Otomotif
·
27 Maret 2019 19:04

Mitsubishi Kembali Impor Pajero Sport dari Thailand

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mitsubishi Kembali Impor Pajero Sport dari Thailand (245950)
com-Mitsubishi Pajero Sport Foto: doc. Mitsubishi
Rencana Mitsubishi untuk kembali mengimpor utuh (Completely Built Up/CBU) Pajero Sport yang sudah diproduksi lokal dalam proses finalisasi. Ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas produksi Xpander, buat memenuhi pasar domestik dan ekspor.
ADVERTISEMENT
“Sebetulnya rencana ini sementara, karena kita perluas juga untuk meningkatkan produksi Xpander. Nah sambil mempersiapkan kapasitas untuk Xpander sementara kita akan lakukan impor tapi itu belum,” ucap Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro, Rabu (27/3).
Terkait perizinan impor sendiri, Irwan menyebut pihaknya masih mengurusnya. Sehingga ketika ditanyakan kapan impor mulai dilakukan, dirinya mengaku belum bisa menginformasikannya.
“Perizinan impor kita urus perizinannya. Tetapi timing-nya kita lihat nanti. Ada beberapa komposisi Pajero tidak diimpor (tetap produksi lokal). tapi lihat nanti tergantung kebutuhan pasar dan kebutuhan dipakai untuk Xpander,” kata Irwan.
Peningkatan produksi Xpander ini sesuai rencana ke depan prinsipal Mitsubishi usai mendapat suntikan dana sebesar Rp 540 miliar. Dari total produksi MMKI yang sebelumnya sebesar 160 ribu unit menjadi 220 ribu unit pada tahun fiskal 2020.
ADVERTISEMENT
Dari angka itu kapasitas produksi Xpander juga akan meningkat dari 115 ribu unit menjadi 160 ribu unit, sementara kapasitas untuk ekspornya meningkat dari 30 ribu unit menjadi 50 ribu unit.

Penyesuaian Harga

Terkait dengan adanya penyesuaian harga bila kembali diimpor, Irwan menegaskan seharusnya tidak ada kenaikan. Namun, dirinya tak menjelaskan alasannya.
“Secara prinsip harusnya tidak. Karena impor itu juga belum terealisasi jadi harusnya impor dan ini harus sama. Jadi makannya dari sisi konsumen impor atau lokal sebetulnya bukan masalah, itu internal kita saja supaya pasokan Xpander cukup Pajero juga aman,” kata Irwan.
SUV penantang Fortuner ini pertama kali mulai diproduksi di Indonesia akhir 2017, yang diawali dengan varian Pajero Sport Dakar 4x2, Dakar Ultimate 4x2, dan Dakar 4x4. kemudian menyusul Exceed dan Sport GLX yang akhirnya dilokalkan ke pabrik Mitsubishi di kawasan industri GIIC, Delta Mas, Bekasi, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT