Mitsubishi D:X Concept yang Jadi Penerus Delica Bakal Masuk Indonesia?

27 Oktober 2023 15:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mobil konsep Mitsubishi D:X Concept di Japan Mobility Show 2023. Foto: Sena Pratama/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Mobil konsep Mitsubishi D:X Concept di Japan Mobility Show 2023. Foto: Sena Pratama/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mitsubishi D:X Concept jadi bintang booth Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Japan Mobility Show 2023. Calon penerus Delica masa depan itu bakal diproduksi massal dan berpeluang dibawa ke Indonesia.
ADVERTISEMENT
“D:X Concept ini agak berbeda dibanding mobil konsep Mitsubishi lainnya, seperti XForce dulu. Jadi ini berbeda, tidak persis akan bentuknya seperti ini, tapi biasanya Mitsubishi kalau punya model konsep tidak lama akan diproduksi,” ujar Executive Vice President MMC, Hiroshi Nagaoka ditemui di Jepang (25/10).
Namun, dirinya masih belum bisa membeberkan kepastian waktu versi produksi dari purwarupa MPV Crossover tersebut. Tetapi target merealisasikannya tidak lebih dari tahun 2023.
“Untuk timing-nya masih belum tahu, tapi mungkin sebelum tahun 2030 kita sudah bisa melihatnya. Karena ini global model, untuk men-challenge pasar terutama di Indonesia akan kita coba bawa,” imbuh Nagaoka.
Mitsubishi Delica D:5 terbaru di Jepang Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Nagaoka menjelaskan, D:X Concept dimaksudkan sebagai bahan studi untuk pengembangan lini Delica yang baru. Ia akan disematkan teknologi plug-in hybrid atau PHEV sebagai sumber tenaga utama.
ADVERTISEMENT
Menggabungkan dua konsep mobil MPV dan SUV sekaligus, D:X Concept nantinya mampu melahap berbagai medan jalan dan rintangan. Tetapi, tetap dapat mengakomodir penumpang yang nyaman dan lega selayaknya mobil MPV.
“Ukurannya lebih besar dari Delica yang ada saat ini, seperti ground clearance sangat tinggi. Jadi bisa dibilang mobil ini bisa dibawa ke mana saja karena dia juga bisa memutar 360 derajat,” terang Nagaoka.
Selain itu, hadirnya D:X Concept sejalan pula dengan pengembangan jantung mekanis hybrid terbaru Mitsubishi yang lebih kuat, powerful, dan tentu saja semakin ramah lingkungan. Sesuai dengan tujuan perusahaan mencapai target netral karbon.
***