kumparan
19 Januari 2020 7:37

Mitsubishi Merespons Calon Rival Xpander Cross dari Suzuki

Mitsubishi Xpander Cross
Tampilan samping Mitsubishi Xpander Cross Foto: Muhammad Ikbal
Mitsubishi Xpander Cross dalam waktu dekat akan kedatangan rival barunya dari Suzuki. Modelnya akan dinamakan XL7, pengembangan Ertiga yang dijadikan crossover.
ADVERTISEMENT
Menanggapi ini Head of Public Relation & CSR PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Aditya Wardani mengaku tak ingin ambil pusing. Sebab, menghadirkan produk baru apalagi dengan bentuk yang hampir sama lazim dilakukan pabrikan.
"Ya karena memang MPV menyentuh SUV itu lagi tren ya, jadi ya bukan cuma Mitsubishi yang lihat peluang ini, mungkin brand lain juga dapat hasil studi serupa," ujarnya saat ditemui di Grogol, Jakarta Barat, Sabtu (18/1).
Mitsubishi Xpander Cross
Tampilan eksterior Mitsubishi Xpander Cross Foto: Muhammad Ikbal
Aditya pun menjawab normatif bila nantinya Suzuki XL7 berpotensi mampu merebut pasar yang baru saja dirintis Mitsubishi.
"Yang namanya konsumen beli mobil selain model atau tipe juga kebutuhan kan. Cuma saya percaya ada konsumen loyal brand tertentu, sehingga tetap ada pasarnya masing-masing," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Mitsubishi Xpander Cross yang melakoni debutnya pada 12 November 2019 lalu, boleh dibilang belum mampu menunjukkan tajinya. Performa penjualannya terpantau belum memenuhi perencanaan, padahal mobil ditargetkan mampu terjual hingga dua ribu unit tiap bulannya.
Bila mengacu Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan November, Mitsubishi hanya mengamankan angka wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) sebanyak 932 unit.
Mitsubishi Xpander Cross
Tampilan belakang Mitsubishi Xpander Cross Foto: Muhammad Ikbal
Yang mana lebih dari setengah dari angka itu merupakan varian tertinggi, yaitu Xpander Cross Premium Package AT yang lengkap dengan jok kulit dan emblem pada kap mesin.
Secara umum bentuk keaslian Xpander masih tetap dipertahankan. Guna menyesuaikan identitasnya, pabrikan menyematkan roof rail, over fender, dan suspensi baru sehingga memiliki ground clearance 225 mm, sekaligus mengungguli Toyota Rush (220 mm).
ADVERTISEMENT
Mitsubishi Xpander Cross ditawarkan dalam tiga tipe: Premium Package AT, AT, dan MT yang masing-masing berbanderol Rp 270,7, 280,7, dan 289,7 juta on the road (OTR) Jakarta.