Otomotif
·
13 Agustus 2020 10:09

Mitos atau Fakta, Dorong Mobil Matik Pantang Dilakukan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mitos atau Fakta, Dorong Mobil Matik Pantang Dilakukan? (287801)
Servis Mobil Matik. Foto: Mhammad Ikbal/kumparan
Mobil dengan transmisi matik semakin banyak dipilih oleh masyarakat, karena kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakannya.
ADVERTISEMENT
Bagi yang baru atau sudah memilikinya, apakah pernah dengar terkait larangan mendorong mobil matik saat mogok?
Apakah itu hanya mitos belaka, atau memang fakta dan ada efek negatifnya?
Mitos atau Fakta, Dorong Mobil Matik Pantang Dilakukan? (287802)
Sejumlah warga membantu mendorong mobil yang mogok akibat banjir di Kawasan Citraland, Surabaya, Kamis (31/1). Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Menjawab ini, pemilik bengkel spesialis mobil matik Worner Matic Hermas Prabowo, mengatakan jika hanya sebatas mendorong untuk memindahkan ke sisi jalan hal tersebut masih boleh dilakukan.
"Bila mendorongnya untuk tujuan menghidupkan seperti mobil manual tentu tidak boleh, karena strukturnya berbeda. Sama seperti juga menderek atau menarik mobil matik sangat tidak disarankan," kata Hermas saat dihubungi kumparan, Rabu (12/6).

Derek mobil matik tak dianjurkan

Lalu jika mobil matik dipaksa ditarik dengan mobil lain, bisa menyebabkan kerusakan serius pada komponen gearbox atau transmisi.
ADVERTISEMENT
"Ketika ditarik roda berputar otomatis output shaftnya juga ikut, ketika putaran terjadi dalam keadaan mesin mati, ditakutkan moment putaran mempengaruhi input shaft dan planetary gear," kata Hermas kepada kumparan, Rabu (12/8).
Mitos atau Fakta, Dorong Mobil Matik Pantang Dilakukan? (287803)
Servis Mobil Matik. Foto: Mhammad Ikbal/kumparan
Hermas menambahkan, saat mobil matik ditarik (derek manual) maka sistem transmisi dipaksa bekerja tanpa adanya pelumasan.
"Khawatirnya bisa terjadi putaran berlawanan pada gigi rasio, efeknya bisa terjadi kerusakan," tutur dia.
Mitos atau Fakta, Dorong Mobil Matik Pantang Dilakukan? (287804)
Mobil Towing Foto: Pixabay
Meski tak semua mobil matik bisa mengalami kerusakan ketika diderek manual, Hermas menyarankan untuk tak melakukan hal tersebut pada mobil matik.
"Cari amannya saja dan lebih baik tidak ditarik, jadi bisa menggunakan jasa towing," ungkap dia.

Kerusakan jangka panjang

Mitos atau Fakta, Dorong Mobil Matik Pantang Dilakukan? (287805)
Pengecekan mesin Honda CR-V generasi pertama. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Efeknya terjadi dalam proses jangka panjang, bisa saja ketika Anda memaksa menarik mobil matik saat mogok, kerusakan baru ditemui 1 bulan atau beberapa hari setelah pemakaian.
ADVERTISEMENT
"Untuk harga relatif dan berbeda-beda ya (kerusakan matik). Pastinya memang akan ada komponen yang rontok dalam matik, nanti yang rontok yang diganti." paparnya.
Bagaimana, sudah tahu kan cara dan penanganan mobil matik ketika mogok. Intinya mendorong mobil ke sisi kiri masih bisa dilakukan. Tapi, ketika menderek mobil matik dalam jarak yang cukup jauh efeknya bisa terjadi kerusakan pada transmisi.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)