev hanya mengatakan mobil listrik tersebut akan punya bentuk SUV dan memiliki kapasitas baterai yang mampu membuat mobil tetap melaju sejauh 500 kilometer.
Alasan MG memilih India sebagai fokus pengembangan mobil listriknya nampaknya tidak terlepas dari kesuksesan penjualan mobil listrik mereka saat ini, MG ZS EV.
Berdasarkan data penjualan, sepanjang 2020 lalu, MG ZS EV berhasil terjual sebanyak 1.142 unit dan menyumbang 25 persen penjualan mobil listrik di negeri Bollywood itu.
MG Siapkan Mobil Listrik Murah yang Meluncur 2022 (51170)
searchPerbesar
Mobil listrik MG ZS EV Foto: dok. Autocarindia
Bahkan akibat tingginya permintaan terhadap MG ZS EV, pabrikan pun berencana akan meningkatkan stok produk MG ZS EV dan menargetkan penjualan di 2021 sebanyak 2.500 unit.
Menyoal spesifikasinya, MG ZS EV dibekali motor listrik dan baterai lithium-ion berkapasitas 44,5 kWh. Kombinasi itu menghasilkan tenaga 142 dk dan torsi 353 Nm. Dalam kondisi baterai terisi penuh, MG ZS EV diklaim mampu melaju sejauh 340 kilometer.
ADVERTISEMENT
Adapun untuk harganya, MG ZS EV di India diniagakan dengan harga mulai dari setara Rp 401,4 juta hingga setara Rp 453,3 juta.
Tentu saja, rencana kehadiran mobil listrik murah dari MG tersebut sangat menarik untuk dinantikan. Lantas, akankah MG Motors Indonesia juga tertarik untuk menghadirkan mobil listrik murah tersebut atau setidaknya menghadirkan terlebih dahulu MG ZS EV? Kita tunggu saja kiprahnya.
***