Otomotif
·
11 Juli 2019 11:00

Mitsubishi Eclipse Cross Beda Kelas dengan Outlander Sport

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mitsubishi Eclipse Cross Beda Kelas dengan Outlander Sport (47624)
Mitsubishi Eclipse Cross Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Eclipse Cross menambah portofolio mobil penumpang Mitsubishi Indonesia. Namun, model yang dikenalkan berbarengan dengan Outlander PHEV ini agaknya punya segmentasi yang hampir mirip dengan Outlander Sport.
ADVERTISEMENT
Hanya saja Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro menegaskan, keduanya punya segmentasi yang berbeda, membuat Outlander Sport tetap dipertahankan penjualannya.
Mitsubishi Eclipse Cross Beda Kelas dengan Outlander Sport (47625)
Mitsubishi Eclipse Cross Foto: Gesit Prayogi/kumparan
"Jawabannya tidak menggantikan, Outlander Sport dan Eclipse Cross punya positioning yang beda, baik dari segi produk maupun harga, Eclipse Cross menambah line up yang ada sekarang," ujar Irwan menjawab pertanyaan kumparan, usai pengenalan dua mobil barunya itu di Jakarta, Selasa (9/7) malam.
Walaupun sama-sama punya akomodasi 5-penumpang, dari data teknis dua-duanya berbeda. Eclipse Cross mengusung mesin 1.500 cc dengan induksi paksa berupa turbocharger dengan output 147 dk pada 5.500 rpm dan torsi puncak 250 Nm yang dicapai pada 2.000 sampai 3.500 rpm.
Mitsubishi Eclipse Cross Beda Kelas dengan Outlander Sport (47626)
Peluncuran Mitsubishi Eclipse Cross dan Outlander PHEV Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Sementara Outlander Sport mengandalkan mesin 2.000 cc naturally aspirated yang memproduksi daya 147 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 197 Nm yang diraih pada putaran 4.200 rpm.
ADVERTISEMENT
Adapun posisi Eclipse Cross sesuai pemaparan Irwan, berada di atas Outlander Sport dan di bawah Pajero Sport. Makanya untuk pasarnya sendiri ditujukan untuk pengguna yang sudah memiliki beberapa mobil, terlebih untuk mereka yang sudah memiliki Outlander Sport dan mau naik kelas.
"Bila dibandingkan kompak SUV lain yang sudah ada, Eclipse Cross menunjukkan gaya yang sporty, dibandingkan kompetitor yang family style dan elegan," tambah Irwan.
Mitsubishi Eclipse Cross Beda Kelas dengan Outlander Sport (47627)
Mitsubishi Eclipse Cross Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Memang bicara pasar Outlander Sport sendiri diakui Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura sedang menurun. Makanya untuk menggairahkan pasar kembali, hadirlah Eclipse Cross.
"Outlander Sport masih kita pasarkan, masih ada di beberapa diler kami, tapi memang stoknya makin menipis. Jadi saya sarankan bila memang ada yang tertarik dengan Outlander untuk buru-buru membelinya," kata Nakamura pada kesempatan yang sama.
Mitsubishi Eclipse Cross Beda Kelas dengan Outlander Sport (47628)
Harga estimasi Mitsubishi Eclipse Cross Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Terakhir soal harga, Eclipse Cross memang belum punya banderol resmi, estimasinya di angka Rp 470 jutaan. Sedangkan Outlander Sport terbagi atas empat varian yang dijual mulai dari Rp 338 sampai Rp 383,5 juta.
ADVERTISEMENT
"Eclipse Cross dengan segala keunggulan dan keunikannya akan dipasarkan dengan harga tidak lebih dari Rp 500 juta, ini tentu sangat kompetitif, dan akan mulai penjualan serta delivery ke konsumen pada bulan September," ucap Irwan.