MINI JCW Countryman dan Clubman Baru Meluncur, Tenaganya Lebih Buas

16 Mei 2019 10:09 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
MINI JCW F54 Clubman Foto: dok. Paultan
zoom-in-whitePerbesar
MINI JCW F54 Clubman Foto: dok. Paultan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Produsen mobil ikonik asal Inggris, MINI, baru saja meluncurkan versi terbaru dari jajaran John Cooper Works untuk model F54 Clubman dan F60 Countryman.
ADVERTISEMENT
Meski berstatus baru, ubahannya tak begitu tampak di eksterior. Revisi hanya meliputi bemper depan dan belakang, lampu depan LED dengan fungsi Matrix High Beam serta lampu LED di belakang dengan desain Union Jack, juga pelek desain Black Grip Spoke yang tersedia dalam dua ukuran, 18 dan 19 inci.
Masuk ke interior, MINI melakukan ubahan pada head unit, yang kini menggunakan layar sentuh dengan bentang 6,5 inci serta opsi 8,8 inci. Head unit tersebut juga telah terhubung dengan sistem Connected Navigation Plus.
Interior New MINI JCW Foto: dok. Paultan
Untuk memperkuat aura sporty di kabin, diaplikasikan desain jok dan tuas persneling anyar.
Paultan melansir, ubahan yang signifikan dari duo MINI ini terdapat di balik kapnya. Tenaganya dijanjikan lebih besar berkat penyematan mesin empat-silinder 2,0 liter turbocharged yang menjanjikan 302 dk dan torsi 450 Nm.
ADVERTISEMENT
Dijelaskan, mesin ini sebenarnya sama dengan BMW X2 M35i. Hanya saja ada beberapa ubahan meliputi crankshaft yang diperkuat dan revisi pada piston untuk memaksimalkan pembakaran.
New MINI JCW F60 Countryman Foto: dok. Paultan
Untuk mengimbangi performa mesin, sistem pendinginan juga diperbaiki dan kini dilengkapi dua radiator eksternal, tangki ekspansi volume yang lebih besar, pemasangan modul pendingin independen, ventilator listrik dengan output yang meningkat, dan tingkat pendinginan ketiga melalui kondensor.
Selain itu, kini MINI JCW ini juga telah dilengkapi oleh pendingin oli transmisi eksternal yang disediakan untuk transmisi otomatis Steptronic 8-percepatan. Terdapat pula peningkatan pada sektor pengereman depan yang kini menggunakan kaliper empat piston berukuran 360 mm, dan 330 mm di belakang.
New MINI JCW F60 Countryman Foto: dok. Paultan
Mobil ini juga mendapatkan peningkatan sasis sport yang membuatnya lebih rendah 10 mm dari versi non-JCW.
ADVERTISEMENT