kumparan
7 November 2019 10:02

Misi Toyota Meredefinisi Mobil Masa Depan di Tokyo Motor Show 2019

Toyota e-Palette (portrait)
Toyota e-Palette (portrait) Foto: dok. Tokyo Motor Show
Perhelatan Tokyo Motor Show (TMS) 2019 tampaknya punya makna khusus bagi Toyota. Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, kali ini Toyota tampil di TMS menyandang status sebagai sponsor resmi Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.
Momentum besar itu pun tak ingin disia-siakan perusahaan yang didirikan Kiichiro Toyoda ini. Pabrikan coba mengenalkan kendaraan yang didedikasikan khusus untuk mendukung perhelatan olahraga terbesar di dunia itu.
Presiden Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda
Presiden Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda di Tokyo Motor Show 2019 Foto: Haikal Pasya/kumparan
Sebut saja ada Toyota e-Palette yang dioperasikan secara swakemudi dan APM (Accesible People Motor). Keduanya tidak memiliki emisi gas buang dan dikhususkan buat mengangkut atlet serta para official.
Khusus e-Palette, dimensinya menyerupai Toyota HiAce, sehingga punya kemampuan membawa 20 orang sekaligus. Sementara interiornya menyerupai bus dengan kursi model flip, serta pegangan genggaman tangan.
Toyota e-Palette
Toyota e-Palette Foto: dok. Tokyo Motor Show
Adapun APM, merupakan versi mungilnya yang dimensinya juga ternyata lebih kecil dari Toyota Town Ace. Ini karena kemampuannya yang terbatas ketimbang e-Palette.
APM dikhususkan buat jarak pendek dengan daya angkut lebih kecil. Namun menariknya, baik e-Palette dan APM punya fitur ramp, alias alas jalan yang bisa diandalkan sebagai akses penyandang disabilitas.
Toyota APM
Mobil untuk Atlet yang memiliki akses untuk kursi roda Foto: Haikal Pasya/kumparan
Jadi lewat kedua model ini, Toyota juga coba menerjemahkan strategi 'Mobility for All', suatu rangkaian transformasi perusahaan dari pabrikan kendaraan menjadi perusahaan mobilitas.
Singkatnya, Toyota tak ingin menjadikan TMS 2019 sebagai pameran mobil, melainkan lebih kepada pembuktian idealis yang mereka pegang, terkait mobil masa depan menggunakan energi terbarukan, sistem swakemudi yang ditambah kecerdasan buatan.
Toyota e-Racer
Toyota e-Racer Foto: dok. Tokyo Motor Show
Toyota LQ Concept
Belum cukup di situ, Toyota kembali representasikan visi besarnya itu lewat Toyota LQ Concept, mobil konsep bertabur fitur canggih dalam balutan i-Concept.
otomotif, Toyota, LQ Concept, industri otomotif, tokyo motor show, TMS
Toyota LQ Concept. Foto: Carscoops
Salah satu fiturnya berupa sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) yang dinamai Yui.
Lewat Yui, pengemudi LQ Concept bisa berkomunikasi dengan mobil itu sendiri. Sehingga, saat hendak melakukan pengaturan pada beberapa sistemnya, pengemudi hanya cukup melakukan perintah suara.
otomotif, Toyota, LQ Concept, industri otomotif, tokyo motor show, TMS
Toyota LQ Concept. Foto: Carscoops
Tidak hanya itu, LQ Concept juga akan dilengkapi dengan sistem mengemudi otonom level 4, yang dapat parkir sendiri, tanpa perlu dipandu oleh pengemudi.
otomotif, Toyota, LQ Concept, industri otomotif, tokyo motor show, TMS
Toyota LQ Concept. Foto: Carscoops
Fitur tersebut memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk turun di tempat yang diinginkan, tanpa perlu ikut mencari parkir. Begitupun saat hendak pergi kembali, pengemudi dan penumpang bisa menunggu di tempat tertentu, tanpa perlu mengambil mobil ke tempat parkir.
Selain itu, ada juga fitur lainnya yang tersemat pada mobil ini, seperti Augmented Reality Head Up Display. Fitur tersebut akan membantu pengemudi dalam mengawasi kondisi lalu lintas di depan.
Toyota LQ Concept
Toyota LQ Concept Foto: dok. Toyota
Dengan berbagai fitur tadi, bagi Toyota, mobil di masa depan bukan sekadar transportasi untuk memindahkan orang dari satu tempat ke tempat lainnya. Lebih dari itu, mobil tak ubahnya seperti partner yang mengerti satu sama lain.
Toyota LQ Concept
Toyota LQ Concept Foto: dok. Toyota
Toyota Yaris
Namun sebagai pabrikan roda pada umumnya, Toyota juga tak ingin melewatkan gelaran begitu saja buat merilis model terbarunya.
Toyota Yaris 2020
Toyota Yaris 2020 Foto: Haikal Pasya/kumparan
Ya, panggung TMS dijadikannya sebagai saksi atas pengenalan Yaris terbaru, yang sayangnya tidak diniagakan di Tanah Air.
Toyota Yaris 2020
Toyota Yaris 2020 Foto: Haikal Pasya/kumparan
Soal fiturnya yang terkait masa depan, pabrikan membenamkan teknologi pintar dalam balutan Toyota Safety Sense, yang kemudian dikawinkan sistem kendali parkir mandiri.
OTOHITZ-OTO INFO
OTOHITZ-OTO INFO Foto: dok. Tokyo Motor Show
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan