Otomotif
·
10 Agustus 2020 7:37

Mitos atau Fakta, Kehabisan BBM Bisa Bikin Motor Injeksi Rusak?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mitos atau Fakta, Kehabisan BBM Bisa Bikin Motor Injeksi Rusak? (215747)
Pengendara sedang membantu mendorong motor yang mogok karena habis bahan bakar. Foto: dok. istimewa
Sepeda motor punya indikator bensin pada panel instrumen sebagai informasi penunjuk sisa BBM pada tangki.
ADVERTISEMENT
Indikator tersebut berfungsi sebagai panduan bagi pemilik agar kendaraan tak kehabisan bensin, saat di jalan.
Namun ada anggapan, bila motor kerap kehabisan bensin bisa merusak motor yang sudah injeksi, lalu mitos atau fakta?
Mitos atau Fakta, Kehabisan BBM Bisa Bikin Motor Injeksi Rusak? (215748)
Indikator bensin Foto: dok. Shutter Stock
Senior Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Slamet Kasianom mengatakan, anggapan hanya mitos alias tidak benar.
"Tidak benar lah itu, salah. Enggak masalah jika kehabisan bensin. Pada dasarnya sama saja seperti motor karburator," kata Slamet saat dihubungi kumparan, Rabu (5/8).
Menurut dia, motor dengan teknologi injeksi jika kehabisan bahan bakar cara dan penanganannya sama dengan motor karburator, yakni dengan mengisi kembali bensin dan menghidupkannya.

Tapi punya dampak jangka panjang

Mitos atau Fakta, Kehabisan BBM Bisa Bikin Motor Injeksi Rusak? (215749)
Ilustrasi fuel pump motor injeksi. Foto: dok. Istimewa
Meski begitu, tambah Slamet, motor yang kerap kali sering kehabisan bensin kemungkinan kerusakan ada pada pompa bensin atau fuel pump.
ADVERTISEMENT
"Di dalam tangki itu ada pompa bensin, dia kerjanya memutar dan menekan. Ketika ada bensin, tekanan itu akan melambat karena ada cairan. Berbeda jika tangkinya kosong, selain itu bensin juga berfungsi untuk mendinginkan pompa," jelas dia.
Di dalam fuel pump terdapat filter bensin yang berguna untuk menyaring kotoran. Ketika tidak ada bensin yang diisap atau ditekan (oleh fuel pump komponen motor penggerak akan cepat panas. Ketika keadaan tangki dibiarkan kosong dalam waktu yang lama, kemungkinan kerusakan komponen bisa saja terjadi.
"Pada 2017 lalu, Vixion juga pernah alami masalah ini. Waktu itu, ketika motor dijemur kondisi panas dan tangki dalam keadaan kosong, bensin akan menguap dan panas. Panas ini yang menyebabkan motor pompa dan rumahnya mengembang," kata dia.
Mitos atau Fakta, Kehabisan BBM Bisa Bikin Motor Injeksi Rusak? (215750)
Ilustrasi fuel pump motor injeksi. Foto: dok. Istimewa
"Nah ketika mengembang, celah itu menyempit. Ketika menyempit, bikin motor pompa itu tidak mutar. Dampaknya ya bensin tidak ada yang bisa disuplai ke ruang bakar, motor tidak akan hidup," tambah dia.
ADVERTISEMENT
Tapi sekali lagi, Slamet menegaskan, kehabisan bensin tidak ada hubungannya dengan kerusakan mesin dan sistem injeksi. Pemilik bisa mengisi kembali dan menghidupkan mesin motor secara normal.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)